sponsored ads

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Flashdisk

Posted By : Posted on - 4:12:00 PM with 5 comments

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Flashdisk
Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Flashdisk - Sering kali kita mengalami berbagai macam kerusakan pada flash disk kita, padahal di dalam flashdisk ada file yang penting seperti tugas kuliah, laporan data, presentasi maupun hal penting lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit tentang berbagai macam kerusakan pada flashdisk dan cara mengatasinya. Namun sebelum mencoba mengatasinya cobalah menggunakan flashdisk yang diduga bermasalah di komputer lainnya terlebih dahulu, jika dikomputer lain juga terdeteksi bermasalah berarti flashdisk memang terindikasi rusak, namun jika di komputer lain flash disk tidak bermasalah berarti kerusakan bukan pada flash disk anda mungkin pada port usb komputer anda.

Nah sebelum ke hal selanjutnya lebih dahulu kita harus mengetahui macam kerusakan pada flshdisk. Kerusakan pada flash disk dibagi menjadi 2 yaitu kerusakan pada fisik flashdisk hardware seperti penyok, pecah, sistem port putus, atau terbakar karena konsleting kebocoran port usb. Dan kerusakan program dalam flashdisk (software) seperti tidak terbaca, terbaca namun tidak bisa mengubah, menambahkan atau menghapus filenya, tidak bisa diformat dan lain-lain. Nah berikut adalah kerusakan yang sering terjadi pada flashdisk dan cara mengatasinya:

1. Flash disk tidak bisa terbaca Sama Sekali.
Sebelumnya cek dulu dikomputer lain, jika dikomputer lain terbaca maka yang rusak adalah port usb komputer anda, jika di komputer lain tetap tidak terbaca dan tidak menunjukkan respon apa-apa maka coba dicek menggunakan software yang bisa ditemukan di internet seperti usb repair atau Hp Drive Boot Utility, lakukan pengecekan dan perbaikan namun jika tidak juga berhasil bisa dipastikan flashdisk anda rusak. Kerusakan bisa terjadi karena rangkaian terbakar, rangkaian kaki port rusak dan lain sebagainya.

2. Flashdisk Tidak Terbaca & Keluar Tulisan "USB Device not recognized".
  • Sobat bisa Buka Control Panel dan kemudian pilih Device Manager. Atau bisa juga klik kanan My Computer dan pilih Properties, Lalu sobat bisa pilih menu Device Manager. Atau dengan cara lain sobat bisa ketikan Devmgmt.msc di menu Run dan kemudian klik OK, selanjutnya dari window yang muncul sobat bisa pilih Device Manager
  • Kemudian Pilih “Universal Serial Bus Controllers” ( biasanya ada pada di bagian paling bawah), dan kemudian klik dua kali.
  • Kemudian Klik kanan dari daftar yang ada kata-kata “Host Controller” kemudian sobat bisa pilih Uninstall. Lakukan hanya satu persatu, yang perlu diingat yaitu yang ada kata “Host Controller” saja, kecuali ada masalah dengan port USB lainnya (sesuai dengan di daftar yang ada)
  • Setelah selesai melakukan peng uninstallan kemudian sobat bisa Restart, maka Windows akan otomatis melakukan installasi ulang driver USB di komputer
  • Namun Jika setelah restart windows tidak bisa melakukan installasi ulang driver USB tersebut, maka sobat bisa buka kembali Device Manager, dan kemudian klik kanan “Universal Serial Bus Controllers” kemudian klik menu “Scan for hardware changes”. Maka secara otomatis windows akan mencari penginstallan dari USB. Biasanya dalam langkah ini bisa mengatasi masalah USB tidak terdeteksi.
3. Flashdisk Terbaca Namun Kapasitas Berubah
Kadang flshdisk terbaca 0 byte atau berkapasitas banyak padahal file yang kita masukkan hanya sedikit, solusinya adalah download software "USB Repair" kemudian jalankan programnya untuk memperbaiki file tersembunyi, eror dan kerusakan lain.

4. Flashdisk Terbaca Namun tidak bisa Digunakan.
Jika flashdisk anda terbaca, bisa dibuka namun tidak bisa dijalankan atau menambahkan atau mengurangi file maka peneyebabnya adalah virus yang mungkin masuk dalam flashdisk anda, solusinya adalah scan flashdisk anda menggunakan antivirus yang ada di komputer anda, namun jika penyebabnya bukan virus dan flash disk anda tetap tidak bisa maka formatlah flashdisk anda.

5. Flashdisk Terbaca Namun tidak bisa di Format
Nah kadang flashdisk terbaca namun saat kita akan memformatnya kadang tidak bisa dilakukan maka solusinya adalah download Usb Repair atau Hp drive Boot Utility ataupun program lainnya yang banyak ditemukan di internet untuk memperbaiki dan memformatnya.


5 comments:

  1. flsh dsk sya awal kapasitas awal 16gb tpi jadi 4mb kenapa?

    ReplyDelete
  2. mas fadel Itu karena memori error mas, solusinya download aplikasi Usb repair dan jalankan aplikasinya untuk scan flash disk, semoga membantu.............

    ReplyDelete
  3. Kalo flashdisk ku terendam air kemudian malahan dicolok ke pc komputer itu kan malah jadi konsleting pada flasdisk. Itu bisa diperbaiki nggak kak?

    ReplyDelete
  4. mas punya saya copy foto dari laptop setelah itu di buka di laptop lain tetapi malah ketika di buka "gambar tidak valid" itu kenapa?dan bagaimana cara mengatasinya agara gambarnya bisa terlihat lagi

    ReplyDelete
  5. mas punya saya flashdisknya habis terkena air kerendam di mesin cuci terus habis itu saya keringin airnya sudah keluar dan saya coba ke hp saya bisa pas kedua kalinya tidak bisa itu kenapa ya dan bagaimana cara mengatasinya

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara