sponsored ads

Tips Membina Hubungan Awet & Langgeng

Posted By : Posted on - 10:32:00 AM with No comments

Tips membina hubungan - Setiap orang didunia ini jika ingin serius menjalin hubungan pasti berharap agar hubungan tersebut berlangsung langgeng dan awet. Tidak terkecuali bagi mereka yang masih berpacaran maupun yang sudah menikah atau membina sebuah keluarga. Sekarang ini kita mendengar banyak sekali kasus perceraian yang disebakan masalah yang sebenarnya cukup sepele. kali ini saya akan berbagi tips bagaimana menjalin sebuah hubungan agar berjalan awet dan langgeng. Jika anda menemukan orang yang anda anggap tepat dan ingin menjalin sebuah hubungan yang serius maka diperlukan pengetahuan yang membuat anda akan semakin lebih baik lagi dalam mebina sebuah hubungan.

Tips Membina Hubungan Awet & Langgeng

Tips Membina Hubungan Awet & Langgeng

Kepercayaan & Keterbukaan
Kepercayaan adalah yang pertama dan wajib dan merupakan hal yang paling penting untuk keberhasilan hubungan jangka panjang apalagi jika anda berhubungan jarak jauh atau LDR (long distance relationships). Tanpa kepercayaan mana mungkin anda atau pasangan anda mampu membina sebuah hubungan, jika tidak ada rasa saling percaya hal tersebut akan menyulut rasa curiga, cemburu, ketergantungan yang berlebihan. Nah kepercayaan pada pasangan ini akan terwujud jika ada rasa keterbukaan diantara pasangan. jadi kepercayaan dan keterbukaan merupakan hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Komunikasi
Komunikasi merupakan lanjutan dari proses kepercayaan dan keterbukaan. Anda bisa membangun kepercayaan dan keterbukaan dengan komunikasi yang intens. Komunikasi merupakan benang yang mempererat sebuah hubungan baik secara fisik maupun mental. Dengan komunikasi yang baik anda dengan pasangan anda akan selalu terhubung erat dan mencegah keretakan hubungan akibat miscomunication.

Perhatian
Perhatian merupakan cara yang tepat untuk memberikan dorongan emosional dalam memperhatikan pasangan. Perhatian ini bisa diberikan dengan berbagai cara sebagai contoh dengan memberikan hal hal yang romantis seperti memberikan bunga bagi pasangan anda, memasak bersama pasangan jenis makanan yang anda sukai, merawat pasangan jika pasangan sakit, memberikan dorongan saat pasangan down dll.

Kecocokan
Bagaimana anda bisa menjalin hubungan yang awet jika diantara anda tidak ada rasa saling kecocokan antara yang satu dan lain. Menurut Penulis Ronald Adler dan Russell Proctor II mengidentifikasi empat cara yang kita bisa merasa terhubung erat antara satu orang dengan pasangannya. Empat dimensi keintiman tersebut adalah kecocokan Fisik, Emosional, Intelektual, dan berbagi. Pertanyaan yang paling penting untuk ditanyakan adalah bagaimana cara agar anda dan pasangan anda merasa cocok satu dengan yang lain? Maka jawaban yang tepat adalah dengan menghargai segala kelebihan dan keurangan pada diri pasangan.

Manusia dicipatakan tidak ada yang memiliki sifat yang sama persisi, untuk itulah kenapa manusia diciptakan dalam sifat yang berbeda yaitu untuk bisa saling mengisi dan melengkapi.  Coba bayangkan jika anda memiliki sifat yang keras sementara pasangan anda juga memiliki sifat yang keras apa yang akan terjadi? Tentu akan banyak pertengkaran yang muncul karena tidak ada salah satu yang saling mengalah. nah solusi untuk mendapatkan kecocokan ini adalah dengan menghargai setiap kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri pasangan kita.

Dengan sifat saling menghargai, menerima segala kekurangan maka pasangan akan mampu melewati kesusahan maupun kesenangan secara bersama sama, bahkan mampu keluar dari krisis maslah yang bisa menyebabkan keretakan dalam hubungan.

Bagaimana memecahkan masalah
Jika seseorang memiliki masalah maka masalah tersebut juga masalah bagi pasangannya. Jika anda berdua mampu menyelesaikan masalah dalam hubungan anda berdua tanpa menunggu masalah tersebut lebih besar maka anda berdua akan baik baik saja dan mampu menghadapi setiap problematika dalam hidup secara lancar. Setiap maslah dalam sebuah hubungan baik itu masalah dalam berpacaran atau masalah dalam sebuah perkawinan itu merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi. Karena anda tahu bahwa manusia hidup itu pasti memiliki masalah entah itu masalah dari luar (eksternal) seperti ekonomi, lingkungan atau masalah dari dalam (internal) seperti cemburu, egois dll.  Jadi jika anda mampu menyelesaikan masalah dalam hal apapun itu dengan pasangan anda maka anda dapat mencegah konflik yang lebih luas lagi dengan pasangan anda.

Menentukan masa depan
Dengan menentukan masa depan dan rencana rencana kedepan dengan pasangan anda memberikan sinyal positif diantara pasangan untuk sama sama memiliki komitmen, tanggung jawab untuk mencapai tujuan dan bekerja keras demi kelangsungan hubungan dan akhirnya merasakan kebahagiaan bersama pasangan anda saat momentum keberhasilan dapat anda berdua capai.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara