sponsored ads

Tips Mengatasi Cegukan Dengan Cepat

Posted By : Posted on - 12:26:00 PM with No comments

Cara cepat mengatasi cegukan - Pernahkan anda mengalami cegukan tentu saja iya! Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan, apa sih cegukan itu? Orang tua bilang bahwa cegukan biasanya ada yang ngomongin kita, atau dikangenin pacar atau hal lain hehehehhe....Tapi apakah bener demikian. Secara medis menyebutkan bahwa cegukan terjadi karena kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Nah ini baru bener bukan karena ada yang ngomongin kita atau dikangenin sesorang.

Lalu bagaimana cegukan itu bisa terjadi? Menurut situs Wikipedia cegukan bisa terjadi akibat udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya dan tidak berbahaya (selama cegukan dikarenakan bukan karena penyakit),kalau bukan penyakit lalu cegukan karena hal apa yang tidak berbahaya, berikut penyebab cegukan yang tidak berbahaya dan dapat dengan mudah anda atasi sendiri:

tips mengatasi cegukan dengan cepat

Penyebab cegukan yang biasa terjadi
  • Memakan sambil berbicara atau bisa juga karena makan dan minum terlalu cepat.
  • Terlalu banyak makan dan minum.
  • Ketika anda sangat marah atau sangat bersedih, dengan kata lain ketika anda merasa sangat emosional.
  • Ketika anda mengonsumsi makanan yang panas atau hangat lalu anda minum air dingin atau es.
  • Tertawa, batuk atau berteriak terlalu keras.Akibat udara dingin di sekitar tubuh kita, bisa disebabkan karena AC (air conditioner) atau kipas.

Mengatasi Cegukan Dengan Cepat
Biarpun cegukan diatas tidak berbahaya namun hal itu tentu membuat anda menjadi tidak merasa nyaman kan? Nah jika anda mengalami cegukan ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi cegukan ini dengan cepat, apalagi sebentar lagi anda mempunyai aktifitas penting dan segera seperti meeting, bertemu pacar dll hehehhe...Berikut tips mengatasi cegukan dengan cepat untuk orang dewasa tentunya bukan untuk tips untuk anak anak.

Tahan nafas anda
Dengan menahan nafas maka cegukan anda akan segera berhenti dengan segera. Kenapa bisa begitu. dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.

Bernapas di dalam kantong kertas
HAl ini mekanisme sama dengan diatas yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh untuk menghentikan cegukan anda. Anda bisa memasukkan kepala anda dalam kantong kertas atau kantong plastik dan bernafas didalamnya kurang lebih 3 menit, hal ini akan menghentikan cegukan anda.

Minum air putih
cara meminumnya harus perlahan lahan jangan langsung dihabiskan, akan lebih efektif lagi jika menggunakan air dingin.

Menarik lidah dengan tangan
Cara aneh ini juga terbukti dapat menghentikan cegukan, caranya julukan lidah anda dan tarik perlahan lidah anda maka cegukan akan berhenti dengan sendirinya.

Membalikkan tubuh
Jika anda berada didalam kamar segera balikkan tubuh anda menyandar ditembok dengan posisi kepala dibawah kaki diatas. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut.
  
Menelan gula pasir kering
Menelan gula atau lebih tepatnya diemut dan biarkan mencair dalam mulut anda dengan sendirinya ini juga mampu menghentikan cegukan anda.

Memperlambat nafas
Bernafas dengan lebih tenang atau memperlambat nafas anda.

Bila cegukan tak mau hilang jika anda telah mencoba tips diatas segera periksakan ke dokter terkait mungkin ada masalah serius dengan pernafasan anda agar dapat dilakukan penanganan yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara