8 Cara Sederhana Mengetahui Ciri / Tanda Awal Kehamilan

Banyak cara yang dilakukan oleh pasangan yang baru saja menikah atau pasangan yang sudah lama mendambakan datangnya kehamilan buah hati untuk mengetahui tanda atau ciri kehamilan awal. cara mengetahui tanda atau ciri awal kehamilan bisa dilihat dengan mengamati perubahan fisik wanita dengan metode yang sederhana namun untuk hasil yang lebih akurat gunakan test kehamilan atau test pack. Berikut adalah cara sederhana mengetahui ciri atau tanda kehamilan pada wanita:

Cara Sederhana Mengetahui Ciri / Tanda Awal Kehamilan

Cara Sederhana Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Telat Datang Bulan
Telat datang bulan biasanya digunakan sebagai indikitor atau cara untuk menandai awal kehamilan secara umum yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya, walaupun terlambat datang bulan juga bisa jadi bukan sebagai tanda atau ciri kehamilan awal. Terlambat datang bulan bisa disebabkan oleh penggunaan obat atau peralatan pengendali kehamilan (kontrasepsi) berat badan yang berlebih (obesitas), masalah kejiwaan (stress, depresi atau tekanan pikiran), masalah hormonal (hormon yang tidak seimbang), kelelahan atau badan tidak fit, kelainan dll. Namun cara ini juga bisa digunakan sebagai indikator untuk mengetahui ciri awal kehamilan.

Rasa Eneg, Mual dan berasa ingin Muntah
Wanita yang mengalami awal kehamilan umumnya merasa eneg, mual, berasa ingin muntah dan biasanya hal ini terjadi dan dimulai pada minggu ke 2-8 setelah pembuahan. namun mual dan berasa ingin muntah juga bisa disebabkan faktor lain seperti keracunan, stres atau berbagai masalah pada organ pencernaan lainnya.

Perubahan ukuran dan bentuk Payudara
Biasanya wanita hamil di masa masa awal akan mengalami pertambahan ukuran payudara dan biasanya dimulai pada minggu ke 1 sampai minggu ke 6 setelah pembuahan dan umumnya pertambahan ukuran payudara juga disertai dengan rasa nyeri pada payudara. Namun rasa nyeri pada payudara juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti kondisi menjelang menstruasi, hormon, peggunaan obat kontrasepsi dll. tidak hanya ukurannya saja yang berubah namu biasanya saat wanita mulai memasuki masa kehamilan biasanya juga disertai dengan penggelapan Areola atau warna yang lebih gelap pada puting payudara. Perubahan warna pada puting payudara ini secara umum akan terjadi sekitar satu sampai 14 minggu setelah pembuahan dan berlangsung selama kehamilan.

Sering mudah letih dan mengantuk
Wanita yang mengalami kehamilan dimasa-masa awal seiring meningkatnya progesteron akan mengakibatkan wanita hamil akan mudah lelah, mudah capek dan mudah mengantuk dan ini adalah hal alami. Hal ini juga bisa menjadi indikator bagi wanita yang mengalami masa kehamilan dan umumnya terjadi sekitar minggu ke 1 sampai minggu ke 6 pada masa kehamilan.

Nyeri pada punggung
Nyeri dipunggung adalah hal alami yang terjadi pada wanita hamil, hal ini akan lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia janin. Hal ini bisa terjadi akibat tulang belakang akan menahan berat badan yang ekstra yaitu berat badan wanita hamil dan calon bayi yang dikandungnya.

Sering Mengalami Sakit kepala
Wanita hamil di masa-masa awal akan sering mengalami sakit kepala, hal ini disebabkan oleh kadar estrogen yang diproduksi lebih banyak atau lebih tinggi pada wanita hamil.

Mengidam makanan atau sesuatu
Ya perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamil akan menyebabkan minat akan sesuatu (mengidam) menjadi lebih besar seperti ingin memakan sesuatu yang tidak biasa dikonsumsi, ingin melakukan suatu aktifitas yang aneh dll.

Sering buang air kecil
Sering buang air kecil adalah tanda kehamilan, dan biasanya dimulai sekitar enam sampai delapan minggu setelah pembuahan. Namun juga bisa disebabkan oleh penyebab lainnya yang menyebabkan sering buang air kecil adalah diabetes, infeksi saluran kemih, dan diuretik berlebihan menyebabkan buang air kecil.

nah jika anda mengalami hal hal diatas maka kemungkinan anda berada di masa awal kehamilan, namun untuk lebih akurat dan detail gunakan test pack untuk menguji kehamilan anda atau kunjungi dokter kandungan atau medis terkait untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail dan akurat.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara