Cara Mengatasi Laptop / PC Tiba-Tiba Blank

Posted By : Posted on - 12:31:00 AM with 7 comments

Cara mengatasi pc ngeblank - Pernahkan komputer anda ngeblank namun mesin CPU tetap menyala seperti biasa. Itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor sepeti RAM, Baterai CMOS, kabel VGA, fan atau kipas prosesor dan lain lain. Sebenarnya masalah tersebut cukup sederhana untuk mengatasinya sendiri dirumah sebelum anda membawa PC atau laptop anda ke tukang service komputer. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, nah jika cara cara ini tidak berhasil maka kemungkinan ada kerusakan hardware lebih lanjut segera hubungi tukang reparasi komputer anda:

cara mengatasi layar komputer blank, tapi mesin cpu menyala normal
Layar komputer blank. Img credit: wikipedia.org

Mengatasi PC blank Tapi CPU masih Menyala

Matikan komputer
Komputer atau layar laptop ngeblank juga bisa disebabkan oleh tidak bekerjanya beberapa sistem di CPU. Cara paling sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mematikan komputer, melepaskan kabel CPU dari kontak listrik dan diamkan selama paling tidak 10 menit lalu hidupkan lagi komputer anda. Pada laptop anda cukup mematikan laptop dengan melepaskan baterai laptop diamkan selam kurang lebih 10 menit lalu pasang kembali.

Masalah Kabel VGA
Masalah kabel VGA yang kendor ataupun kotor sering menyebabkan komputer tiba tiba blank hitam pada monitor namun mesin CPU masih menyala, nah cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan coba cek kabel VGA anda yang menyambung ke monitor dengan mengecek apakah sudah menancap dengan benar, bersihkan kaki kaki kabel VGA atau bersihkan jika kemungkinan ada kotoran yang mengganggu kinerja VGA. Atau mungkin saja kabel VGA anda sudah rusak dan sudah waktunya untuk diganti cara sederhana untuk mengecek apakah kabel VGA anda rusak adalah dengan memasangkan kabel VGA anda ke komputer lain yang normal atau masih baik , nah jika blank masih terjadi maka kemungkinan kabel VGA anda rusak.

RAM bermasalah 
Layar komputer atau laptop yang tiba tiba geblank tetapi CPU masih berjalan normal bisa disebabkan oleh RAm yang bermasalah, anda bisa mengatasinya masalah tersebut dengan cara cara dibawah ini:

  • Matikan CPU dan Copot ram anda dan bersihkan dari kotoran dengan menggunakan penghapus pensil pada kaki ram yang berwarna keemasan, gosok secara perlahan dan menerapkannya kembali pada tempatnya semula.
  • Jika masalah belum terselesaikan maka anda bisa merubah tempat RAm, biasanya komputer atau laptop memiliki 2 tempat pengakses Ram maka anda bisa mengubah tempat semula, jika ram di sebelah kanan ganti dengan menempatkannya pada sebelah kiri ataupun sebaliknya.
  • Nah jika kedua hal tersebut telah anda lakukan tapi masih saja komputer anda ngeblank maka kemungkinan ram anda mati, cara mengeceknya sama seperti poin pertama yaitu dengan menempatkannya pada komputer lain jika tetap tidak ada perubahan berarti kemungkinan ram anda mati.

Baterai CMOS bermasalah
Baterai CMOS bermasalah atau habis daya masa paki juga bisa menyebabkan layar komputer atau laptop tiba tiba ngeblank tetapi mesin komputer masih menyala normal. Dengan melepas baterai CMOS berarti anda harus mereset bios secara otomatis jika baterai cmos diganti atau dilepas. Cara sederhana melakukannya adalah dengan melepas baterai CMOS dan diamkan selam kurang lebih 10 menit lalu pasang kembali, nah jika cara ini sudah dilakukan tapi komputer masih bermasalah maka kemungkinan baterai CMOS anda perlu diganti, harganya cukup murah kok. Hidupkan komputer lalu sebelum load tekan F2, F4 atau F8 tergantung merek dan spesifikasi komputer anda untuk mengatur setingan BIOS.

7 comments:

  1. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Thanks sob untuk informasinya :)
    http://goo.gl/QYI8Bm

    ReplyDelete
  3. OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah daftar agen wisata karimunjawa resmi & terpercaya Daftar Agen Wisata dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete
  4. klau benerin pc yg separo normal yg separo lagi hitam bergaris ada merah, biru, kuning itu gimana....?
    please yg tau bantu....

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara