Cara Agar Tidak Mengantuk & Terasa Malas

Tips Agar tidak mengantuk - Mengantuk dan merasa malas merupakan hambatan bagi seseorang untuk beraktifitas. Mengantuk dan malas bisa disebabkan oleh kurangnya beristirahat, badan tidak fit, letih, kecapekan, gejala anemia dll. Ada beberapa cara sederhana untuk mencegah kantuk dan malas dengan cara cara sederhana. Dengan begitu anda akan kembali bersemangat dan tidak merasa mengantuk lagi.

Mengantuk disaat jam jam bekerja atau belajar tentu saja akan menghambat produktifitas kita dan jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan malas. Nah berikut adalah tips tips sederhana untuk menghilangkan rasa kantuk dan rasa malas.

tips mengatasi kantuk dan malas
Mengantuk & malas. Img credit: Flickr.com

Cara Agar Tidak Mengantuk

Minum kopi atau teh
Kafein dalam kopi mampu mengusir kantuk dan membuat otak tetap terjaga. anda bisa meminum kopi ini untuk menghilangkan kantuk namun perlu untuk diperhatikan agar jangan terlalu banyak meminum kopi karena akan mengganggu kualitas tidur, siklus, waktu tidur dan tentunya efek kesehatan secara umum. Maksimal 2 gelas kopi perhari merupakan ukuran ideal yang disarankan para pakar kesehatan.

Cukup tidur
Dengan cukup tidur itu akan membuat badan anda terasa fit dan tentu saja anda tidak merasa malas dan mengantuk. Idealnya seseorang membutuhkan istirahat 7-8 jam perhari.

Cukup berolahraga
Berolahraga merupakan salah satu hal terpenting untuk mencegah gangguan kesehatan pada tubuh kita sehingga kita merasa sehat dan fit. orang dapat dikatakan sehat jika semua organ tubuh dapat bekerja secara normal dan sistem dalam tubuh berjalan normal. Nah untuk mencapai itu semua anda harus berolahraga secara teratur maka tubuh anda akan measa fit dan tidak mengantuk atau merasa malas. 20 menit perhari merupakan berolahraga yang banyak dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

Mencuci muka
Nah tips sederhana saat anda merasa mengantuk dan merasa malas adalah dengan mencuci muka tangan maupun kaki anda. Hal ini akan membuat anda merasa terjaga dan kembali bersemangat.

Berjalan sebentar
Jika anda merasa ngantuk dan malas karena kebanyakan duduk anda bisa bangkit ari tempat duduk anda dan berjalan jalan sebentar diluar. Akan lebih efektif lagi kalau anda berjalan dibawah sinar matahari minimal 5 menit.

Cukup minum air putih
Rasa kantuk dan malas juga disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Nah agar tubuh anda terhidrasi secara maksimal maka perbanyak minum air putih untuk mencegah tubuh kekurangan cairan. Minum 8-9 gelas perhari atau 1,5 liter air putih perhari akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Makanan ringan
Dengan cara ngemil atau memakan makanan ringan juga terbukti membuat anda tetap terjaga.

Mengkonsumsi zat besi
hal ini jika anda menderita gejala anemia. Kekurangan sel darah juga bisa menyebabkan rasa kantuk dan malas. Untuk itu perbanyak konsumsi zat besi dalam asupan makanan anda seperti sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, sawi dan beberapa makanan laut seperti kerang, salmon dan beberapa kacang kacangan. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara