4 Tips & Cara Alami Mengatasi Kutu Air

Posted By : Posted on - 10:46:00 AM with No comments

Mengatasi kutu air secara alami - Kebanyakan orang pasti mengira bahwa kutu air disebabkan oleh kutu air yang banyak terdapat biasanya di persawahan atau kolam. Namun sebetulnya penyakit kutu air disebabkan oleh semacam jamur yang dalam dunia medis disebut sebagai jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton). Jadi penyakit kutu air bukan disebabkan oleh krustasea (kutu air) melainkan oleh jamur tersebut cuma hanya namanya saja penyakit kutu air namun bukan disebabkan oleh kutu air.

Dan sebenarnya penyakit kutu air ini bukan hanya menyerang pada kaki atau lipatan jari kaki saja namun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala. Namun karena peluang terjadi kelembapan kulit paling banyak terdapat dikaki maka bagian kaki merupakan paling umum yang terjangkit penyakit kutu air. Namun biarpun begitu infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan bisa menyebar ke bagian lain dari kaki.

Penyebab dari kutu air ini disebabkan oleh jamur dan hanya bisa berkembang pada kondisi tertentu saja, jadi anda tidk terlalu risau akan hal ini. Dan jamur yang menyebabkan kutu air ini hanya akan hidup di kondisi yang lembap namun hangat. Air yang memiliki kadar pH tinggi maupun rendah bisa menyebabkan kutu air begitu juga pemakian sepatu yang terlalu lama bisa menimbulkan kutu air, atau anda memakai sepatu yang basah, kotor, lembap, sepatu yang tidak bisa teraliri udara saat dipakai atau sepatu plastik juga bisa menyebabkan kutu air. Saat anda menderita kutu air maka kulit akan bersisik dan tipis dan kadang disertai luka pada permukaan kulit karena saat jamur tumbuh dikulit sel kulit akan lebih banyak memproduksi sel kulit baru yang akan mengganti sel kulit yang mati atau rusak.

mengatasi kutu air

Gejala yang timbul akibat kutu air bisa beragam untuk setiap individu, namun pada umumnya berikut adalah gejala yang paling umum terjadi pada kutu air:

– Kulit gatal dan merah
– Kulit kering dan bersisik
– Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
– Lepuh yang mungkin berisi nanah
– Pembengkakan kulit

Kebanyakan orang akan bertanya apakah penyakit kutu air ini bisa menular? Tentu saja karena setiap penyakit yang disebabkan oleh jamur bisa saja menular dari manusia yang satu ke yang lain begitu juga ke hewan. Selainbisa menular, penyakit kutu air yang disebabkan oleh jamur onikomikosis (onychomycosis) juga dapat berkembang yang membuat kuku kaki menjadi tebal, rapuh, dan berubah warna.

Banyak produk perawatan untuk mengatasi kutu air yang dijual dipasaran. Namun terkadang jenis kulit seseorang bisa saja tidak merespon perawatan tergantung dari jenis kulit, bahkan perawatan menggunakan bahan dasar kimia untuk mengatasi kutu air ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit, ruam merah dan sedikit gatal. Untuk itulah kali ini saya akan share pengobatan kutu air dengan cara alami namun aman untuk digunakan dan cocok untuk segala jenis kulit, berikut pengobatan alami untuk mengatasi penyakit kutu air.

Cara Alami Mengatasi Kutu Air

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri dan tentu saja mampu membunuh jamur dipermukaan kulit yang menyebabkan kutu air. Caranya sangat mudah haluskan dengan ditumbuk atau menggunakan blender, setelah halus oleskan pada permukaan kulit yang terdapat kutu air, lakukan cara ini rutin dan dalam seminggu kutu air akan hilang.

Garam
Bumbu dapur ini juga ampuh dalam membunuh jamur yang menyebabkan kutu air, namun pengobatan yang satu ini cukup perih di kulit namun ampuh untuk mengobati kutu air. Caranya sangat mudah siapkan baskom dan tuangkan air yang sekiranya cukup untuk merendam kaki anda (jika kaki yang terkena kutu air. Lalu tambahkan 3 sendok makan garam, aduk dan rendam kaki anda didalamnya selama kurang lebih 10 menit.

Singkong atau ubi
Singkong atau ubi yang terkenal sebagai bahan utama keripik singkong ini bisa juga untuk mengobati kutu air. Caranya haluskan atau parut singkong lalu oleskan pada kaki hingga parutan singkong mengering lalu basuh menggunakan air bersih. Lakukan tiga hari berturut turut menjelang anda akan pergi tidur.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara