sponsored ads

Tips Sederhana Menghemat Pengeluaran Daya Listrik Yang Membengkak

Posted By : Posted on - 9:02:00 AM with No comments

Seperti kita ketahui bahwa tarif daya listrik dari tahun ke tahun terus naik. Tidak dipungkiri bahwa listrik sangat membantu dan mempermudah kehidupan kita sehari hari. Banyak hal yang bisa manfaatkan dari listrik yang terpasang dirumah kita baik dalam hal pekerjaan, hiburan dan aktifitas kita sehari hari. 

Namun ketika kita tidak bijak menggunakan daya listrik maka hal tersebut dapat menyulitkan kita terutama dalam hal finansial, tagihan listrik akan membengkak dan pada akhirnya kita harus mengeluarkan tidak sedikit biaya untuk hal membayar tagihan listrik.

Seperti kita ketahui bahwa tarif dasar listrik dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga mau tidak mau kita harus lebih berhemat dan bijak menggunakan daya listrik ini karena tanpa kita sadari kebutuhan akan listrik ini sangatlah vital. 

Tips Menghemat Pemakaian Daya Listrik

Banyak hal hal sederhana yang sebenarnya mampu mengurangi daya listrik yang membengkak bahkan bisa menghemat daya sampai 20% dengan cara yang sebenarnya sangatlah sederhana. Nah berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana menghemat daya listrik dirumah kita:

tagihan listrik membengkak
Tips Menghemat Pengeluaran Daya Listrik

  • Gunakan listrik seperlunya saja atau sesuai kebutuhan sebagai contoh: lebih baik mematikan lampu disiang hari dan gunakan pencahayaan dari sinar matahari dari jendela, selain lebih menyehatkan dengan sirkulasi udara segar hal ini bisa menghemat daya listrik dengan efektif.

  • Hidupkan Tv saat kita benar benar menontonnya, jangan sampai kita tv ditinggalkan hidup tanpa ada yang menontonnya atau bahkan tv yang menonton kita tidur hehehe,,, gunakan timer ketika kita ngantuk tetapi masih ingin menonton tv.

  • Gunakan tandon air sehingga kita tidak perlu sering menyalakan pompa air ketika kita membutuhkannya.
  • Hindari kebiasaan menyimpan makanan panas dalam kulkas karena pendingin dalam kulkas akan bekerja lebih ekstra untuk mendinginkannya, itu berarti kebutuhan daya listrik akan semakin besar.

  • Jika anda menggunakan AC dirumah, sesuaikan luas ruangan dirumah anda agar mesin AC tidak bekerja ekstra dan menguras daya untuk mendinginkan seluruh ruangan.

  • Gunakan mesin cuci sesekali dalam artian anda tidak perlu sering menggunakannya hanya ketika anda mencuci 1-2 helai pakaian.

  • Ketika anda menggunakan rice cooker untuk menanak nasi andapun dapat berhemat listrik dengan menggunakan air yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum menggunakan rice cooker untuk memasak nasi.

  • Hindari meninggalkan segala peralatan listrik hanya dengan mematikan tombol on off nya saja, matikan dan cabut kabel hal ini dapat secara efektif menghemat daya listrik. Termasuk segala peralatan listrik seperti tv, komputer, charger dll.

  • Gunakan setrika, hair dryer, kipas atau peralatan lain yang memiliki pengaturan suhu.

  • Ganti segala peralatan listrik dirumah anda dengan standar nasional, secara signifikan dapat menghemat daya listrik. Cek dan selalu periksa kebocoran listrik, kabel kabel dan peralatan listrik yang tidak layak karena mampu membuat listrik bocor tentu menggunakan jasa tukang listrik profesional.

  • Ganti peralatan listrik dirumah anda dengan peralatan listrik yang hemat daya dan ramah energi sebagai contoh ganti lampu bohlam pijar dengan lampu hemat energi atau ganti monitor tabung tv atau komputer anda dengan layar led atau lcd karena mampu menghemat daya secara efektif.

  • hindari pemasangan steker atau kontak yang bertumpuk selain mampu mengurangi kebocoran listrik, steker listrik yang bertumpuk dapat menyebabkan panas ketika semua peralatan listrik digunakan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kebakaran.

  • Terakhir ketika anda tidak dapat mengontrol kebiasaan menggunakan daya listrik dengan bijak maka gunakan listrik pra bayar atau dengan pulsa.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara