sponsored ads

Tips Membuat Hidup Semakin Tentram, Damai & Bahagia

Posted By : Posted on - 9:38:00 AM with No comments

Hidup tentram dan bahagia adalah dambaan setiap orang tidak peduli masih lajang maupun sudah berkeluarga, tua atau muda, kaya atau miskin, semua orang tentu memimpikan hal yang demikian. Tentram dan bahagia lebih tentang ke kedamaian pikiran dan hati bukan tentang seberapa banyak materi yang bisa membuat hidup lebih bahagia. 

Sering kan mendengar ada orang yang miskin kadang hanya untuk makan saja kekurangan namun hidupnya bahagia, dan ada pula yang berpenghasilan puluhan juta bahkan miliaran perbulan namun hidupnya tidak bahagia.

hidup bahagia
Tips Hidup Tentram, Damai & Bahagia

Lalu bagaimana cara agar hidup kita tentram, damai dan bahagia? Tentu dalam hidup selalu ada pasang surut, lalu bagaimana menyikapinya? Nah berikut adalah beberapa tips seperti dikutip dari situs Love & Peace yang mungkin bermanfaat untuk anda:

Beriman sesuai keyakinan

Beribadah sesuai keyakinan apapun agama yang anda anut dengan sebenar benarnya tentu akan membatasi seseorang untuk berbuat sesuai aturan dan norma. Tidak ada ajaran agama didunia ini yang mengajarkan kejahatan bukan? 

Semua agama di dunia ini tentu mengajarkan perdamaian, ketenangan, ketentraman dan kebahagian. Beribadah sesuai keyakinan masing masing juga mengajarkan untuk bersyukur, menghargai hidup dan menjauhkan diri dari penyakit hati seperti dengki, iri dan sebagainya.

Hidup Lebih Bersyukur

Mensyukuri hidup adalah salah satu cara membuat hidup lebih tentram, damai dan bahagia. Bersyukur akan mengajarkan kita untuk menghargai apapun yang kita terima baik susah atau bahagia, mengajarkan kita untuk tidak selalu merasa kurang dsb. 

Mungkin rasa syukur inilah yang membedakan orang miskin yang berpenghasilan rendah tetap merasa bahagia dan orang kaya yang berpenghasilan miliaran merasakan tidak bahagia dalam hidupnya.

Bersosialisasi

Pada dasarnya setiap manusia itu adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup. Orang kota hidup dan makan dari hasil panen yang dihasilkan orang orang pedesaan, begitu juga orang orang pedesaan akan mendapatkan ekonomi dari hasil penjualan panen ke kota. 

Ketika kita bisa bersosialisasi dengan semakin banyak orang kita semakin banyak memiliki teman, sahabat atau bahkan keluarga baru. Dan ketika kita dikelilingi banyak orang yang menghargai dan menyayangi diri kita tentu hidup semakin tentram damai dan bahagia.

Singkirkan stres Anda

Seperti kita ketahui bahwa dalam kehidupan selalu ada pasang surut, selalu ada rintangan, hambatan dan masalah. Namun ketika kita bisa lebih mengelola tingkat stres maka hidup kita akan lebih bahagia. Jika Anda memiliki banyak stres dalam hidup Anda, menemukan cara untuk mengurangi itu, seperti belajar menenangkan diri, meditasi, yoga, olah pikiran dan pernapasan dsb. 

Berolahraga teratur secara efektif juga dapat mengurangi stres dan membuat anda lebih bahagia. Secara medis ketika anda teratur berolahraga maka akan semakin banyak zat kimia otak (yang lebih kita kenal dengan endorphin) yang diproduksi. perlu anda tahu Endorphin merupakan zat kimia otak yang bertanggung jawab terhadap rasa tentram, kenyamanan dan kebahagiaan.

Singkirkan kekhawatiran, ketakutan atau rasa was was berlebihan

Ketakutan akan masa depan, rasa khawatir akan hal hal yang akan terjadi ataupun segala bentuk pikiran negatif hanya akan membuat anda tertekan dan imbasnya anda akan dihantui ketakutan, kekhawatiran yang akan membuat hidup anda tidak tenang. 

Buang pikiran negatif anda dan alihkan untuk mengambil pikiran positif sebagai contoh jika anda takut masa depan anda suram maka belajarlah untuk mengubahnya menjadi kesuksesan dengan aksi untuk mewujudkannya. Apa yang anda takutkan belum tentu menjadi kenyataan.

Humor dan menikmati hidup

Rasa humor, bercanda dengan teman atau keluarga akan menjadi obat yang mujarab untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman. Menikmati diri sendiri dengan berlibur, melakukan hobi atau bahkan berkumpul dengan orang terdekat atau keluarga akan menjadi hal yang sangat berguna menghadapi kerasnya hidup ini. 

Cobalah untuk melihat sisi lucu dari situasi dan Anda akan sering dapat mengatasi lebih baik. Lelucon memiliki cara untuk membuat kekhawatiran tampak kurang penting.

Melakukan hal-hal yang Anda nikmati juga baik untuk kesejahteraan emosional Anda. kegiatan sederhana seperti menonton olahraga dengan teman, memiliki berendam di bak mandi, atau bertemu dengan teman-teman untuk minum kopi dapat meningkatkan hari bahagia Anda. 

Melakukan sesuatu yang Anda pandai, seperti memasak atau menari, adalah cara yang baik untuk menikmati diri sendiri dan memiliki rasa prestasi.

Hindari hal hal yang merugikan diri anda

Banyak hal yang terbukti membuat hidup anda tidak tentram dan bahagia beberapa diantaranya adalah:

  • Berhutang
  • Penyakit hati seperti iri, dengki, merasa kurang, emosi dsb
  • Drugs, alkohol, narkotika dsb
  • gaya hidup tidak sehat
  • Cobalah untuk menghindari hal-hal yang tampaknya menyenangkan pada saat itu tetapi membuat Anda merasa justru lebih buruk setelah itu, seperti minum terlalu banyak alkohol atau makan junk food, kejahatan dsb.

Memiliki gaya hidup sehat

Kebahagiaan, ketentraman dan kebahagiaan sangat erat kaitannya dengan hidup sehat. Tentu menjadi sangat tidak berguna hidup bahkan ketika apapun atau seberapa banyak materi yang bisa anda kumpulkan namun anda selalu berada dalam kondisi sakit. 

Kesehatan adalah hal utama untuk ketentraman, kebahagiaan dan kedamaian. gaya hidup sehat bisa anda terapkan seperti berolahraga teratur, hindari gaya hidup buruk, cukup beristirahat dsb.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara