7 Cara Alami Ini Mampu Cegah Stres & Depresi

Rutinitas yang begitu padat disertai dengan permasalahan dalam kehidupan seringkali membuat pikiran tertekan atau stres. Stres yang berkepanjangan akan menyebabkan depresi, dan ini akan memicu tidak hanya gangguan kesehatan emosional namun juga dapat memicu kesehatan fisik seseorang. Ketika seseorang dalam pikiran tertekan mereka akan kesulitan untuk tidur, makan tidak teratur sehingga dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu.

Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik dan emosional seseorang, stres dan depresi dalam kondisi tersebut bisa menghalang produktifitas Anda. Seperti dikutip dari berbagai sumber menyebut bahwa stres timbul dengan berbagai cara. Seseorang dengan stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, seriawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya.

mengatasi stres & depresi

Stres dapat dikelompokkan dalam tiga kategori umum: gejala fisiologis, gejala psikologis, dan gejala perilaku. Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung. Namun stres juga muncul dalam beberapa kondisi psikologis lain, misalnya, ketegangan, kecemasan, kejengkelan, kejenuhan, dan sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan dsb. Nah berikut adalah beberapa cara alami dan mudah untuk mencegah stres dan depresi:

Mengkonsultasikan masalah yang sedang dihadapi kepada psikiater atau pakar terkait
Ketika anda kesulitan keluar dari stres dan depresi maka hal yang perlu anda lakukan adalah berkonsultasi dengan psikiater atau pakar medis agar anda mendapatkan solusi, saran dan perawatan yang tepat.
   
Bersosialisasi
Memiliki banyak teman akan memudahkan anda share atau berbagi pengalaman anda. menurut berbagai penelitian menyebut ketika seseorang dapat mengeluarkan apa masalah mereka dan bercerita dengan sahabta atau teman mereka, hal itu terbukti efektif mampu meringankan stres. Tidak perlu menumpahkan seluruh isi hati Anda ke teman tersebut, kok – ia bukan terapis Anda! Cukup dengan quality time dan secangkir kopi bersama teman tercinta, bercerita, tertawa bersama dan Anda akan merasa lebih baik.

Kembali ke Alam
Hirup udara segar di taman terdekat dan rasakan sinar matahari di kulit Anda. Tubuh Anda pun akan menyerap sinar matahari dan menghasilkan vitamin D yang membantu melawan depresi. Oksigen dari udara segar yang anda hirup akan membuat anda lebih rileks dan santai.

Lakukan hobi anda
Turunkan stres Anda bisa dengan cara mudah sebagai contoh dengan menghabiskan waktu bersama hewan-hewan lucu di cat/dog cafe. Jika Anda memiliki banyak waktu luang, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan melakukan hobi yang anda sukai hal ini cukup efektif mampu meringankan stres! Memasak masakan yang anda sukai, berkebun, memancing, liburan ke tempat tempat baru dsb bisa menjadi pertimbangan anda untuk mencegah stres dan depresi.

Aktifitas fisik
Beraktifitas fisik atau berolahraga terbukti efektif mampu mencegah stres dan depresi. Olahraga akan mengaktifkan produksi zat endorphin dalam otak anda yang menaikkan mood, cukup dengan melakukan kegiatan sederhana seperti naik sepeda, berenang, atau jogging dengan playlist favorit Anda. Seperti kita ketahui zat endorphin adalah senyawa kimia dalam otak yang bertanggung jawab terhadap rasa senang, nyaman dan bahagia.

Konsumsi makan makanan Sehat
Ingat untuk memberi nutrisi kepada tubuh karena tubuh anda membutuhkannya. Hindari gula, kafein dan alkohol dan tingkatkan asupan vitamin B, C, dan D dari sayuran dan buah. Konsumsi makanan sehat dan bergizi mampu mencegah stres dan depresi.

Lebih santai
Kesibukan aktifitas sehari hari, permasalahan dalam hidup pasti selalu ada. Namun ketika anda lebih bisa memanage tingkat stres dalam pikiran anda hal ini cukup mampu membuat anda terbebas dari depresi. Berendam air panas, bercanda dengan teman anda, menonton video lucu, main game kesukaan anda atau membaca buku buku humor cukup efektif meringankan stres dan depresi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara