Cara Sederhana Untuk Otak Lebih Cerdas & Optimal

Otak merupakan salah satu organ vital pada manusia. Otak atau sering disebut dengan brain dalam bahasa inggris atau encephalon merupakan CNS ( central nervous system) /pusat dari lebih dari 100 juta sistem saraf yang tidak hanya terdapat pada manusia saja namun juga terdapat pada mahluk vertebrata dan banyak invertebrata lainnya.

Terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron fungsi otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Cara Sederhana Untuk Otak Lebih Cerdas & Optimal

Mengingat pentingnya fungsi otak pada pada manusia maka kita wajib merawatnya agar otak tetap sehat dan berkinerja optimal, karena 1 saja saraf di otak terganggu maka akan mengganggu kinerja organ tubuh. Beberapa cara sederhana dibawah ini terbukti membuat kinerja otak lebih optimal dan lebih sehat dan berikut adalah beberapa tipsnya:

Tips Sederhana Untuk Otak Yang Lebih Sehat

Nutrisi yang tepat untuk otak
Otak manusia merupakan struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Neuran otak mengandung dan terdiri dari dua jenis asam lemak PUFA (polyunsaturated fatty acids) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), Otak terdiri dari 60 persen lemak. Ini berarti semakin banyak lemak baik yang kita konsumsi maka semakin baik pula kesehatan otak kita. Perbanyaklah makan makanan dengan kandungan lemak baik seperti ikan mackerel, biji bunga matahari, salmon, tuna, sarden, telur kaya omega 3, dan lain-lain.

Bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan banyak orang akan membuat otakmu lebih sehat
Sebuah penelitian di California yang tercatat dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa orang orang tua yang memiliki hubungan sosial yang luas menurunkan risiko mereka terkena demensia. Ini berarti dengan bersosialisasi terbukti mampu meningkatkan kinerja otak tetap optimal karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian. Berada di tengah orang-orang adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga otak kamu tetap sehat. Habiskan waktumu untuk saling bersenda gurau bersama kawan. Ketika kamu tertawa atau tersenyum otak akan melepaskan enzim yang membuat kita merasa lebih bahagia seperti enzim dopamine.

Pelajari hal hal baru
Dengan mempelajari hal hal baru yang ada disekitarmu terbukti mampu membuat otakmu lebih cerdas, selain itu ketika otak bekerja rutin dengan mempelajari hal hal baru otak akan terlatih untuk selalu bekerja dengan optimal. Pelajari hal hal baru seperti belajar bahasa asing, mencoba menyelesaikan teka teki silang, bermain strategi game dsb. Mempelajari bahasa asing bisa meningkatkan fokus, meningkatkan kemampuan bahasa lokal kamu, dan mencegah penyakit yang mungkin menyerang otak. Bahkan, belajar bahasa baru dapat mencegah atau menunda penyakit Alzheimer dan demensia selama 4,5 tahun. Ini jauh lebih kuat daripada obat terbaik yang hanya menunda gejalanya dengan 6-12 bulan.

Olahraga teratur
Olahraga merupakan obat pencegah dari segala macam jenis penyakit termasuk gangguan masalah kesehatan. Seseorang bisa dikatakan sehat jika tidak ditemukan gangguan masalah kesehatan pada tubuh, peredaran lancar dan mekanisme tubuh berjalan normal. Nah untuk mencapai semua itu dengan berolahraga secara teratur terbukti mencegah penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit, melancarkan peredaran darah.

Selain hal itu berolahraga secara teratur terbukti baik untuk otak kamu, juga bisa menghilangkan stres dari otak kamu. Mark McDaniel, PhD profesor psikologi dari Washington University menyarankan, kombinasi program aerobik dengan latihan beban sangat baik. Penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir dari orang yang melakukan keduanya sangat memuaskan.

Merencanakan masa depanmu
Penelitian menunjukkan individu yang merencanakan sebuah perjalanan liburan misalnya, mereka memiliki level dopamin yang lebih tinggi di otak mereka. Ini berarti dengan merencanakan masa depanmu sendiri bisa memberikan manfaat pada otak, meskipun perjalanan itu belum terwujud. Memiliki target atau tujuan di masa depan juga akan membuat otakmu akan bekerja optimal untuk merealisasikan apa tujuan maupun targetmu dimasa mendatang.

Memiliki sesuatu untuk dicapai akan membantu kita untuk tetap merasa optimis, di mana hal ini sangat penting untuk otak dan keseluruhan kesehatan kita. Jadi teruslah memperbaiki diri, kembangkan kemampuan baru, dan jangan pernah berhenti belajar.

Buang stres, kecemasan atau kekhawatiran berlebihan
Khawatir, stres maupun ketakutan memang hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap orang. Namun ketika kamu bisa memanage semua itu dalam level terendah hal itu akan membuat pikiran kamu lebih kuat dan optimal, tahan terhadap tekanan, ujian.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara