5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Dalam Sekejap

Posted By : Posted on - 1:32:00 PM with 3 comments

Batu akik memang lagi trends dan booming akhir akhir ini, mulai dari masyarakat kelas bawah, menengah sampai kelas atas banyak yang sedang mengidolakan batu yang satu ini. Ya karena selain warnanya yang mencolok, menarik dan memiliki tekstur yang halus tak salah jika batu jenis ini banyak digunakan sebagai aksesoris yang bernilai jual. Nah kali ini saya akan share tentang bagaimana mengkilapkan batu akik dalam sekejap. Kenapa harus dalam sekejap yah mungkin saja jika anda tidak memiliki banyak waktu atau karena kesibukan, atau juga anda ingin mengenakan batu akik ini namun waktunya yang memept untuk merawatnya agar lebih mengkilap dll.

Dengan batu akik yang lebih mengkilap yang anda kenakan tentu saja hal itu akan lebih membuat menarik, apalagi anda berbisnis dari jual beli batu akik ini. Tentu anda mampu menyajikan dagangan batu akik anda akan lebih mengkilap dalam waktu sekejap dan tentunya menarik minat pembeli untuk membeli batu akik yang anda jual. nah berikut adalah beberapa cara mengkilapkan batu akik anda dalam sekejap.

mengkilapkan batu akik

Mengkilapkan Batu Akik Dalam Sekejap

Menggunakan Kulit
yah anda mampu mengkilapkan batu akik anda dalam sekejap menggunakan bahan kulit. Namun jika anda kesulitan menemukan kulit anda bisa menggunakan sabuk anda yang berbahan kulit atau dompet anda yang sudah tidak terpakai tentunya atau juga bisa menggunakan bahan yang anda masih pakai jika anda tidak keberatan hehehehehe,... Gunakan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, atau benda lain yang terbuat dari kulit dan menurut pengalaman bagi beberapa kolektor akik adalah menggunakan kulit sapi merupakan jenis yang paling bagus untuk mengkilapkan batu akik. Hal ini dikarenakan oleh bahan kulit yang masih mengandung minyak di dalamnya. Meskipun telah diolah, minyak tersebut masih terkandung di dalam bahan kulit tersebut meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Gosokkan batu tersebut secara searah dan kemudian kilau batu akik tersebut akan terpancar.

Media Bambu
Menggosok batu cincin menggunakan bambu untuk membuatnya lebih mnegkilap ternyata sudah digunakan oleh para orang tua jaman dahulu. Penggunaan bambu sebaiknya menggunakan bambu yang masih muda lalu dikeringkan. Jika sudah kering gosokkan pada kulit bambu sebelah dalam jadi bukan bagian luarnya yang keras agar tidak mengikis batu akik. Gosokkan ke permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan daya kilap dari batu akik tersebut.

Daun Pisang Kering
Cara ini tergolong cara kuno, namun sampai sekarang cara ini masih dianggap ampuh untuk mengkilapkan batu akik bahkan para kolektor akik pun merekomendasikan untuk menggunakan daun pisang kering ini untuk mengkilapkan batu akik anda dalam sekejap. Ada alasan yang kuat mengapa daun pisang kering bisa digunakan untuk mengkilapkan batu akik yaitu ternyata daun pisang kering tersebut masih menganding senyawa yang membuat batu akik terlihat semakin mengkilap. Cara menggosoknya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil daun pisang kering kemudian gosokkan pada batu akik secara searah.

Air Kelapa
Hal ini cara yang paling mudah menurut saya dan paling efektif menurut saya pribadi yaitu dengan mencelupkan batu akik anda dalam air kelapa selama semalam. Alasannya adalah batu akik merupakan mineral yang mengkristal dan terbentuk secara alami oleh kondisi alam, nah dalam air kelapa mengandung ion dan mineral yang membantu melapisi lapisan mineral pada akik tersebut. Keesokan harinya angkat batu tersebut kemudian keringkan dengan lap yang lembut.

Amplas/Kertas Pasir
Nah menurut saya ini cara yang menurut saya kurang pas, namun tetap saya publikasikan karena banyak juga pengguna batu akik ini menggunakan kertas amplas untuk membuat batu akiknya menjadi lebih mengkilap. Pilihlan kertas amplas yang paling sesuai dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya memiliki ukuran 1200 atau 1500. Jika anda masih ragu, maka mintalah jenis kertas amplas yang paling halus. Gosok searah dan perlahan supaya membuat batu akik anda semakin halus dan mengkilat. Cara ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai menghaluskan batu akik anda. Jika anda masih merasa takut untuk menghaluskannya sendiri, sekarang ini sudah mulai banyak jasa yang menawarkan proses penghalusan batu akik supaya lebih mengkilap lagi.

3 comments:

  1. Terimakasih atas artikel yang bermanfaat ini, semoga bisa bermaanfaat untuk saya dan lainnya

    ReplyDelete
  2. Artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk semua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda. Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kami.
    Jangan lupa ya kunjungan baliknya :)
    thanks gan

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara