6 Cara Efektif Mengatasi Stres & Depressi

Mengatasi stres - Stres merupakan kondisi pikiran yang tertekan dan mampu mengubah kondisi dan susasani hati seseorang termasuk perilakunya. Stres yang akut atau berlanjut bisa disebut sebagai depressi. Salah satu ciri stres dan depressi adalah mereka kehilangan minat atau mood terhadap sauatu aktifitas atau kegiatan yang sebelumnya dirasa menyenangkan. Kita semua mengetahui bahwa strs & depressi secara umum merugikan kesehatan kita, secara fisik akan menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga mudah terserang penyakit, sedang untuk pikiran hal itu mampu mengubah suasana hati, mood, perubahan watak, kondisi emosiaonal seseorang bahkan bisa berlanjut ke gangguan bipolar dan bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Stres dan dpressi dalam kehidupan sesorang merupakan hal wajar, siapa sih yang dalam hidupnya tidak penah bertemu dengan masalah? namun ketika anda mampu memanage atau mengelola stres anda dalam tingkatan yang paling rendah hal itu akan menurunkan resiko anda terhadap stres dan depressi. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah stress dan depressi.

mengatasi stres & depressi

Cara Efektif Mengatasi Stres & Depressi

Berpikir positif
Poin terpenting hal yang menyebabkan stres atau depressi adalah kekahawatiran atau kecemasan sesorang terhadap hal yang belum tentu terjadi. Pikiran negatif seperti ini tidak membantu orang yang depresi dan stres keluar dari masalah mereka, justru hanya akan menambah masalah. Berpikiran positif bahwa semua masalah pasti ada jawaban dan penyelesaiannya akan membatu anda keluar dari stres dan depressi. Hal ini dapat diatasi dengan praktek mindfulness. Mindfulness berarti praktek terlibat indra Anda yaitu fokus, sentuhan, penglihatan, suara, rasa, yang anda tujukan untuk positif sehingga membantu anda mengurangi kecemasan dan kekhawatiran.

Berhenti bicara dan berpikir hal yang negatif. Orang akan merasa tertekan ketika melihat dan berbicara negatif dari segala sesuatu di dunia. Mereka juga memperkuat keraguan diri dan perasaan tidak berharga karena jika terjadi kesalahan mereka menyalahkan diri sendiri dan jika ada yang benar mereka menganggap hal itu adalah keberuntungan. Apa yang anda lakukan akan menentukan apa yang anda hasilkan. Dengan demikian akan mendorong untuk bersikap secara optimis dan positif sehingga apa yang akan anda dapatkan dan hasilkan pun akan berbuah positif

Dengarkan musik
Mendengarkan musik juga salah satu cara untuk mengatasi stres & depresi. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik yang bernada ceria akan membangkitkan semangat anda. Mendengarkan musik upbeat atau senang atau ceria mampu mengubah suasana hati secara langsung dan menciptakan getaran positif. Namun perlu diingat untuk tidak mendengarkan musik yang slow atau sendu hal itu justru akan membuat anda semakin bersedih atau tertekan.

Kegiatan positif
Kegiatan positif yang menyenangkan akan membantu anda menghilangkan stres dan depressi. Kecemasan dan kekhawatiran anda akan terkurangi dengan hal hal positif yang bisa anda lakukan. Travelling dengan teman, berkumpul dan bercerita dengan keluarga, Membaca buku atau menyelesaikan teka-teki adalah cara terbaik untuk mengalihkan perhatian Anda dari berpikir tertekan. Buatlah diri Anda sibuk seperti itu adalah cara yang efektif untuk mengatasi depresi.

Cukup istirahat
Orang yang sedikit beristirahat, kurang tidur atau pola istirahat yang tidak benar sering menjadi alasan kenapa pikiran bisa tertekan atau stres. Kurang tidur dapat menyebabkan iritabilitas, stres, depressi dan kondisi emosional anda. Sementara tidur yang sehat dapat meningkatkan kesejahteraan, kenyamanan anda karena saat tertidur hal itu memperbaiki kondisi fiisik sesorang seperti kecapekan dan akan mengembalikan tenaga yang bugar saat bangun nanti. Sedang untuk pikiran dengan cukup beristirahat juga mampu menyamankan pikiran anda yang tegang atau panas dan mengembalikan ke kondisi semula. Tidur dan perubahan suasana hati merupakan hal yang berkaitan atau berhubungan erat. Hal ini membuktikan bahwa kurang tidur memiliki efek yang signifikan pada suasana hati. Memenuhi jumlah yang cukup tidur untuk menghindari stres dan perubahan suasana hati yang mengarah ke depresi.

Olahraga teratur
Olahraga teratur akan membuat badan dan pikiran seseorang lebih sehat termasuk dalam membantu mengatasi stres & depresi. Secara medis saat anda berolahraga otak anda akan melepaskan endorfin yang meningkatkan mood. Perlu anda ketahui bahwa endorfin merupakan zat atau senyawa yang menghasilkan perasaan senang, nyaman, bahagia dan kesejahteraan. Selain meningkatkan mood, berolahraga juga bermanfaat terhadap kesehatan kita secara umum, melindungi kita dari berbagai penyakit.

Bersosial/ Membuka diri
Jika Anda mengalami depresi kemudian duduk menganggur di rumah sendiri atau mengisolasi dikamar atau jauh berkomunikasi dari orang lain adalah hal terburuk yang justru membuat anda semakin tertekan. Share masalah dengan teman, keluarga, sahabat atau orang yang dekat dengan anda akan mampu membuat anda merasa lega dan mengurangi stres. Rencanakan liburan dengan keluarga, teman atau sahabat juga cara efektif untuk mengatasi stres dan depressi anda. Tetap terhubung atau bersosial dengan teman, keluarga atau orang dekat dan bergaul dengan mereka, karena akan memiliki efek positif yang besar pada suasana hati Anda. Anda tidak sendiri dan hakikatnya manusia itu mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara