8 Tips Efektif Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Posted By : Posted on - 3:02:00 PM with No comments

Sistem imune atau sistem kekebalan tubuh yang baik akan menangkal radikal bebas, bakteri maupun virus sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Saat pergantian cuaca, perubahan musim seringkali kita mudah terkena pilek, batuk, demam dan beberapa jenis penyakit paling umum karena perubahan cuaca ini dengan mudah karena sistem kekebalan tubuh yang menurun. Seperti dikutip dari situs kesehatan Best health mag ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mudah sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membantu reaksi tubuh dalam mencegah kuman atau bakteri penyebab penyakit memasuki tubuh kita, dan berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh kita tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpikir positif
Pikiran yang positif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, begitulah pernyataan menurut para ahli. "Orang bahagia dan berpikiran positif lebih memiliki sistem kekebalan tubuh yang stabil dibandingkan mereka yang tidak," kata Sheldon Cohen, seorang profesor psikologi di Carnegie Mellon University. Dalam penelitiannya, orang-orang yang memiliki pemikiran positif lebih memiliki daya tahan tubuh yang kuat dari beberapa penyakit musiman seperti batuk, flu, pilek dan demam. Orang dengan emosi positif yang tinggi menghasilkan cukup sitokin (protein) untuk membantu merekrut sel-sel imun lainnya untuk melawan infeksi, Cohen menjelaskan.

Berolahraga secara teratur
Dengan berolahraga secara teratur maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik, dengan sistem metabolisme yang meningkat maka sistem imun atau sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine. Para ilmuwan di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle meneliti perbandingan kejadian pilek pada 115 perempuan, beberapa di antaranya melakukan olahraga atau aktifitas fisik lima hari seminggu selama 45 menit, dan sebagian lainnya melakukan aktifitas fisik atau berolahraga seminggu sekali selama 45 menit. Dan penelitian membuktikan wanita yang selalu melakukan olahraga secara teratur 5 kali dalam seminggu selama 15 menit memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik 4 kali daripada mereka yang melakukan aktifitas fisik sekali dalam seminggu selama 45 menit.

Rajin mencuci tangan
"Mencuci tangan adalah cara yang paling revolusioner untuk menghentikan penyebaran infeksi," kata Dr Pierre Plourde, Dinas Kesehatan Kesehatan dengan Otoritas Kesehatan Daerah Winnipeg. Penyebaran atau penularan penyakit memang mudah terjadi, Anda hanya perlu melakukan kontak fisik dengan penderita pilek atau flu dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut maka anda akan tertular atau terinfeksi. Sebuah Ulasan di BMJ (British Medical Journal) tahun 2008 mencatat bahwa mencuci tangan jauh lebih efektif dalam mengurangi risiko penyakit dari obat antivirus. Pastikan anda mencuci tangan anda dengan benar yaitu cuci selama 20 detik menggunakan sabun dan air hangat.

Konsumsi yoghurt
"Probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih sehat," kata Dr Eric Gershwin, kepala Pra, alergi dan imunologi klinis di University of California di Davis. Probiotik adalah suplemen dari mikroorganisme hidup yang ditambahkan ke makanan seperti yogurt, dan juga tersedia dalam bentuk kapsul.

Makan brokoli
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran berwarna cerah dan buah-buahan meningkatkan kekebalan tubuh lebih baik daripada kebanyakan suplemen. Makan setidaknya delapan porsi sehari membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ginseng & Vitamin C
Ramuan ginseng telah terbukti membantu mencegah pilek ketika diambil sesaat setelah timbul gejala. Beberaapa buah-buahan yang kaya akan vitamin C memiliki potensi anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Vitamin D
Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa orang-orang dengan vitamin D rendah, satu setengah kali lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi pernapasan dibandingkan dengan mereka yang tercukupi asupan Vitamin D. Demikian juga, para peneliti di Winthrop-University Hospital di New York yang meneliti efek dari suplementasi vitamin D (hingga 2.000 IU per hari) pada kepadatan mineral tulang pada wanita Afrika-Amerika menetapkan bahwa peserta dalam kelompok non-plasebo dilaporkan tiga kali lebih memiliki daya tahan tubuh dari gejala flu dibandingkan mereka yang mengambil plasebo. (Kesehatan Kanada menyarankan 200 IU per hari untuk orang dewasa di bawah usia 50, dan 400 IU untuk orang-orang di atas 50.)

Mendapatkan vaksinasi
Meskipun vaksinasi flu tahunan hanya sekitar 80 persen efektif, itu masih salah satu pertahanan terbaik yang kita punya, kata Dr Pierre Plourde, petugas medis kesehatan dengan Otoritas Kesehatan Daerah Winnipeg. Beberapa khawatir bahwa karena vaksin flu mengandung beberapa strain influenza dalam satu tembakan, itu benar-benar dapat pajak sistem-tapi kekebalan jangan khawatir. "Sistem kekebalan tubuh Anda memiliki kapasitas fenomenal," katanya. Hingga delapan juta orang Kanada terinfeksi oleh flu setiap tahun, sehingga rata-rata 20.000 rawat inap dan 4.000 kematian (sering orang tua dan sangat muda). Manfaat tembakan, kata Plourde, jauh lebih besar daripada risiko.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara