4 Tips Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang

Posted By : Posted on - 2:40:00 PM with No comments

Menjaga hormon secara stabil akan membantu anda khususnya para wanita untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh anda secara umum. Hormon adalah zat dalam tubuh kita yang sangat penting sebagai pembawa pesan kimia yang memainkan peran penting dalam tubuh kita sehingga akan menjadi masalah keshetan yang serius jika tingkat hormon tidak seimbang. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul adalah diabetes, masalah pada kelenjar tiroid, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan pada wanita bisa menyebabkan penyakit ovarium polikistik, perubahan suasana hati yang ekstrim, depressi, stres, masalah emosional dan kehilangan nafsu makan dan masalah kesuburan atau infertilitas (kemandulan).

Pada wanita gejala hormon yang tidak stabil atau tidak seimbang bisa ditandai dengan pola siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur, mudah marah, emosional, tertekan tanpa alasan yang jelas dan perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini juga bisa menyebabkan endometriosis pada wanita yang tentunya sangat berbahaya bagi wanita. Menurut dunia medis Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain atau nyeri yang sangat menyiksa pada panggul.Pada kebanyakan kasus, ada masalah dengan kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon wanita estrogen dalam jumlah yang diperlukan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah hormonal yang tidak seimbang dengan bahan alami yang membantu menstabilkan tingkat hormon ditubuh anda:

Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami

Mengatasi Hormon Yang Tidak Seimbang Dengan Cara Alami

Pilihlah sayuran cruciferous
Sayuran cruciferous adalah jenis sayuran yang masih dalam keluarga creciferous seperti kubis, kembang kol, brokoli dan kol kaya akan senyawa yang disebut indole 3 carbinol. Cruciferous juga kaya akan nutrisi, seperti beta-karoten, folat, dan vitamin C, E, dan K. Cruciferous juga kaya akan mineral dan memiliki serat tinggi. Untuk itulah jenis sayuran ini sangat baik sekali untuk menghambat sel kanker tumbuh ditubuh anda sehingga jenis sayuran ini juga sangat dikenal sebagai sayuran anti kanker. Sedang senyawa indole 3 carbinol dalam tubuh, senyawa ini akan dimetabolisme untuk menghasilkan bahan kimia lain yang membantu untuk mengatur aktivitas estrogen. Mengkonsumsi sayuran tersebut secara teratur dapat menjadi cara mudah untuk membantu keseimbangan hormon Anda.

Asam lemak omega 3
Asam lemak baik juga disebut asam lemak omega 3 juga terbukti ampuh dalam mengatasi masalah hormon yang tidak seimbang. Asam lemak omega-3 akan membantu menjaga fungsi hormon wanita lebih stabil atau normal. Selain mampu membantu dalam mengatasi masalah hormonal asam lemak omega 3 juga menurut beberapa studi telah menunjukkan berguna dalam menangani masalah menopause serta menurunkan risiko kelahiran prematur. Pastikan Anda mendapatkan cukup senyawa ini dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan atau termasuk salmon dan tuna dalam diet Anda. Edamame (kedelai hijau), kenari, almond, biji rami dan kacang-kacangan merupakan sumber vegetarian asam lemak omega-3.

Mengkonsumsi makanan yang tepat
Ya asupan makanan sangat mempengaruhi masalah kesehatan secar umum, tidak terkecuali untuk masalah hormon tidak seimbang. Mengonsumsi makanan yang tepat akan membantu menjaga tingkat hormon anda menjadi lebih seimbang. Makanan seperti roti putih, nasi putih dan kentang yang memiliki indeks glikemik tinggi sebaiknya dihindari. Ganti makanan ini dengan kacang, kacang-kacangan, beras merah dan biji-bijian dalam diet Anda. Soya, kacang-kacangan, lentil dan kacang polong merupakan sumber yang kaya senyawa yang disebut phytoestrogen yaitu suatu zat yang meniru aksi estrogen dalam tubuh dan dengan demikian, membantu dalam menjaga keseimbangan hormonal.

Konsumsi cukup buahan
Buah-buahan mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh seperti vitamin tanpa menambah jumlah kalori.  Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk mengatasi masalah hormonal seperti jeruk, lemon dan anggur merah. Buah buahan ini kaya akan flavonoid zat kimia yang memiliki aksi antioksidan kuat dan membantu untuk menjaga sel-sel Anda berfungsi secara optimal.

Nah dengan mengonsumsi makanan alami yang saya sebutkan pada poin diatas akan membantu menjaga hormon anda tetap stabil dan normal. Namun penting utnuk tetap menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan anda secara umum. Olahraga yang cukup, menjaga tingkat stres emosional dengan baik dan mencukupi kebuthan istirahan atau tidur yang cukup dapat membantu anda dalam menjaga keseimbangan hormon.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara