sponsored ads

7 Tips & Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Untukmu Yang Terlalu Pemalu

Posted By : Posted on - 8:16:00 AM with No comments

Memiliki rasa malu memang tidak selamanya buruk. Perasaan malu untuk melakukan hal hal negatif yang tidak seharusnya dilakukan memang diperlukan untuk terus memotivasi diri kita berbuat lebih baik. 

Namun ketika rasa malu yang erat kaitannya dengan kepercayaan diri muncul, malu untuk melakukan hal hal positif, hal hal yang seharusnya membuka potensi diri kita namun kita merasa malu untuk melakukannya maka hal tersebut bisa menjadi faktor penghambat kesuksesan kita. 

Rasa malu muncul biasanya disebabkan kita tidak percaya dengan kemampuan diri, takut terlihat aneh, takut melakukan kesalahan dan takut apa yang kita lakukan tidak seperti yang diharapkan banyak orang.

Nah perasaan - perasaan yang muncul karena kurangnya kepercayaan diri, rasa malu ini tentu akan membuat kita kesulitan untuk maju dan berinteraksi dengan banyak orang apalagi dengan orang orang baru disekitar kita. Jika dibiarkan tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda dimasa depan. 

Rasa malu bisa menjadi salah satu perasaan negatif yang timbul dalam diri seseorang akibat dari kesadaran diri mengenai perlakuan tidak baik yang di lakukan oleh dirinya sendiri, namun bila perasaan malu muncul tersebut tanpa sebab yang jelas, dan tidak melakukan tindakan yang tak seharusnya, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda untuk berinteraksi dengan orang orang ada di sekitar anda.

kepercayaan diri
Meningkatkan rasa percaya diri untukmu yang terlalu pemalu

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Nah berikut adalah sedikit tips tentang bagaimana cara mengatatasi rasa malu, agar kita menjadi pribadi yang lebih percaya diri, terbuka dan mudah berinteraksi baik dengan hal hal baru maupun orang orang baru didalam hidup kita :

Berhentilah terobsesi tentang kesempurnaan

Tidak ada manusia yang sempurna, mereka dikarunia segala kelebihan dan juga kekurangan, jadi berhentilah terobsesi terhadap hal hal yang sempurna yang bisa anda lakukan. Berusaha melakukan segala hal dengan lebih baik tetapi jangan memikirkan segala sesuatu hal yang akan dilakukan dengan hasil yang sangat sempurna. 

Berangan angan tentang diri sendiri harus begini, atau andai saya begitu. Itu justru akan semakin membuat anda tenggelam di dalamnya, membuat anda takut melakukan sesuatu karena takut salah, takut gagal dan jauh dari kata sempurna, anda akan merasa sangat tersiksa ketika tersadar anda tak sesempurna seperti yang anda angankan. 

Motivasilah diria anda untuk melakukan segala hal dengan lebih baik akan meningkatkan kepercayaan diri anda dan membuat anda tidak malu untuk melakukan hal hal baik.

Memaafkan diri Bisa Membuatmu Lebih Percaya Diri

Trauma terhadap kegagalan, trauma terhadap kesalahan biasanya akan berimbas pada kepercayaan diri. Sebagai contoh dimasa lalu anda pernah melakukan kesalahan dalam membawakan materi presentasi di depan teman teman kuliah dan karena kesalahan itu anda ditertawakan banyak orang, nah kejadian seperti ini mungkin membuat anda tidak percaya diri atau malu dan anda takut dengan namanya presentasi didepan banyak orang. 

Nah tips nya maafkan diri anda dan kembali pada poin diatas bahwa tidak ada manusia yang sempurna, selalu saja ada kesalahan dan kegagalan dalam hidup. Maafkan diri anda, lihat kembali kesalahan anda dan berusaha lagi dengan lebih baik akan membantu anda meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Berpikir sebelum bertindak

Kebanyakan orang akan merasa malu dan kepercayaan diri mereka akan menurun ketika mereka berbuat kesalahan, kegagalan atau hal yang diluar kontrol atau kendali mereka. Nah untuk mencegah itu terjadi maka berpikirlah segala sesuatu sebelum melakukannya, pikirkan sebab dan akibat yang mungkin bisa ditimbulkan. 

Memang segala sesuatu hasilnya bisa diluar dugaan atau kontrol kita, tetapi dengan berpikir, merencanakan sebelum melakukan tentu akan meminimalkan kesalahan atau kegagalan.

Jika anda salah dalam bertindak tentu anda akan merasa malu bukan, jadi sebelum anda bertindak sebaiknya anda pikirkan dahulu, apa tindakan itu salah atau benar dan tidak membuat anda malu nantinya, seperti gaya berbicara atau sebagainya, apalagi tindakan ini untuk orang orang di sekitar anda yang setiap hari anda temui.

Berhenti merasa takut, khawatir yang berlebihan

Ketika anda takut, was was dan khawatir dengan apa yang mungkin belum tentu terjadi hal ini hanya akan membuat anda tidak berani dan malu melakukan sesuatu atau hanya akan membatasi potensi baik yang mungkin anda miliki karena anda menakutkan kemungkinan buruk yang terjadi. 

Berpikir lebih positif bahwa apa yang anda takutkan atau anda khawatirkan belum tentu terjadi.

Lebih banyak bersosialiasi

Orang yang pendiam, pemurung, penyendiri dan tidak banyak memiliki teman biasanya mereka cenderung lebih pemalu dan tidak percaya dengan kemampuan dirinya. Berlatihlah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, teman teman atau orang orang baru dalam hidup anda dan hal itu akan memudahkan anda berinteraksi dengan mereka dan tentu saja hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anda. 

Berkumpulah dengan mereka yang memiliki kepercayaan diri, semangat dan tidak malu untuk melakukan hal hal baik, ingat bahwa ketika anda berkumpul dengan penjual parfum maka sedikit banyak anda akan ikut berbau harum.

Hindari terlalu sibuk diri anda sendiri

Seperti halnya poin pertama, jika anda terlalu sibuk dengan diri anda sendiri, anda akan di bawa kedalam suasana dimana anda tak bisa bersosialisai dengan baik, sebagai akibatnya ketika anda memutuskan untuk bersosialisasi atau bergaul dengan orang orang yang ada di sekitar anda, anda akan merasa minder apakah mereka semua akan menerima anda.

Motivasi diri dan Berpikir positif

Rasa percaya diri di bangun dari pikiran yang positif, jika yang ada dalam pemikiran anda hal hal yang jelek jelek tentu hal ini akan mempengaruhi perasaan anda, seperti apakah saya di terima kalau bergabung? saya orangnya jelek gak pantas bergaul dengan mereka. 

Buang jauh jauh pemikiran seperti itu, tentu semua manusia di ciptakan di bumi ini sebagai mahluk pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sudah sepantasnya anda sebagai mahluk pilihan tidak merasa minder seperti itu, mungkin mereka di beri kelebihan cantik atau ganteng tapi anda pasti memiliki kelebihan yang tak mereka punya.

Motivasi diri anda dan berpikirlah ahal hal yang lebih positif akan membantu anda keluar dari rasa pemalu yang berlebihan dan mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Karena apa yang anda pikirkan akan berpengaruh besar terhadap tindakan atau perbuatan anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara