9 Cara Unik & Sederhana Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Posted By : Posted on - 9:32:00 AM with No comments

Memiliki gigi putih bersih tentu impian setiap orang, karena gigi yang putih pasti membuat senyuman lebih indah dan ini berarti gigi yang lebih putih dan bersih memperindah penampilan bukan? Seperti dikutip dari survey yang dilakukan oleh ADA (American Dental Association) yang menunjukan bahwa 87% responden mereka senang melihat orang lain tersenyum yang memiliki gigi yang putih bersih.

memutihkan gigi cara alami

Namun sayangnya gaya hidup yang buruk seperti merokok, banyak minuman berkafein, jarang menjaga kebersihan mulut dan gigi menjadi faktor utama yang menyebabkan perubahan warna alami gigi. Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin. Nah berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan perubahan warna alami gigi:

  • Noda kecoklatan atau kekuningan karena aktifitas merokok.
  • Minuman beralkohol, minuman berkafein, bersoda atau mengandung kadar gula tinggi.
  • Perubahan warna gigi karena minuman yang terlalu panas / dingin.
  • Konsumsi makanan atau obat obatan tertentu.
  • Jarang membersihkan gigi sehingga noda, plak akan terakumulasi dan membentuk karang gigi
  • Genetik, Penyakit atau kondisi medis tertentu.

nah dari banyaknya faktor yang menyebabkan warna kuning, coklat atau warna lain selain warna putih alami pada gigi ada beberapa cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kembali warna putih alami dengan cara yang aman, sehat dan alami, dan berikut adalah beberapa tipsnya.

Menggunakan Siwak
Siwak atau miswak adalah dahan atau akar dari pohon yang bernama latin Salvadora persica yang terkenal dari zaman nenek moyang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Oleh karena itu semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu lembut, sehingga batang atau akar kayu yang keras tidak boleh digunakan untuk bersiwak karena bisa merusak gusi dan email gigi; bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah, sehingga akar atau batang yang tidak ada seratnya tidak bisa digunakan untuk bersiwak; seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut.

Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids.Kandungan kimia seperti Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.

Strawberry
Strawberry merupakan buah yang mengandung berbagai material yang menyehatkan untuk tubuh. Strawberry kaya akan proksimasi seperti energi, protein, lemak, serat. Beberapa mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium ,sodium, selenium dan banyak lagi vitamin dan asam amino.

Namun yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sekaligus mampu memutihkan gigi secara alami adalah kandungan vit C dan asam ellagic. cara menggunakannya bisa dengan cara dikonsumsi langsung atau dihaluskan dan dicampur dengan baking soda lalu gunakan pada lapisan gigi. Diamkan 2 menit lalu berkumur menggunakan air hangat, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu maka gigi anda akan kelihatan lebih putih alami.

Minyak kelapa
Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Minyak kelapa murni memiliki lemak yang cukup unik dan kaya manfaat karena keseluruhan lemak terbuat dari medium chain triglecerida. Oleskan minyak kelapa murni pada gigi secara merata lalu diamkan 5 menit. Ludahkan minyak kelapa dan berkumur menggunakan air bersih lalu gosok gigi seperti biasa. Kandungan alami pada minyak kelapa membantu mengikis karang gigi, membersihkan plak dan memutihkan kembali warna alami gigi.

Lemon dan garam
Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan dan antibakteri yang baik yang membantu membunuh kuman digigi dan membuatnya semakin putih. Garam merupakan eksofiliator alami yang membantu menghapus noda dan warna kotor pada gigi yang membandel. Campur 1 sendok teh garam dan 3 tetes perasan lemon. Gosokkan campuran tersebut pada lapisan gigi dan biarkan beberpa menit. Bilas dan berkumurlah dengan air hangat.

Baking soda
baking soda atau soda kue merupakan bahan alami yang banyak digunakan dalam produk pasta gigi karena manfaatnya yang luar biasa untuk membantu memutihkan gigi. Buat pasta menggunakan baking soda, oleskan pada gigi dan biarkan beberpa menit. Berkumurlah dengan air hangat dan lihat perbedaannya sebelum dan sesudah menggunakan ramuan ini. Baking soda juga bisa diaplikasikan dengan dicampur dengan jus lemon.

Kulit jeruk
Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan Vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh secara umum, namun kulit buah ini juga kaya akan Vit C yang berguna untuk membantu memutihkan warna alami pada gigi. Keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari langsung lalu blender atau haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air secukupnya dan oleskan pada gigi anda, diamkan beberpa menit lalu berkumur dengan air hangat.

Cuka sari apel
Cuka sari apel atau lebih dikenal dengan apple vinegar merupakan cuka yang terbuat dari sari buah apel yang difermentasi. Cuka jenis ini mampu memutihkan warna alami gigi karena noda kafein pada kopi, nikotin karena aktifitas merokok. Larutkan cuka sari apel dengan setengah gelas air mineral dan gunakan untuk berkumur. lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Mengunyah beberapa jenis makanan segar
beberapa bahan pangan seperti sayuran dan buah buahan segar terbukti mampu membuat gigi lebih putih. Beberapa sayur dan buah yang dimaksud adalah apel, jeruk, strawberry, wortel, tomat dsb.

Arang kayu
Arang kayu mengandung senyawa karbon aktif yang membantu menyerap noda, mengikis noda pada enamel gigi. Tumbuklah arang kayu menjadi bubuk dan campurkan pada pasta gigi anda. gunakan untuk menggosok gigi anda seperti biasa dan lihat perubahannya. Catatan jangan terlalu sering menggunakan arang gigi karena bisa menyebabkan pengikisan pada enamel gigi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara