Tips Ampuh & Efektif Mengatasi Pilek

Posted By : Posted on - 11:50:00 AM with No comments

Tips mengatasi pilek - Menurut situs Wikipedia pilek atau nasofaringitis atau biasa disebut dengan selesma merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan sesorang dapat menular. Pilek umumnya disertai dengan batuk sakit tenggorokan, hidung meler (rhinorrhea), dan demam. Penyebab batuk dan pilek inipun bisa disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi sebagai contoh saja cuaca dan virus. Apalagi cuaca yang seperti sekarang ini kadang hujan, panas dan dingin menyebabkan seseorang dapat dengan mudah terserang penyakit paling umum karena cuaca ini.

Sebenarnya cara yang paling mudah untuk menangkan batuk pilek ini cukup mudah yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat tidak gampang terkena bebrbagai jenis penyakit termasuk pilek ini. Sistem kekebalan tubuh dapat anda tingkatkan dengan memperbanyak konsumsi Vit C yang bisa anda dapatkan dengan mudah pada buah buahan dan sayuran hijau.

Menurut penelitian selama setahun umumnya orang dewasa akan terkena penyakit ini minimal 3 kali dalam setahun. Nah jika anda biasakan setiap pilek anda mengkonsumsi obat obatan kimia pereda flu dan pilek tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan anda secara umum, residu pada obat akan bertahan selama beberapa waktu tertentu dalam tubuh anda dan tentu saja hal ini tidak baik. Nah jika anda terkena flu biasa tangani dengan cara yang alami kecuali anda mengalami pilek yang akut atau berbahaya segera hubungi dokter terkait untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Umumnya penyakit pilek tidak berbahaya (jika tidak disebabkan oleh virus atau penyakit ganas) karena penyakit ini musiman dan bisanya menyerang saluran nafas karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim sehingga menyebabkan radang di saluran pernafasan anda. Nah berikut adalah beberapa tips alami mengatasi pilek dengan cara sederhana yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

mengatasi pilek dengan cara alami

Tips Mengatasi Pilek

Membuang Lendir
Lendir disaluran nafas merupakan hal almi yang biasa terjadi, namun karena lendir yang keluar cukup banyak saat anda pilek tentunya hal ini juga mengganggu masa istirahat anda. Anda jadi kesulitan bernafas, tidak bisa tidur dll. Untuk mempercepat penyembuhan ketika pilek hidung terasa mampet karena lendir, keluarkan lendir dari saluran pernafasan anda. Hal ini membantu melegakan pernafasan dan mempercepat penyembuhan.

Memperbanyak istirahat
Istirahat merupakan cara efektif bagi tubuh untuk mempercepat penyembuhan ketika ada masalah yang terjadi pada tubuh anda. Hentikan pekerjaan anda atau aktifitas anda untuk sementara agar tubuh anda kembali sehat. Dengan beristirahat tubuh juga akan memproduksi antibodi atau sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Pilek menyerang ketika sistem kekebalan tubuh kita lemah, saran saya kembalikan kekuatan sistem kekebalan tubuh anda dengan beristirahat secara total.

Memperbanyak minum air putih
Air putih kita tahu berguna untuk melarutkan lemak, toxic, bakteri dan membantu tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Untuk itu dikala anda merasakan gejala pilek perbanyak air putih hal itu akan mempercepat penyembuhan pilek anda.

Minuman Hangat
Minuman hangata akan membantu melegakan dan membuat nyaman saluran pernafasan anda. Untuk lebih efektif lagi minum susu hangat ditambah madu akan mempercepat proses penyembuhan. Selain susu dan madu anda juga bisa mencampurkannya dengan beberapa tetes lemon. Lemon mengandung banyak Vit C yang berguna untuk menangkal radikal bebas, melawan infeksi dan bakteri. Atau jika anda menyukai jahe susu ini juga efektif untuk melegakan pilek anda.

Menghangatkan area saluran nafas
Hal ini bisa anda lakukan dengan menghirup mentol, mengolesi bagian leher menggunakan balsem atau meminum minuman hangat. Ketika hidung terasa mampet cobalah oleskan minyak kayu putih atau balsem pada dekat lubang hidung supaya dapat melegakan pernapasan.

Terapi Uap
Uap dapat mengencerkan lendir, gunakan air panas dan tuangkan pada wadah, kemudian letakkan wajah di atas baskom sambil menutupi handuk. Agar hasilnya maksimal, anda bisa menambahkan minyak kayu putih pada air panasnya atau daun daunan herbal sebagai aroma terapi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara