Tips Membedakan Emas Asli & Palsu

Mengetahui keaslian emas - Investasi emas merupakan investasi yang hampir selalu menguntungkan, harga emas cenderung stabil dan relatif meningkat setiap tahun. Namun sayangnya harga yang relatif stabil dan termasuk investasi yang menguntngkan ini ada saja pihak pihak yang mencoba mendapatkan keuntungan dari harga jual emas yang menguntungkan ini. Ya jika keuntungan dari bisnis emas dengan cara baik sih gak masalah, namun bagaimana jika menguntungkan bagi pribadi tapi merugikan bagi yang lain, yaitu dengan memalsukan atau memberi campuran emas dengan logam lain dengan harapan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Kemurnian emas bisa dicek dari kadarnya. Kadar emas dinyatakan dalam karat. 24 karat merupakan emas yang paling murni. Emas 24 karat berkomposisi 99,00 – 99,99%, 23 karat berkomposisi 94,80 – 98,89%, 22 karat berkomposisi 90,60 – 94,79%. Emas 21 karat berkomposisi 86,50 – 90,59%, 20 karat berkomposisi 82,30 – 86,49%. Sedangkan emas 19 karat berkomposisi 78,20 – 82,29% dan 18 karat berkomposisi 75,40 – 78,19%.

Emas Asli & Palsu

Jadi bagi anda yang ingin berinvestasi atau setidaknya ingin membeli emas jangan sampai anda kena tipu oleh oknum atau pihak pihak yang ingin mencari untung doang. Untuk mencegah anda tertipu dalam membeli emas sebagai koleksi maupun sebagai investasi, berikut tips dalam membeli emas yang aman.

  • Selalu membeli emas ditoko emas atau toko lain yang terpercaya.
  • Pastikan emas yang anda beli memiliki sertifikat asli dari penjual, toko maupun pengolah emas.
  • jangan tertipu membeli emas yang berharga murah, emas asli selalu memiliki harga standar atau stabil.

Lalu bagaimana anda bisa mengetahui dan mengecek keaslian emas yang sudah anda beli, berikut tipsnya:

  • Coba ambil magnet lalu dekatkan dengan emas anda, jika emas menempel pada magnet maka sudah dipastikan emas anda palsu atau campuran logam lain lebih banyak dari volume emas itu sendiri.
  • Jatuhkan emas anda dilantai keras seperti keramik atau batu, jika suaranya nyaring maka kemungkinan mas itu palsu.
  • Coba tusuk emas yang anda beli menggunakan jarum, jika lembek dan menancap maka emas anda asli, namun jika jarum bengkok atau tidak bisa ditusuk maka kemungkinan emas anda palsu.
  • Emas asli jika dipakai tidak menimbulkan gatal pada kulit, sedang emas palsu biasanya bisa menyebabkan gatal atau iritasi pada kulit.
  • Emas palsu jika dipakai terlalu lama (mungkin cincin) akan meninggalkan noda atau bekas kehitaman pada kulit anda.
  • Emas palsu jika digoreskan pada kaca, keramik atau benda keras lain akan meninggalkan garis kehitaman atau kemerahan pada benda yang anda gores.
  • Emas yang asli jika dicium tidak berbau amis, selain itu jika Anda melihat di film-film ada orang menggigit emas atau atlit Olimpiade menggigit medali emas yang baru mereka peroleh, hal tersebut lazim dan bukan tanpa tujuan. Gigit emas Anda dengan tekanan yang sedang. Cek apakah emas tersebut terdapat bekas gigitan. Secara teori, jika emas asli maka akan menunjukkan bekas goresan gigi, bekas tersebut semakin dalam jika emasnya adalah murni 24 karat.

Nah itulah tips sederhana membedakan keaslian emas, namun anda harus jeli dan teliti untuk melihat tanda tanda ini, untuk uji yang lebih akurat lagi anda bisa menggunakan tips berikut ini:

Uji test Emas Asli & Palsu

Sinar X
Anda bisa menggunakan sinar X untuk menguji keaslian emas anda dan cara ini terbukti akurat untuk mengetahui keaslian emas, anda bisa meminta bantuan untuk menguji keaslian emas menggunakan sinar X ini di toko emas, pengrajin emas atau pegadaian.

Asam klorida & sulfat
Asam klorida dan sulfat merupakan cara yang akurat untuk mengetahui keaslian emas, anda bisa mengambil sampel dari emas anda dan memasukkannya dicampuran klorida dan sulfat ini dalam mangkuk kaca, jika emas palsu akan langsung mencair atau meleleh namun jika emas asli akan meleleh dalam waktu yang relatif agak lama. (Gunakan sedikit sampel saja karena dapat menyebabkan kerusakan pada emas). Anda juga harus berhati hati menggunakan bahan kimia ini.

Nitric Acid
Nitric acid merupakan "zat asam kimia" yang biasa digunakan oleh profesional untuk mengetahui keaslian emas, anda tidak disarankan menggunakannya jika tidak tahu cara menggunakannya karena termasuk bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan luka bakar. Sekedar untuk pemahaman saja, jika anda teteskan nitric acid ini pada emas maka:

  • Jika ada reaksi warna hijau merupakan besi yang dilapisi emas
  • Reaksi warna keemasan maka kuningan yang dilapisi emas
  • Reaksi wana putih kental memiliki substansi seperti air susu maka perak dilapisi emas
  • Emas asli tidak menghasilkan reaksi apapun jika ditetesi cairan nitric acid.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara