8 Cara Tepat Memilih Jurusan Kuliah

Posted By : Posted on - 5:14:00 PM with 1 comment

Tips memilih jurusan kuliah - Jika anda saat ini ingin masuk bangku kuliah tentu saja sebelum anda mendaftarkan diri anda, sebelumnya anda telah memikirkan dengan matang jurusan kuliah apa yang ingin anda ambil. Kebanyakan saat ini orang akan mengambil jurusan kuliah yang dianggap elite tanpa memperhitungkan segala hal yang dibutuhkan. Bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan masuk ke perguruan tinggi tentunya harus sudah menyiapkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Beberapa anak  suka mengalami kendala dalam memutuskan utuk memilih perguruan tinggi mana dan memilih jurusan kuliah apa karena sebagian anak belum mengetahui bakat dan minatnya sendiri.

Kesalahan dalam mengambil sebuah jurusan kuliah dapat menyebabkan hal yang serius. Tidak sedikit kan sekarang ini memilih sebuah jurusan kuliah hanya agar dipandang "wah", ikut-ikutan teman, menuruti keinginan orang tua ataupun hanya karena mengikuti pacar (soalnya saya mengalaminya sendiri hehehhe...). Hal terpenting yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan kuliah adalah jurusan yang sesuai dengan kepribadian, minat, bakat serta potensi yang ada pada diri anda. Jika anda tidak menyesuaikan dengan hal hal tersebut berikut adalah dampak yang bisa ditimbulkan.

Cara Tepat Memilih Jurusan Kuliah

Dampak Kesalahan memilih Jurusan Kuliah

Masalah Psikologis
Bagaimana anda mempelajari suatu hal jika anda sendiri tidak menyukai atau enggan mempelajari hal tersebut. Pasti anda akan malas melakukannya, ataupun jika anda mau melakukannya pasti hanya setengah hati dan tidak serius. Suatu hal yang dilakukan secara terpaksa anda sudah pasti bisa menebak bagaimana hasilnya? Kok bisa terpaksa? ya bisa saja ada kan yang masuk jurusan kuliah hanya karena menuruti apa keinginan orang tua, saudara atau siapalah yang pasti bukan karena keinginan sendiri.

Masalah akademis
Maslah akademis ini muncul jika seseorang masuk jurusan kuliah hanya karena mungkin gengsi, ikut ikutan teman, kampus yang megah dan ternama namun efeknya adalah ketika anda tidak memiliki kemampuan yang sebenarnya bukan dalam bidang anda tentu saja anda akan kesulitan memahami materi, kesulitan memecahkan persoalan, ketidakmampuan untuk mandiri dalam belajar, dan buntutnya adalah rendahnya nilai indeks prestasi.

Masalah hubungan (relasional)
Salah memilih jurusan kuliah membuat anak tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ia merasa tidak mampu menguasai materi perkuliahan sehingga ketika hasilnya tidak memuaskan, ia pun merasa minder karena merasa dirinya bodoh, dsb hingga dia menjaga jarak dengan teman lain, makin pendiam, menarik diri dari pergaulan, lebih senang mengurung diri di kamar, takut bergaul karena takut kekurangannya diketahui, dsb. Atau, anak bisa jadi agresif karena kompensasi dari inferioritas di pelajaran. Karena dia merasa kurang di pelajaran, maka dia berusaha tampil hebat di lingkungan sosial dengan cara missal, mendominasi, mengintimidasi anak yang dianggap lebih pandai, dsb.

Nah setelah anda mengetahui apa dampak dampak yang bisa ditimbulkan jika anda salah dalam mengambil jurusan kuliah kali ini saya akan memberikan tips bagaimana memilih jurusan kuliah yang sesuai dan tepat untuk anda:

Cara Tepat Memilih Jurusan Kuliah

Cari informasi yang anda butuhkan
Cari informasi yang akurat tentang jurusan kuliah yang ingin anda ambil. Mulai dari biaya yang harus anda keluarkan, bagaimana mata kuliah yang diberikan, bagaimana mutu dan kualitas jurusan yang anda ambil, predikat kuliah yang anda ambil bagus atau tidak, bagaimana dosennya, komunitas dikampus, kualitas alumni, bagiamana prospek lulusan dan lain sebagainya.

Apa yang terbaik buat anda
Hanya anda lah yang paling mengerti apa yang terbaik buat kita. Anda akan merasa akan lebih baik kalau anda sudah mantap dan yakin dengan pilihan anda, sehingga anda bisa menyusun rencana-rencana yang akan anda lakukan selama kuliah dengan lebih baik.

Menyadari
Menyadari bahwa jurusan yang dipilih hanya merupakan salah satu anak tangga awal dari dari proses pencapaian karir. Anda perlu tahu realitanya, bahwa jurusan yang dipilih tidak menjamin kesuksesan masa depannya. Jangan dikira bahwa dengan kuliah di jurusan tersebut maka hidupnya kelak pasti akan sukses seperti yang di iklankan.

Sesuai dengan Minat
Minat maupun kemauan adalah salah satu faktor yang paling penting ketika anda ingin memilih suatu jurusan. Bayangkan bagaimana anda akan menekuni jurusan yang sama sekali tidak anda sukai selama empat tahun! Tentu hal itu adalah hal yang tidak menyenangkan? namun anda akan melewati masa masa kuliah menjadi sangat menyenangkan dan tidak ada beban ketika anda menyukai dan berkemauan dengan jurusan kuliah yang anda ambil.

Sesuai dengan Kemampuan
Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kemampuan dan minat siswa yang bersangkutan. Jika seorang siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatnya, maka dirinya akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah, namun jika dirinya tidak memiliki kemampuan dan minat dalam jurusan yang dipilih, bisa mempengaruhi  motivasi belajar seperti yang telah dijelaskan di atas. Coba anda nilai dirimu sendiri dalam hal performance dan prestasi di sekolah. Nah di kuliah anda akan lebih banyak harus menguras tenaga dan pikiran anda karena materi materi yang diberikan jelas akan menguras pikiran anda. Namun jika anda sudah memiliki dasar bakat atau kemampuan sejenis dalam menentukan sebuah jurusan hal itu tdak akan menjadi masalah.

Sesuaikan dengan cita cita anda
Jika anda bercita cita menjadi seorang dokter kelak dikemudian hari, tidak lucu kan jika anda mengambil jurusan hukum untuk mencapai cita cita anda! Setiap orang pasti memiliki cita-cita. Jika anda bercita-cita menjadi psikolog maka sebaiknya memilih jurusan psikologi bukan jurusan sosiologi atau yang lainnya. Pelajari bidang studi yang mempunyai beberapa proses. Misalnya, anda kelak ingin menjadi dokter bedah, maka terlebih dahulu harus menjalani kuliah di kedokteran umum.
  
Motivasi
Didalam kehidupan orang untuk mencapai sukses tentunya dibutuhkan sebuah motivasi yang mendorong seseorang untuk berbuat yang lebih baik. Sulit rasanya buat saya kalau disuruh membayangkan kuliah tanpa motivasi, tanpa tujuan, tanpa arah yang jelas setelah lulus kita mau apa. Selama ini saya sempet ketemu beberapa teman disini yang hampir setiap hari mengeluh mereka udah nggak punya motivasi lagi untuk kuliah. Alasannya sederhana: mereka merasa salah pilih jurusan. Ketika anda berhasil membuat beberapa nominasi jurusan yang anda minati, coba anda bertanya pada diri anda sendiri, apa yang memotivasi anda untuk memilih jurusan itu? Apakah pilihan kamu murni didasari oleh minat, bakat, dan personal values kamu? Atau kamu memilih jurusan itu hanya semata-mata tekanan dari orang tua atau teman-teman sekitar? Tentunya anda pasti pernah mendengar orang-orang yang akhirnya end up di jurusan yang kurang mereka sukai, hanya karena sebagian besar teman-teman dekatnya memutuskan mau mendalami jurusan itu.

Menyiapkan beberapa alternatif
Alangkah baiknya jika anda memiliki lebih dari satu alternative untuk menjaga jika dirinya tidak masuk di alternative pertama, maka masih ada kesempatan di alternative berikutnya. Pemilihan alternative studi harus pun diupayakan yang masih sesuai dengan minat dan kemampuan anda, bukan karena pilihan yang paling besar kemungkinan diterima padahal tidak sesuai minat.

1 comment:

  1. sebelum pilih jurusan sebaiknya dipikirkan dulu jangan ikut-ikutan apalagi asal-asalan yang penting kuliah. Jurusan itu penentuan masa depanmu jadi hati-hatilah

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara