sponsored ads

Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang

Posted By : Posted on - 3:34:00 PM with No comments

Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang - Gugup (demam panggung) merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang, kelihatannya memang mudah tapi saat anda benar-benar dihadapkan dengan orang banyak dan harus berbicara mungkin keberanian anda akan menghilang. Apa yang anda rencanakan sebelumnya seolah-olah buyar dan keberanian anda saat sebelum naik panggung ataupun mimbar seolah-olah menghilang. Berbicara memang mudah, siapa saja mampu melakukannya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa berbicara. Tetapi berbicara di depan umum terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Banyak yang selalu merasa gugup ketika sedang berbicara di depan umum.

Bahkan seorang yang sangat percaya diripun jika pertama kali harus berhadapan dengan banyak orang dan berbicara di depan mereka akan gugup melakukannya. Memang diperlukan banyak latihan untuk menghadapi hal ini. Suka ataupun tidak ada saatnya nanti harus melakukannya ntah itu di rapat kerja, rapat organisasi, saat presentasi, sambutan dan lain sebagainya. Berikut Tips untuk menghadapi rasa gugup di hadapan banyak orang, atau berbicara dengan mereka.

Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang

Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum

Hilangkan Pikiran Negatif
Saat anda akan naik panggung atau mimbar ataupun menunggu giliran berbicara pasti memiliki pikiran negatif entah itu bagaimana kalau banyak orang bertanya dan saya tidk mampu menjawab, bagaimana kalau saya salah bicara ataupun pikiran nehgatif lain. Untuk itu hilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu di benak anda, pikirkan saja yang positif sebagai contoh saja anggap anda berbicara dihadapan teman teman anda sehingga pikiran anda tidak tegang.

Kuasai materi
Jika anda harus berbicara banyak hal di hadapan banyak anda harus mengetahui dengan baik topik apa yang akan anda bicarakan, sehingga jika ada yang meminta suatu penjelasan atau pertanyaan anda dengan mudah menjawabnya. Salah satu yang membuat gugup orang di depan panggung ataupun mimbar adalah ketidak bisaan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pelajari dengan baik materi yang akan disampaikan.

Anggap Hadirin Sebagai suatu barang
Pernah pengalaman saya sendiri, saya disarankan oleh dosen saya untuk menganggap semua hadirin itu sebagai batu atau pohon atau barang lain. Sebenarnya hal pertama yang timbul di benak saya itu hal yang konyol dan aneh, namun setelah saya praktekkan ternyata benar juga. Dlam pikiran saya anggap hadirin adalah sesuatu barang yang ada di rumah saya, benar saja saya dapat menyampaikan materi dengan jelas dan lancar, sayapun dapat memberikan penjelasan dengan benar karena saya menganggap hal itu sebgai suatu yang setiap hari saya lihat dirumah.

Hindari kontak mata.
Hindari kontak mata memang hal yang sangat jitu untuk menghadapi rasa gugup ini, bukan berarti anda harus memalingkan wajah terhadap para audience lho? Setiap mata pasti melihat kearah anda sebagai pembicara dan itu yang menimbulkan kegugupan anda, anda harus menatap semua hadirin namun hindari kontak mata langsung anda bisa melihat jidat atau rambut audience anda saja untuk menghadapi rasa gugup.

Atur Pernapasan
Anda dapat berlatih nafas beberapa menit sebelum mulai tampil di depan umum. Cara ini saya buktikan sangat ampuh menghilangkan gugup saat berbicara. Percaya atau tidak olah napas yang benar memberikan efek nyaman pada pikiran anda, jika anda merasa rileks dan santai tentu saja anda tidak akan merasa gugup. Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskan dengan perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut berkali-kali maka nafas anda akan membaik dan anda bisa berbicara dengan lancar nantinya. Olah napas berguna untuk ketenangan pikiran & kesehatan.

Latihan kontinue
Pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Dari pengakuan seorang teman saya seorang MC berpengalaman ternyata mereka masih juga merasa gugup ketika akan berbicara di depan umum memenuhi undangan pelaksana. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda dapat berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma. Atau anda bisa berlatih berbicara di teman teman sebaya anda atau teman kampus, sekolah atau didepan keluarga atau sanak saudara.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara