Usir Nyamuk, Tikus, Kecoa, Semut Dengan Cara Ini

Mengusir kecoa, nyamuk, semut dan tikus bisa dilakukan tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Kita bisa mengusir binatang-binatang pengganggu tersebut menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam sehingga tetap aman untuk lingkungan sekitar.

Bahan bahan reppellent atau pengusir serangga atau hama umumnya mengandung DEEt N, N-Dietil-meta-toluamida, juga disebut DEET (/ diːt /) atau dietiltoluamida, yang tentu saja sangat buruk untuk kesehatan keluarga anda, nah gunakan bahan bahan alami dibawah ini untuk mengusir serangga - serangga/ hama pengganggu dirumah anda seperti tikus, kecoa, semut maupun nyamuk dengan tips dibawah ini:

Cara efektif usir Kecoa

Cara efektif usir Kecoa
  • Gunakan merica butir & tumbuk halus, taruh merica di kain kasa & ikat dengan karet gelang. Letakkan di tempat 2x yang banyak kecoaknya, di jamin kecoaknya kapok.
  • Caranya,Buat seikat kumpulan daun salam dan letakkan dekat lubang atau retakan dimana kecoa biasa bertelur dan membentuk sarang. Jika kecoa juga mengganggu pakaian dan buku Anda, letakkan lembaran daun salam ke dalam tempat-tempat tersebut  juga.
  • Kecoa sering sekali bersembunyi dalam pipa pembuangan air. Buat larutan campuran antara amonia dan air kemudian siramkan dalam larutan pembuangan untuk membersihkan pipa. Bau amonia yang sangat menyengat akan mencegah kecoa bersarang di pipa tersebut.
  • Kapur barus dapat sangat efektif untuk memerangi serangga termasuk juga kecoa. Letakkan beberapa kapur barus di tempat-tempat yang Anda inginkan bebas dari kecoa.Selalu berhati-hati dalam penggunaan benda ini, jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Semprotkan minyak mint langsung ke kecoa atau di pojok-pojok dapur dan kamar mandi tempat kecoa biasa bersarang. Tips ini tidak langsung bekerja dengan cepat seperti metode yang lainnya, namun karena sifatnya alami dan tidak beracun dapat membantu mengusir kecoa.
  • Larutan yang biasanya digunakan sebagai antiseptik untuk berkumur ini dapat juga bekerja sebagai desinfektan di rumah Anda.  Larutkan mouthwash dengan air dan semprotkan ke pojok atau dinding tempat kecoa biasa bersarang.
  • Masukkan makanan dalam toples bening dengan bagian dalam toples dilumuri dengan grease. Biarkan semalam. Kecoak akan terperangkap ke dalam toples karena dinding yang licin oleh grease.
  • Pemutih adalah jenis desinfektan umum yang biasa ada di rumah. Larutkan ke dalam air dan tuangkan ke atas lantai atau bak cuci dapur. Kecoa akan meninggalkan sarangnya di pipa pembuangan, dapur dan tempat-tempat lainnya.
  • Lemon memiliki sifat anti pathogenic atau mencegah pertumbuhan bakteri. Tambahkan perasan jeruk lemon kedalam air saat mengepel bagian rumah Anda. Kuman dapat mati dan kecoa akan pergi karena tidak tahan dengan baunya.
  • Taburkan boraks di sudut-sudut, retakan, bak cuci dapur, pipa dapur dan kamar mandi dan biarkan semalam. Kecoa yang berkeliaran di malam hari akan melakukan kontak dengan boraks dan akan mengeringkan bagian dalam tubuhnya dan sifatnya sebagai racun bagi kecoa. Tubuh kecoa yang sudah terkontaminasi boraks akan kembali ke sarang dan ikut menyebarkan racun tersebut di sana secara tidak langsung.
  • Buat larutan sabun yang pekat dan semprotkan langsung ke kecoa. Sebagian besar dari kecoa akan mati segera karena larutan sabun akan menyumbat pori-pori mereka yang membuat kecoa susah bernafas.
  • Buat campuran antara satu sdm lada, satu siung bawang putih, dan setengah bombay. Hancurkan dan tambahkan satu liter air. Tambahkan larutan sabun bila perlu, semprotkan ke dapur tempat kecoa biasa muncul. Dapat juga sebagai campuran untuk mengepel lantai karena kecoa akan tidak tahan dengan baunya.
  • Letakkan potongan timun dan letakkan di tempat-tempat kecoa sering muncul. Penggunaan metode ini cukup aman karena timun bersifat tidak beracun.

Cara efektif usir Nyamuk

Cara efektif usir Nyamuk
  • Gunakan minyak serai. Sekarang di jual seperti minyak kayu putih. Bisa di teteskan ke air untuk ngepel lantai & bau wangi serai akan mengusir nyamuk & tidak berani datang lagi, kalau dilakukan secara teratur. Atau bisa di teteskan pada bantal & guling, nyamuk lari, nggak berani dekat, tidur di jamin nyenyak.
  • Cara alami mengusir nyamuk yang pertama adalah menggunakan dau serai. Caranya: ambil daun serai, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. Diamkan kurang lebih 12 jam, kemudian saringlah daun serai yang diblender tadi, sehingga akhirnya menghasilkan cairan saja. Masukkan air serai tersebut ke dalam botol semportan, kemudian semprotkan ke berbagai sisi rumah anda. Jika ingin cara yang lebih praktis, anda bisa memakai ekstrak daun serai yang sudah jadi (berupa minyak ) dengan cara memercikkan cairan tersebut pada ruangan.
  • Kulit jeruk sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat mengusir nyamuk. Jika anda ingin mencobanya sendiri, caranya adalah dengan menaruh kulit jeruk kering di ruangan anda. Dengan begitu, selain memberi wangi alami pada ruangan juga mengusir nyamuk.
  • Anda bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan lavender dan ragi. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, juga ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, sehingga siap ditaruh di wadah dan disimpan di ruangan anda.
  • Ada beberapa jenis bunga yang memiliki wangi yang tidak dapat ditahan oleh nyamuk, yakni bunga krisan, geramary, rosemary dll. Caranya sangat mudah, yakni cukup menanam bunga krisan/geramary/rosemary di sekeliling rumah anda. Untuk cara yang lebih sederhana, jenis bunga rosemary yang berukuran kecil juga dapat ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan di ruangan dalam rumah.
  • Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diterapkan pada kulit. Caranya: campurakan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, oleskan pada tubuh anda. Selamat mencoba.
  • Bawang putih adalah obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh binatang ini. Anda mungkin tidak suka bau bawang, tapi karena baunyalah mengapa nyamuk menjauh. Bau kuat dan pedas dari bawang putih mencegah gigitan nyamuk dan mencegah mereka memasuki rumah anda. Caranya: sianpkan beberapa potong bawang putih, lalu rebus dalam air mendidih. Masukkan air rebusan tersebut ke dalam botol semprotan. Lalu semprotkan air bawang putih tersebut dalam ruangan/kamar. Jika anda tidak bermasalah dengan bawang putih, anda juga bisa menerapkannnya langsung ke kulit anda.
  • Cara sederhana untuk mengusir nyamuk adalah dengan bubuk kopi. Caranya pun sangat mudah, yakni taburkan bubuk kopi di area rumah dan sekitarnya yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen. Cara ini akan menghambat benih nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak. Sederhana bukan?
  • Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan tempat tidur.
  • Sudah tahukah anda bahwa nyamuk tidak tahan dengan bunyi tertentu? Yakni gelombang ultrasonik, gelombang suara dengan frekuensi di atas 20 kiloHertz yang bisa didengar oleh berbagai serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan terganggu dan akan segera menyingkir. Cara ini sudah banyak diadaptasi oleh penemuan-penemuan baru, anda langsung dapat memakainya. Salah satu penemuan alat pengusir nyamuk adalah robot O-Mos, temuan mahasiswa UGM, yang berupa lampu hias.

Cara efektif usir Semut

Cara efektif usir Semut
  • Gunakan air perasan jeruk nipis & celupkan di kain lap. Bersihkan di daerah 2x yang sering di lewati/jalur semut, semutnya kabur karena tidak suka asam .
  • Cuka adalah salah satu bahan penolak semut alami gaes. Cara menggunakannya adalah isikan cuka ke dalam botol dan semprotkan ke semua tempat masuknya semut. Setelah cuka mengering, ulangi proses ini selama beberapa hari. Cara ini akan mencegah semut kembali masuk ke rumah.
  • Nah ini salah satu cara yang menarik. Semut tidak akan pernah menyeberangi garis kapur yang telah dibuat. Sehingga sangat mudah untuk mengakhiri jalan semut menggunakan kapur. Yang dibutuhkan adalah beberapa kapur putih biasa
  • Kamu bisa coba menaburkan ampas kopi di sekitar tepi rumah, dijamin semut ga akan berani masuk ke rumahmu gaes. Ampas kopi yang ditaburi di taman juga akan membuat semut menjauh dari tanaman.
  • Ada satu fakta aneh mengenai semut, yakni mereka tidak suka rasa mentimun. Oleh karena itu, dengan menempatkan potongan mentimun di daerah semut biasa berkeliaran, dapat membuat mereka meninggalkan tempat itu.
  • Kantong teh mint bekas juga dapat digunakan untuk mengusir semut secara efektif. Letakkan kantong teh mint di tempat dimana semut berkeliaran. Daun mint juga dapat dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk, yang kemudian dapat ditaburkan di tempat semut biasa berkeliaran.
  • Campur jus lemon dengan sedikit air, dan kemudian semprotkan di daerah di mana semut-semut sering berkeliaran. Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pengganti lemon.
  • Bahan pembuat sabun berbahaya bagi semut. Sabun dapat memecah lapisan lilin dari exoskeleton serangga dan membuatnya mengalami dehidrasi. Jika Anda tahu tempat-tempat masuknya semut, Anda dapat mengoleskan sabun di tempat tersebut. Anda juga dapat mencampur sabun dengan air, dan kemudian menyemprotkan campuran tersebut pada semut-semut yang berkeliaran.
  • Bubur jagung akan mengembang saat dikonsumsi. Setelah semut menelan bubur jagung, mereka akan membengkak seiring dengan mengembangnya bubur jagung yang dikonsumsi, dan mati sebagai akibatnya. Sebarlah bubur jagung di mana pun Anda melihat semut, untuk menyingkirkan mereka. Jagung, nasi, atau gandum yang digiling juga dapat digunakan sebagai pengganti bubur jagung
  • Taburi saja ampas kopi di sekitar celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk semut, untuk mencegah semut masuk, atau di tempat di mana mereka berkeliaran.
  • Taburkan beberapa cengkeh dimana Anda sering melihat semut, semut akan menjauhi tempat tersebut karena bau cengkeh yang khas.
  • Sebar bedak bayi di mana pun Anda melihat semut berkeliaran. Mereka membenci bedak wangi dan akan menjauhinya.
  • Menaruh bubuk cabai pada sarang semut adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menyingkirkan mereka. Kayu Manis juga sangat baik untuk mengusir semut.
  • Anda dapat menaburkan baking soda ke tempat-tempat semut dapat masuk kedalam rumah. Selain itu anda juga dapat mencampurkan baking soda dengan gula bubuk, gula akan mengecoh semut untuk mengonsumsi campuran tersebut, ragi yang terdapat dalam baking soda dapat membunuh semut setelah campuran tersebut dikonsumsi.
  • Rendam bola kapas dalam parfum yang kuat, dan taruh beberapa bola ini di daerah-daerah dimana semut bisa masuk. Mereka tidak bisa mentolerir bau parfum dan akan menjauh. Atau anda juga bisa langsung menyemprotkan parfum pada mereka.
  • Kupas dan iris beberapa siung dan tempatkan dimana semut sering berkeliaran atau dimana Anda sering melihat semut.
  • Boraks dapat dicampur dengan larutan gula dan air, lalu disemprotkan di sekitar daerah di mana semut berkeliaran. Metode ini sangat efektif. Semut akan membawa boraks ke dalam sarang mereka, yang dapat membunuh semut-semut yang lainnya.

Cara efektif usir Tikus

Cara efektif usir Tikus
  • Gunakan buah mengkudu yang sudah masak, potong & taruh di piring 2x kecil, letakkan di sudut 2x tempat tikus sering lewat; bau mengkudu akan membuat tikus ogah masuk. (Potong mengkudu gunakan sarung tangan karena getahnya bisa membuat tangan gatal).
  • gunakan beberapa ikat daun mint kemudian diambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Setelah larut semprotkan cairan mentol tersebut ke tempat-tempat kesenangan atau yang sering dilalui oleh tikus. Tikus sangat membenci aroma daun mint ini.
  • Kita hanya perlu mencampurkan cairan soda ataupun seruk baking soda ke dalam makanan yang disenangi tikus, yakin deh tikus bakal kapok mencuri makanan di rumah kita. Bayangkan saja, ia tidak mampu mengeluarkan gas yang hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perut. Kembung deh!
  • Carilah jangkrik (Gryllus assimilis) yang biasa digunakan untuk aduan yang dapat mengerik. Letakkan jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus seperti di kamar atau di dapur. Tikus-tikus tidak akan berani menghampiri tempat tersebut karena sifat tikus yang tidak betah dengan keramaian.
  • Peliharalah kucing (Felis sp) di rumah, terutama kucing jenis tertentu yang dapat memangsa dan membunuh tikus, niscaya rumah anda aman dari tikus. Kucing merupakan musuh alami bagi tikus.
  • Letakkan potongan kulit durian di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dan kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus pergi dari rumah.
  • Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak akan datang lagi ke tempat itu karena tikus tidak suka bau mint.
  • Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.
  • Tangkap satu ekor tikus, kemudian lumuri badannya dengan cat kayu/besi berwarna mencolok, lalu lepaskan. Tikus tersebut tidak akan datang lagi demikian pula tikus-tikus lain juga tidak akan datang lagi ke tempat tersebut karena takut.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara