Tips Membuat Anak Pintar & Lebih Cerdas

Posted By : Posted on - 8:50:00 AM with 1 comment

Orang tua mana sih yang tidak bangga jika anak mereka berprestasi, memiliki kemampuan yang diatas rata rata dengan tingkah laku yang baik dan memiliki otak yang cerdas.

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Memiliki otak yang brilian dan memiliki ide ide cemerlang, dan semua ini bisa anda mereka dapatkan dari didikan anda muali ketika ereka masih bayi bahkan saat masih dalam kandungan. Nah bagi orang tua yang ingin membuat dan mendidik buah hatinya agar tumbuh menjadi anak yang cerdas, brilian dan sehat berikut tipsnya:

Tips Membuat Anak Pintar & Lebih Cerdas

Tips Membuat Anak Pintar & Lebih Cerdas

Melatihnya saat masih dalam kandungan
ya anda bisa melatih bayi anda saat dalam kandungan dengan cara mengelola tingkat stres anda dengan baik, menurut beberapa penilitian ibu yang mampu mengelola tingkat stres mereka saat kehamilan akan melahirkan bayi yang bersemangat, aktif, sehat dan tidak mudah mnyerah. Selain itu saat anda mengandung dengarkan musik instrument atau clasical instrumental seperti mozart atau musik lain hal ini merujuk kepada beberapa penelitian yang membuktikan ketika saat dalam kandungan, ibu serig mendengarkan musik instrumental bisa meningkatkan daya otak calon bayi yang anda kandung.

Berikan ASI
ASI merupakan nutris yang sempurna untuk buah hati anda apalagi saat awal awal kelahiran, saat 1-3 hari masa kelahiran ASI mengandung kolostrum (coloustrum) zat antibodi yang kuat sehingga saat ia mulai tumbuh daya tahan tubuhnya terhadap penyakit akan kuat sehingga mereka tidak mudah sakit, selain nutrisi dan antibodi yang kuat penelitian juga membuktikan bayi yang teratur diberikan ASI memiliki IQ (Tingkat kecerdasan) lebih tinggi 20-30% daripada yang tidak diberi ASI sama sekali.

Bicara cerdas pada bayi anda
Walaupun mereka belum bisa berbicara namun saat itu mereka merupakan listener (pendengar yang baik dan sangat tanggap) dan mereka memiliki respon yang hebat melalui ekspresi mereka jadi mereka akan menampung apa yang anda bicarakan dalam otak mereka walaupun mereka belum bisa bicara. Jadi bicaralah dengan cerdas tidak hanya sekedar melucu,cobalah bicara dengan menyebut atau memanggil nama mereka, menggunakan kalimat lengkap yang jelas, bertanya tentang sesuatu dan lihat ekspresi mereka dan lihat kecerdasan mereka saat mereka tumbuh.

Bercerita
Seperti yang dijelaskan pada poin diatas bahwa saat masih bayi mereka memiliki respon dan cara belajar menangkap sesuatu yang disampaikan dengan sangat baik, jadi berceritalah baik menggunaan buku atau langsung dan hal ini akan menambah perbendaharaan kata dan mengembangkan ketrampilannya dalam belajar berbahasa. Tidak ada alasan terlalu dini membacakan cerita bagi bayi anda dengan alasan bayi anda belum bisa bicara.

Ikut bagian dalam permainan
Ikuti dan ikut ambil bagian dalam permainan yang mereka sukai seperti "petak umpet" anda menutup wajah anda dan membuka telapak tangan anda dan katakan "wah adik bisa menemukan Bunda" dan lihat ekspresi apa yang bisa mereka tunjukkan.

Dengan musik
Mendengarkan lagu akan menambah pengetahuan dan perbendaharaan ilmunya dalam memahami sesuatu tapi pastikan anda mendengarkan lagu dengan buah hati anda bukan lagu yang beritme atau bernada keras. Cobalah ikut menyanyikan lagu lagu unik yang dimengerti buah hati anda seperti cicak cicak di dinding atau balonku.

Berlatih musik
Saat mereka sudah mulai dewasa dan mulai memahami sesuatu ajarkan mereka atau latih mereka pelajaran bermusik. Melatih ketrampilan bermusik menurut peneliti dari Prancis mengatakan akan mampu meningkatkan tingkat IQ nya. Dengan musik anak akan mampu menangkap arah pembicaraan orang lain, menangkap maksud apa yang disampaikan dan mengembangkan syaraf dalam pola tertentu pada gelombang otak anak.

Jaga kesehatan mereka
Penelitian membuktikan bahwa anak yang jarang sakit memiliki kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak yang mudah terserang penyakit atau mudah sakit.

Kembangkan rasa ingin tahu mereka
Setiap anak pasti memiliki bakat dan minat tertentu dalam suatu bidang, tugas anda adalah mengembangkan minat dan bakat mereka.

Sarapan pagi
Ketika anda membiasakan anak untuk sarapan pagi maka anak akan tumbuh kembang menjadi cerdas hal ini berkaitan dengan konsentrasi belajar yang didapatkan ketika mereka mendapat sarapan pagi dengan nutrisi yang sehat. Saat mereka mendapatkan saraan pagi mereka akan lebih fokus dan berkonsentrasi dengan pelajaran yang diberikan selain itu mereka akan cepat menangkap pelajaran yang diberikan.

Berikan nutrisi yang tepat
Otak anak merupakan ibarat hardrive yang masih kosong pada komputer jadi saat mereka diberikan data data dengan benar mereka akan mudah menerimanya. pastikan otak dan tubuh mereka mendapatkan nutrisi yang tepat. salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasa otak adalah asam lemak omega 3 yang membantu mengaktifkan area otak yang mendorong daya konsentrasi, serta terbukti mampu meningkatkan daya pikir anak. Berikan nutrisi asam lemak omega 3 dan DHA yang terdapat pada jenis ikan laut seperti salmon, mackerel, tuna, tengiri, produk susu dan olahannya seperti keju dan yogurt serta buah dan sayur sayuran segar.

Mainan edukatif
Saat mereka bermain adalah cara mereka memahami dan menangkap segala sesuatu, jadi pastikan anda memberikan anak anda mainan yang bersifat edukatif atau mendidik seperti puzzle, games sudoku atau strategi game, catur atau teka teki silang berikan pujian dan hadiah jika berhasil menyelesaikannya, maka hal tersebut adalah cara terbaik mengembangkan otak anak anda. Pastikan juga jangan membiarkan anak menonton tv terlalu lama hal itu akan membuat mereka malas dan tentunya tayangan negatif yang sebenarnya belum bisa mereka terima masuk ke dalam pikirannya. Menurut sejumlah peneliti anak seharusnya menonton tv 2 jma sehari dan itu sudah cukup.

Kehangatan
Penelitian juga menunjukkan bahwa kehangatan dalam keluarga dan berlangsung secara stabil penting dalam fungsi kognitif dan keterampilan pada anak

Tidur yang teratur dan konsisten
Tidur akan sangat baik dalam mengembangkan daya pikir dan kemampuan anak termasuk dalam hal pengertian, memori anak, cara pemecahan masalah dan cara anak mengambil keputusan. jadi pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang baik dan konsisten. Selain itu pastikan agar kondisi emosional anakk selalu terjaga dan stabil dan hal ini sangat penting untuk mengelola tingkat stres mereka dalam level yang stabil.

Belajar mengenal alam
Ya alam luar ruangan sangat baik dalam pengembangan daya pikir dan otak anak anda, Belajar mengenal dan mencintai alam akan membantu meningkatkan fungsi otak anak, Jadi pastikan ajak anak anda untuk berjalan jalan di alam segar setidaknya 30 meni setiap hari untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak anda.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara