Tips & Cara Efektif Melatih Kesabaran

Posted By : Posted on - 5:22:00 PM with 3 comments

Melatih kesabaran - Kesabaran sangat berguna dalam kehidupan kita, dengan memiliki kesabaran anda akan lebih bisa berpikir positif, memiliki dan memahami bahwa setiap rencana membutuhkan suatu proses untuk berhasil, sanggup bertahan disaat banyak ujian dan hambatan dan manfaat lain dalam hidup anda. Tidak mudah memang menjadi orang yang sabar apalagi dizaman yang serba modern seperti saat ini, segala hal yang serba praktis ini.

Namun perlu diingat bahwa sabar bukan berarti untuk malas melakukan sesuatu atau menunda sesuatu hal, Jangan gunakan kesabaran sebagai dalih untuk melarikan diri dari hal-hal yang seharusnya anda selesaikan.  Sabar merupakan artian positif jadi bukan berarti lelet atau menunda nunda, ataupun tidak melakukan usaha atau perubahan. Jika anda bersabar, maka selalu ada unsur positif di balik tindakan menunda yang anda lakukan.  Namun jika anda menunda hanya karena rasa malas, dan tidak ada hal positif yang didapatkan di balik penundaan tersebut, maka hal itu sama sekali bukan merupakan tindakan yang sabar, dan justru harus dijauhi karena sangat tidak produktif. Nah berikut ini tips untuk melatih & meningkatkan kesabaran anda.


Tips & Cara Efektif Melatih Kesabaran

Selalu berpikir positif
Berpikir positif bisa melatih kesabaran anda. Berpikirlah positif bahwa kita hanya manusia biasa yang hanya bisa terus berusaha namun tetap segala hasilnya adalah Tuhan yang tahu. Dengan demikian ketika anda mengalami kegagalan tidak lantas membuat anda down. Anda akan tetap bersabar dan bertahan serta terus berusaha keluar dari kegagalan anda.

Segala hal memerlukan proses
Sadari bahwa semua hal membutuhkan proses hal ini akan meningkatkan kesabaran anda, jangan terburu buru dengan segala sesuatu, ikuti proses karena semua hal berjalan mengikuti proses dengan demikian anda anda akan menghargai waktu yang anda punya dan melakukan hal hal terbaik untuk keberhasilan anda.

Lupakan emosi anda
Emosi merupakan hal yang membuat rasa kesabaran anda hilang, tetap tenang dan pikirkan semua hal dengan pikiran jernih dan ingatlah bahwa menyelesaikan segala hal dengan emosional justru membuat segalanya menjadi sulit dan hasil yang tidak seperti anda inginkan.

Ikhlas menerima cobaan
Manusia hidup adalah ujian, dia yang mampu bertahan dari kerasnya hidup maka keberhasilan akan mendatanginya. Iklas dan menerima segala bentuk ujian, hambatan maupun halangan akan melatih meningkatkan kesabaran anda. Namun iklas dan menerima bukan berarti anda hanya harus diam saja mengahadapi halangan yang ada, anda tetap harus berusaha untuk mengatasi segala hal dengan iklas.

Berlatih
Berlatih meningkatkan kesabaran bisa dengan hobi hobi tertentu seperti mancing, bermain teka teki, game strategi dll.

Istirahat yang cukup
Loh apa hubungannya, pasti kesan seperti itu yang anda tangkap. Oke kita bahas bersama sama secara medis menunjukkan bahwa orang dengan cukup tidur memiliki pikiran yang lebih rileks dan memiliki pikiran lebih fokus itu berarti dengan pikiran yang nyaman, bahagia dan fokus anda terhindar dari stres, padahal seperti anda ketahui bahwa tingkat stres mempengaruhi rasa sabar yang anda miliki.

3 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara