Tips & Cara Efektif Mengusir Ular Dari Rumah Anda

Posted By : Posted on - 6:34:00 AM with 37 comments

Jika rumah anda berada di dekat lahan terbuka seperti sawah, semak, ladang, kebun atau hutan maka kemungkinan rumah anda bisa dimasuki oleh ular. Seperti pengalaman saya pribadi, rumah saya dekat dengan persawahan dan suatu kali pernah ada ular sanca masuk ke dalam rumah saya dan memakan burung peliharaan yang saya rawa dari kecil, rasanya sangat menjengkelkan tentu saja. Langsung saja ular tersebut saya bunuh dan saya buang, walaupun sebenarnya ular membantu kelangsungan ekosistem yaitu dengan memakan serangga, katak, dan hewan kecil lain namun ada juga beberapa jenis ular yang bisa tumbuh besar dan memakan ayam, kambing bahkan manusia.

Menurut situs wikipedia ular merupakan salah satu reptilia yang paling sukses berkembang di dunia. Maka tidak mengherankan jika anda dapat dengan mudah menemukan reptil ini beberapa tempat seperti gunung, hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan, dapat ditemukan ular. Ular adalah hewan karnivora, mereka memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil dari tubuhnya. Ular pohon dan ular darat memangsa burung, mamalia, kodok, jenis-jenis reptil yang lain, termasuk telur-telurnya. Ular-ular besar seperti ular sanca kembang dapat memangsa kambing, kijang, rusa dan bahkan manusia. Ular-ular yang hidup di perairan memangsa ikan, kodok, berudu, dan bahkan telur ikan.

tips efektif mengusir ular dirumah

Secara umum ular dikelompokkan menjadi 2 jenis ular yaitu ular berbisa dan ular yang tidak berbisa. Ular tidak memiliki daun telinga dan gendang telinga, tidak mempunyai keistimewaan atau ketajaman indera mata maupun telinga. Matanya selalu terbuka dan dilapisi selaput tipis sehingga mudah melihat gerakan di sekelilingnya, namun tidak dapat memfokuskan pandangannya. Ular hanya dapat melihat dengan jelas dalam jarak dekat. Indera yang menjadi andalan ular adalah sisik pada perutnya, yang dapat menangkap getaran langkah manusia atau binatang lainnya. Ular tidak membau mangsa melalui lubang hidung, melainkan menggunakan lidah mereka yang dapat mendeteksi bau di udara.

Tips & Cara Efektif Mengusir Ular Dari Rumah Anda
Ok lanjut lagi mengenai ular, jika anda menemui ular bisa dipekarangan rumah atau bisa saja dalam rumah maka, dan jika anda mencoba untuk menangkap, membunuh atau mengusir ular maka anda perlu mengetahui hal hal berikut ini:

  • Jangan panik atau mencoba melakukan gerakan yang tiba-tiba atau hal ini akan memprovokasi ular untuk menyerang anda, kebanyakan ular akan menyerang hanya jika ular merasa terancam atau terdesak, jadi lakukan gerakan mundur perlahan lahan sampaii titik aman dari jangkauan ular jika anda tiba-tiba bertemu ular.
  • Saat anda sudah berada jangkauan yang cukup aman dan mencoba untuk menangkap ular tersebut maka coba amati terlebih dahulu ular tersebut apakah termasuk ular berbisa atau tidak. Baca artikel kami yang lain tentang "cara membedakan ular berbisa & tidak". Jika termasuk ular berbisa maka urungkan niat anda untuk menangkapnya lebih baik usir atau meminta bantuan orang yang lebih profesional atau bisa juga pawang ular.
  • Jika anda memang berhasrat untuk menangkapnya maka lakukan hal hal yang dirasa aman seperti memakai sarung tangan, celana panjang dan perlengkapan lain untuk melindungi seperti kaca mata karena ada beberapa jenis ular berbisa yang menyemprotkan bisanya. Cara menangkapnya dengan menggunakan tali perangkap, penjepit atau bisa saja menggunakan ember untuk menutup atau mengurung ular tersebut.
  • Atau jika anda hanya ingin mengusirnya saja maka gunakan perlatan yang bergagang panjang hal ini untuk menjaga anda dari jangkauan serangan ular.
  • Untuk mencegah ular masuk ke rumah anda maka yang anda perlukan adalah bersihkan rumah anda dari hewan yang menarik perhatian ular untuk datang seperti tikus, kodok maupun serangga lain dirumah anda. Pastikan juga untuk membersihkan rumah anda dari tempat gelap dan kotor seperti tumpukan barang, barang berserakan, umpukan batu dan lainnya karena umumnya ular menyukai tempat gelap dan tenang.
  • Mitos yang salah jika anda menebarkan garam maka ular akan lari, hal itu tidak berhubungan sama sekali karena ular bukan hewan berlendir yang memang takut akan garam, namun ular merupakan hewan bersisik dan hal itu membuat ular tidak takut dengan garam.
  • Dengan menggunakan wewangian yang menyengat seperti parfum atau pengharum ruangan hal itu akan membuat lari ular, jika dalam ruangan anda terdapat ular maka semprotkan parfum atau pengharum ruangan dan tutup ruangan tersebut dan sisakan celah atau lubang kecil untuk ular lari, nah pada mulut celah atau lubang tersebut anda bisa menempatkan karung untuk menangkap ular tersebut.

Nah mungkin cara diatas merupakan bagaimana cara membunuh atau mengusir ular didalam rumah anda dan yang terpenting adalah jika anda merasa kesulitan untuk mengusir, menangkap ular ini maka hubungi segera petugas pengedali hewan dan jika tidak ada maka mintalah bantuan kepada orang yang profesional dalam mengatasi hal ini, karena menangkap ular yang anda lakukan tanpa pengetahuan yang cukup bisa membahayakan keselamatan anda.

37 comments:

  1. ohh haha ternyata mitos menebarkan garam untuk mengusir ular itu gak bener ya.. hehe kirain iya bener kalau ditaburin garam ularnya akan takut hehe

    ReplyDelete
  2. informasinya sangat menarik dan bermanfaat, menambah wawasan saya.
    thanks ya

    ReplyDelete
  3. makasih gan ionfo dan stipsnya,,,bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  4. Kalau digarasi terbuka gitu gmn min? Apa perlu di semprot dgn parfum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditempat terbuka tinggal usir aja gan pake tongkat yang panjang (diluar jangkauan) ular untuk menyerang....

      Delete
  5. Dirumah saya akhir2 ada ular,sya jg blm tau jenis ular krn ibu sya yg bbrp kali liat,sya bingung krn stiap sya krja ibu sya sndrian,ada saran bwt saya gan??

    ReplyDelete
  6. Dirumah saya akhir2 ada ular,sya jg blm tau jenis ular krn ibu sya yg bbrp kali liat,sya bingung krn stiap sya krja ibu sya sndrian,ada saran bwt saya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha rumahnya agan lokasinya seperti apa gan... (dekat persawahan, gang, perumahan, atau pedesaan)

      Delete
  7. Thks infonya. Ular yg diusir akan kembali lagi ndak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhehe Mas Munaf Ismail tergantung dirumah ada sesuatu yang menarik perhatian ular tersebut seperti yang saya jelaskan diatas, terima kasih sudah berkunjung.........

      Delete
  8. Ular diusir akan kembali lagi ndak yah

    ReplyDelete
  9. Tadi ada ular di selokan air dekat rumah saya. Ciri2 ular itu warna nya orange ama hitam dan ukuran nya kecil kira2 itu beracun atau ga. Jenis ular apa itu ya dan cara mencegah ular supaya tidak masuk ke rumah gimana ya soal nya saya was-was takut ular nya masuk ke rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah itu jenis ular air mbak, warna hitam dipunggung dan warna orange di bawah ... Tidak berbisa tp membuat iritasi, bengkak, nyeri atau gatal jika digigit.........

      Delete
  10. Dilemari saya ada ular,kecil warna hitam ke abu abuan, rumah saya letaknya di perumahan. Itu ular apa yah? Berbisa atau tidak? Gmana cara mengusirnya?

    ReplyDelete
  11. Banyak ular warnanya hitam gan, kalau tidak melihat sendiri saya tidak bisa memastikan itu ular apa, pakai tongkat yang ada penjepitnya gan... Tapi kalau agan takut kontak dengan ular bisa disemprot pakaiparfum atau wewangian ularnya akan pergi....

    ReplyDelete
  12. barusan pas mau cuci baju, ada ular kecil mas. sisiknya bermotif hitam coklat. kecil sih. sampai sekarang msh ada di sebelah kamar mandi. itu ngusirnya gmn? kebetulan saya lagi ngerendem pakaian. apa iya kalau kena bau wangi bakal lari

    ReplyDelete
  13. Jika yang mas lihat ular nya berwarna coklat dengan garis hitam memanjang ke ekor di disisi kanan dan kiri itu ular pohon mas (tampar kalau bahasa jawa)... iya mas siram pakai air cucian (air sabun cuci) nanti akan pergi...

    ReplyDelete
  14. Penting nih biar ga panik kalau ada ular, apalagi sampe ngebunuh itu ular, kesian

    ReplyDelete
  15. Berarti selama ini cuma mitos ya bro kalo ular itu takut akan garam.. (awalnya dari mana ya mitos itu hadeuh..)
    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  16. Ternyata hanya mitos.. Garam bisa mengusir ular.
    Terimakasih infonya kawan. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Jam 2 pagi ortu saya lihat ada ular di kamar mandi, sepertinya ular tampar pohon. Bingung juga.. tuh ular masuk dari mana, padahal tidak ada celah di rumah dan lokasi rumah jauh dari ladang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ular tampar seneng manjat pada pepohonan gan, jika dilingkungan rumah banyak tumbuhan atau pepohonan maka wajar saja ular tersebut tertarik gan,....

      Delete
  18. Min dirumah sya dah prnh ad ular 3. 2 nya dah dibunuh 1 nya lagi ilang sendiri gtaw kmna.pdlhn rmh sya perumahan,atau mungkin karena ad guguk sya dstu ya min?ternyata bener garam gk ngaruh sma skali aku kira ular nya bakal kabur.tolong saran nya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ketemu dimana ularya tinggal semprot aja pake wewangian (parfum) atau bisa juga semprot pake air yang dikasih air sabun colek gan...

      Delete
  19. Kami pake garam, ularnya langsung pergi. Mungkin sama kaya manusia jika kulit dikasih garam,,,ga enak rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga gan hehehehe... logikanya garam menyebabkan pedih pada hewan hewan berlendir seperti siput, keong, belut, ikan lele...Tetapi belum terbukti untuk ular karena sekali lagi ular bukan berlendir tapi bersisik...Mungkin taburan garam agan terlalu keras sehingga ular takut atau merasa terganggu tetapi bukan karena efek garam mengenai sisik...

      Delete
  20. Kenapa ular suka masuk ke motor gan? Kata nya sih motor matic yg paling sering kasusnya.. Dan saya sudah kejadian, motor mio saya didalemnya ada ular.. Sya sampe kaget lalu loncat dr motor pas liat tuh kepala ular keluar dr bawah stang kiri.. Saya nekat loncat dr motor yg sedang saya kendarai karena takut digigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman saya juga pernah punya kasus yang sama dengan agan, seperti dijelaskan bahwa ular menyukai ruangan gelap bisa saja masuk saat motor diparkir di kebun, pinggiran sawah ataupun digarasi dan masuk ke ruang motor matic yang biasanya memiliki banyak rongga kosong pada kerangkanya...

      Delete
  21. mas, tolong info gimana cara usir ular yang ada di toilet/kloset. aduh bingung matiinnya. ada bayi. takutnya kamar mandinya di tutup kamper, dia keluar di kloset kamar saya. kalau sedot wc memungkinkan ga dia ikut ilang juga. please info

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih ular bisa masuk kloset lewat bawah, kan ada leher angsa dan air dibawah emg dia bisa bernafas dlm air, ular air ya

      Delete
  22. Bru ini ane liat ular dngan mata telanjang depan rmh berantem sama musang dimalam hari . ularnya nyembur2 gt. Smpe ga brani buka pintu. Sampe skrang msih trauma, mau kluar rmh aj lari2 ga brani jln.. Paginya utar itu ada lgi depan rmh.. Ada solusi bwt ngusirnya gk, biar ga masuk kedalam rmh.. Rmh ane gang .

    ReplyDelete
  23. makasih kak , infonya sangat menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  24. Dulu pernah masuk ular gede kali ke halaman rumah saya, langsung saya minta bantuan polisi yg kebetulan buat pos depan rumah, eh polisinya juga takut, beda sama polisi diluar negeri yg dilatih utk hal seperti ini

    ReplyDelete
  25. Sy mau tanya baru saja di rmh sy ada ular besarnya sebesar jari kelingking panjang seperti ikat pinggang, berwarna kuning.belakang rumah memang sawah.kira kira berbisa tdk? Sdh di keluarn entah di bunuh atau tdk sy kurang tau, krm minta tolong penjaga perumahan. Benarkah mitos katanya ular berpasangan, sehingga kemungkinan ada pasangannya di dlm rumah. Jadi khawatir. Trms

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara