sponsored ads

Bagaimana Cara Termudah Untuk Lekas Tidur (Mencegah Insomnia)

Posted By : Posted on - 6:34:00 AM with No comments

Gangguan kesulitan untuk tidur atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan insomnia merupakan gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Gejala kesulitan tidur tidak hanya terjadi disebabkan oleh adanya suatu penyakit tetapi bisa disebabkan oleh adanya permasalahan psikologis. Stres, penggunaan obat obatan tertentu, perubahan pola tidur merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan gejala kesulitan tidur.
Cara Termudah Untuk Lekas Tidur

Gejala kesulitan tidur atau insomnia banyak sekali diderita banyak orang di zaman yang serba cepat ini. Gejala kesulitan tidur tidak hanya berpengaruh besar terhadap kualitas tidur tetapi juga berpengaruh besar terhadap kesehatan juga. Kita semua ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga saat bangun badan menjadi lebih bugar fit dan bertenaga karena pada dasarnya tujuan tidur adalah untuk mengistirahtakan tubuh dan pikiran dari kesibukan aktifitas seharian yang melelahkan. Nah berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk membantu anda lekas tertidur dan bermanfaat untuk mencegah insomnia atau gejala kesulitan tidur:

6 Cara Termudah Untuk Lekas Tidur

Jangan terlalu sering merubah pola tidur
Jadwal tidur yang tepat akan menjadi hal utama untuk menjaga pola tidur yang baik dan teratur. Jika anda sering merubah pola tidur anda maka hal itu juga akan berpengaruh terhadap waktu tidur anda. Jika biasanya anda sudah harus tidur jam 10 malam maka biasakanlah untuk menjaga jadwal waktu tidur itu. Menjaga rutinitas waktu tidur tidak hanya memberikan bantuan Anda secara fisik, tetapi juga memiliki beberapa manfaat psikologis yang kuat. Mengatur rutinitas jadwal waktu tidur membantu pikiran Anda menyadari bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk tidur di malam hari. Waktu tidur yang teratur juga membantu otak Anda menyesuaikan tingkat yang serotonin dan melatonin, dan membantu menyeimbangkan ritme sirkadian Anda.

Berolahraga / aktifitas fisik secara teratur
Melakukan aktifitas fisik seperti bekerja, olahraga atau melakukan kegiatan kegiatan fisik akan membantu anda tidur dimalam hari karena aktifias tersebut akan membuat anda lelah dan saat malam anda akan cepat mengantuk dan lekas tertidur. Olahraga tidak hanya membantu anda mencegah insomnia tetapi baik juga untuk kesehatan anda secara umum. Olahraga membantu meningkatkan metabolisme yang pada gilirannya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, memperlancar aliran darah dan secara umum membuat tubuh anda lebih bugar dan sehat.

Membaca buku sebelum tidur
Membaca buku sebelum tidur menurut beberapa penelitian terbukti membantu seseorang lekas mengantuk dan tertidur. Membaca buku akan membuat pikiran anda lebih santai dan membuat mata lelah sehingga dengan demikian akan membantu anda untuk mengantuk dan lekas tertidur. Jadi, saat Anda sedang berjuang untuk mencoba tidur, cobalah mengambil salah satu buku di samping tempat tidur Anda. Mungkin saja hal ini akan membantu anda untuk lekas tertidur.

Pola makan yang sehat dan seimbang
Mengatur pola makan dengan makanan yang sehat dan seimbang juga membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. Penelitian telah menemukan bahwa peningkatan asupan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan tidur Anda dan waktu yang diperlukan bagi Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, kalium, atau mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda. Beberapa tips yang membantu anda lekas tertidur terkait asupan makanan:

  • Jangan mengonsumsi makanan berat 1 jam sebelum anda tertidur, karena memakan makanan sebelum tidur akan mengganggu kualitas tidur anda karena usus akan bekerja saat anda tertidur yang pada gilirannya akan mengganggu waktu tidur anda. Makan kekenyangan juga akan membuat anda kesulitan untuk tidur.
  • Jika anda penderita insomnia konsumsi makanan yang kaya tryptophan (nutrisi dalam makanan yang membantu menginduksi rasa kantuk) seperti daging kalkun, susu hangat, keju, teh tanpa gula (lebih baik teh hijau) sayuran berdaun hijau gelap (bayam, kangkung) dll.
  • Hindari makanan atau minuman yang bersifat stimulan dan berkafein (menjaga anda tetap terjaga) seperti kopi, alkohol, rokok, dll.

Pastikan lingkungan tidur nyaman
Lingkungan tidur yang nyaman jelas membantu dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik diantaranya:
  • Pastikan semua perlengkapan tidur anda bersih dan nyaman.
  • Jauhkan kebisingan atau hal hal yang bisa membuat anda tetap terjaga (Handphone, komputer, televisi dll)
  • Redupkan lampu kamar jangan menggunakan lampu tidur yang terlalu terang atau silau.
  • Jika anda menggunakan pendingin ruangan hal itu akan lebih bagus untuk membantu anda mendapatkan kenyamanan tidur.

Relaksasi
Pikiran yang tenang, santai, bebas tekanan terbukti ampuh dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik, membuat anda segera mendapatkan rasa kantuk dan pada gilirannya akan membantu anda lekas tertidur. teknik yoga, taichi, meditasi disebut-sebut sebagai bantuan besar hal yang secara simultan dasar dan revolusioner sebagai semacam obat alami penyakit ofphysical atau psikologis - dalam hal ini tidak mampu untuk lekas tidur. Meditasi memungkinkan Anda untuk menenangkan pikiran yang gelisah dan fokus pada pernapasan berirama yang membantu membuat tidur lebih baik. Bahkan salah satu teknik pernapasan yang disarankan sangat cocok untuk menenangkan Anda ke bawah dan membantu Anda tertidur tidur. Untuk membantu anda mendapatkan relaksasi dan pikiran yang tenang hal yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mandi menggunakan air hangat 1 jam sebelum anda tidur.
  • Lalu lakukan yoga, meditasi, olah pernapasan atau teknik relaksasi lain 30 menit sebelum anda tidur.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara