Tips Menanam Bunga / Sayuran Di Pot & Polybag

Menanam tanaman di pot & polybag - Bagi anda nih yang suka berkebun kali ini saya akan sedikit share bagaimana cara menanam tanaman di pot atau polybag agar tanaman tersebut tumbuh subur. Menanam jenis tanaman tertentu seperti bunga atau sayuran adalah alternatif bagi anda yang menyukai hobi berkebun namun memiliki lahan yang sempit atau terbatas. Cocok bagi anda yang tinggal diperkotaan yang memiliki lahan tanah terbatas atau sempit sehingga anda tetap bisa menyalurkan hobi anda berkebun namun tetap memiliki tempat untuk menyalurkan hobi anda berkebun.

Anda bisa menanam jenis tanaman di pot dan polybag  seperti bunga-bungaan atau jenis sayuran seperti cabai, tomat, sawi ataupun jenis sayuran lain. Berkebun memberi anda keuntungan seperti menyediakan jenis sayuran segar untuk dikonsumsi keluarga anda, menambah penghasilan jika anda serius menekuninya dan minimal menyalurkan hobi anda berkebun.

Menanam Bunga / Sayuran Di Pot & Polybag

Menanam Bunga / Sayuran Di Pot & Polybag

Ok lanjut lagi ke topik tentang bagaimana cara menanam tanaman di pot dan polybag, setidaknya anda harus mengetahui bagaimana mempersiapkan pot dan polybag untuk menanam jenis tanaman tertentu agar tanaman atau tumbuhan yang anda tanam tumbuh subur dan baik. Berikut beberapa kriteria yang harus diperhatikan.

  1. Media tanam pada pot atau polybag haruslah cukup gembur agar tanaman mudah tumbuh dengan baik namun tetap kuat bagi tanaman agar tidak mudah tercabut. Itu berarti media tanam harus menyediakan ruang yang baik untuk akar tanaman bisa tumbuh dengan baik namun juga memiliki kepadatan agar akar tanaman tidak mudah tercabut dari pot atau polybag.
  2. Media tanam setidaknya menyediakan unsur hara baik mikro atau makro yang akan menopang tumbuh kembang tanamanan yang anda tanam. Unsur hara didapat dari pupuk baik pupuk kandang atau kompos.
  3. Pot dan polybag harus memiliki  porositas yang baik, artinya bisa menyimpan air sekaligus juga mempunyai drainase (kemampuan mengalirkan air) dan aerasi (kemampuan mengalirkan oksigen) yang baik. Media tanam harus bisa mempertahankan kelembaban tanah namun harus bisa membuang kelebihan air. Media tanam yang porous mempunyai rongga kosong antar materialnya. Media tersebut tersebut isa ditembus air, sehingga air tidak tergenang dalam pot atau polybag. Namun disisi lain ronga-rongga tersebut harus bisa menyerap air (higroskopis) untuk disimpan sebagai cadangan dan mempertahankan kelembaban.

Nah setelah anda mengetahui kriteria media tanam dalam pot maupun polybag maka selanjutnya untuk mempersiapkan bahan bahan yang anda gunakan untuk media tanam:

  1. Pot / polybag
  2. Tanah yang halus & gembur (tidak menggumpal)
  3. Pupuk (bisa pupuk kandang maupun pupuk kompos dan bokhasi)
  4. Arang sekam padi atau abu organik

Cara pembuatan media tanam:

  • Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur, lebih baik diambil dari bagian paling atas. Kemudian ayak tanah tersebut hingga menjadi butiran-butiran halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal. Tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.
  • Siapkan kompos yang telah matang, bisa dari jenis kompos biasa, bokashi atau pupuk kandang. Ayak kompos atau humus tersebut sehingga menjadi butiran halus.
  • Siapkan arang sekam, atau abu organik (sisa pembakaran dari abahan organik seperti abu kayu, tanaman kering atau lainnya).
  • Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Aduk hingga merata.
  • Siapkan pot atau polybag, masukkan campuran tersebut kedalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.
  • Sebelum menanam bibit tanaman semprot dahulu atau basahi media tanaman agar tanaman atau sayuran yang akan anda tanam mudah untuk tumbuh.
  • Selesai.

Nah mudah sekali kan bagaimana cara menanam tanaman dalam pot maupun polybag. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara