7 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh - Cuaca yang tidak menentu seperti panas, hujan, dingin menyebabkan anda mudah terserang penyakit. Hal itu dikarenakan sistem dalam tubuh anda tidak cukup kebal untuk menangkal bibit penyakit yang menyerang tubuh anda. Saat kekebalan tubuh menurun hal itu akan memperbesar peluang kuman, virus maupun bibit penyakit memasuki tubuh anda dengan mudah.

Agar anda terbebas dari penyakit menular, penyakit musiman atau penyakit berbahaya maka tingkatkan sistem kekebalan tubuh anda agar tubuh tidak mudah terserang bibit penyakit. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan anda seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, stres dll. Disamping itu anda juga harus terbiasa hidup bersih dan sehat. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara efektif.

cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pola makan sehat & seimbang
Makanan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Atur pola makan anda secara teratur dengan makanan yang bernutrisi dan hindari makanan makanan yang tidak baik untuk kesehatan anda seperti makanan siap saji (junk food), makanan berlemak, terlalu banyak gula dan tidak higienis.

Sertakan banyak sayuran berdaun hijau dalam konsumsi diet harian Anda karena mereka adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan dan membantu meningkatkan kekebalan, sertakan juga buah buahan yang mengandung Vit C tinggi seperti jeruk, lemon, apel, pisang, pepaya dll yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Lengkapi makanan sehat anda dengan meminum susu yang mengandung banyak mineral, protein dan kalsium. Anda juga dapat mengonsumsi produk olahan susu seperti seperti yoghurt dalam diet Anda karena mengandung bakteri probiotik yang membantu dalam penyerapan nutrisi di usus dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Cukup istirahat
Waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam. Tidur akan membantu mengembalikan tenaga anda hilang akibat seharian beraktifitas sehingga saat bangun tubuh anda kembali fit dan bugar. Selain hal itu kualitas tidur yang baik juga membantu mencegah anda dari gangguann emosional, stress, depressi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara alami.

Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan tubuh juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara tidak langsung. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar anda akan membantu mencegah datangnya penyakit. Mandi teratur, mencuci tangan sebelum makan, sikat gigi teratur merupakan kebiasaan ringan yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit.


Cukup Minum air putih
Air putih membantu mencukupi mineral tubuh anda, hal itu akan menjaga agar tubuh anda tetap terhidrasi dan mencegah kekurangan cairan dalam tubuh anda. Minum air putih minimal 7-8 gelas perhari (1,5L). Kelebihan lain air putih adalah membaantu mengeluarkan racun dan toxic dalam tubuh anda dan membuangnya melalui keringat dan air seni. Secara tidak langsung minum banyak air putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Konsumsi herbal alami
Jika anda sakit jangan buru buru membeli obat diwarung untuk mengobati penyakit ringan anda hal itu justru tidak baik karena residu dari bahan kimia dalam obat itu akan bertahan cukup lama didalam tubuh. Nah jika anda terserang penyakit ringan dan tidak berbahaya seperti demam, pilek, flu gunakan bahan herbal yang alami selain dapat mengobati dan melegakan, bahan bahan herbal tersebut juga terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda secara alami. Beberapa bahan herbal seperti bawang putih, jahe, ginseng, lemon, rempah rempah mampu membuang racun dari tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Berolahraga teratur
Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga yang teratur dilakukan setiap hari minimal 20 menit membantu melindungi dari penyakit dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Olahraga ringan seperti berjalan jalan, jogging, tenis, berenang atau sepak bola setiap hari selama minimal 20 menit akan membuat pikiran fresh terbebas dari stres dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berpikir positif
Ya dengan banyak berpikir positif hal itu akan mencegah anda dari tekanan pikiran atau stres. Stres seperti kita ketahui mampu mnurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Berpikir positif memainkan peran utama dalam memerangi stres. Sehingga dengan memberikan pesan positif ke pikiran Anda akan membantu mengurangi kecemasan dan mengurangi tingkat stres yang pada gilirannya akan meningkatkan kekebalan Anda untuk melawan penyakit.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara