Tips Menghilangkan Bau Pesing Di WC Atau Toilet

Kamar mandi atau Wc merupakan tempat yang tidak jauh dari bau bauan yang tidak sedap atau bau pesing apalagi kita jarang sekali membersihkannya. Namanya juga toilet tempat yang biasa digunakan untuk membuang air seni maupun kotoran. Nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana mengatasi bau toilet atau wc yang tidak sedap, sehingga bau pesing maupun bau yang tidak sedap lainnya mengganggu kenyamanan keluarga anda, khususnya toilet yang letaknya tidak jauh dari ruangan rumah anda, cukup mengganggu bukan? Kuman dan bakteri di toilet memicu bau tak sedap dan merugikan kesehatan penghuni rumah.

bau pesing ditoilet

Selain menimbulkan bau yang tidak sedap wc atau toilet yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang penyakit. Berikut adalah tips bagaimana mengatasi bau yang tidak sedap dari wc atau toilet dirumah anda dengan tips yang sangat mudah dan sederhana:

Pastikan Wc atau toilet dirumah anda selalu terjaga kebersihannya.
Wc yang bersih dan terjaga kebersihannya akan meminimalkan bau. Karena secara umum bau pesing atau bau yang tidak sedap itu muncul karena sisa kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan akan memunculkan bau yang tidak sedap. Anda dapat membersihkan toilet atau wc dengan bahan bahan efektif seperti dibawah ini:

  • Karbol merupakan pembersih toilet yang standar. Anda juga bisa memakai disinfektan yang mengandung karbol untuk sekaligus menjadi pengharum toilet.
  • Penghilang kerak kapur dan serbuk yang mengandung bahan pembersih yang ampuh seperti boraks cocok untuk membersihkan secara mendalam atau untuk mengatasi noda yang sangat membandel.
  • Sikat toilet dengan bulu-bulu berbahan plastik lebih baik daripada yang berbahan kawat agar tidak menggores permukaan keramik wc toilet.
  • Tisu basah atau tisu lap yang dibasahi cairan pembersih lebih baik daripada kain untuk mengelap bagian luar toilet. Tisu bisa langsung dibuang sehingga tidak menyebarkan kuman toilet ke benda-benda lain.

Pastikan wc atau toilet memiliki sirkulasi udara yang baik
Wc atau toilet yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik akan menjadikannya lebih lembab sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap atau bau pesing. Pastikan wc atau toilet memiliki sirkulasi udara yang baik akan membantu meminimalkan bau yang tidak sedap.

Gunakan pengharum
Pengharum ruangan bisa anda gunakan untuk meminimalkan bau pesing atau bau yang tidak sedap lainnya di wc atau toilet, anda juga bisa menggunakan kamfer atau kapur barus untuk menghilangkan bau pesing ditoilet atau kamar mandi.

Baca juga:
Mengatasi kerak membandel ditoilet
Mengatasi wc mampet

Cara menghilangkan bau WC dengan pembersih toilet alternatif

Terdapat sejumlah bahan di rumah yang terbukti bermanfaat sebagai alternatif pembersih dan pengharum toilet. Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang kemungkinan meminum air di dalam toilet atau jika Anda ingin menghindari pemakaian terlalu banyak bahan kimia di sekitar anak-anak, kedua bahan berikut ini bisa Anda coba.

Cuka
Cuka efektif untuk menghilangkan noda dan bau. Tuangkan 3 cangkir cuka ke dalam mangkuk toilet untuk menutup seluruh permukaannya sebisa mungkin, lalu gosok memakai sikat WC. Sebagai langkah perawatan, 2 cangkir cuka yang disiramkan ke dalam toilet sekali dalam sebulan mampu mencegah kerak kapur.
   
Minuman bersoda
Minuman kola juga ampuh membersihkan toilet karena zat asamnya mampu membunuh bakteri dan gelembung-gelembung udaranya membantu meluruhkan kerak kapur. Siramkan minuman kola di sepanjang pinggiran bagian dalam dan mangkuk toilet dan diamkan selama satu jam atau hingga semalaman jika mungkin.

Menggunakan arang
Arang mengandung bahan karbon yang sangat baik untuk menyerap bau yang tidak sedap di wc anda. Cukup letakkan beberapa potongan arang diwc anda.

Ampas kopi
Bauan yang khas pada bubuk kopi juga sangat baik untuk menyerap bau yang tidak sedap dikamar mandi. Cukup taburkan bubuk kopi di area wc atau toilet yang sebelumnya telah dibersihkan, diamkan beberapa saat lalu guyur menggunakan air bersih, dijamin bau pesing dan bau yang tidak sedap lainnya akan hilang.

Cara terbaik mengendalikan noda dan bau toilet adalah dengan membersihkannya setiap hari. Rendam sikat toilet di dalam larutan sabun atau larutan pembersih toilet sehingga selalu siap pakai untuk menggosok toilet secara rutin. Tempatkan tisu basah sekali pakai di dekat toilet duduk untuk mengelap dudukan, tutup, dan bagian-bagian toilet secara berkala.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara