sponsored ads

5 Tips & Cara Mempertahankan Pernikahan Bahagia

Posted By : Posted on - 8:00:00 AM with No comments

Hubungan pernikahan yang berjalan awet & bahagia merupakan impian hampir semua pasangan pernikahan didunia ini. Sayangnya sering kita mendengar perceraian yang terjadi bahkan miris jika kita mendengar pernikahan yang harus berakhir hanya karena masalah sepele. Masalah yang sebenarnya dapat diselesaikan bersama.

Hubungan pernikahan adalah hubungan sakral, hubungan pasangan yang saling melengkapi kekurangan masing-masing pasangan.

Menjaga hubungan pernikahan berjalan awet dan bahagia memang tidak mudah, tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Keluarga merupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup kita. Jadi sangat penting untuk menjaga keutuhan keluarga khususnya hubungan pernikahan agar berjalan awet, adem ayem, bahagia dan hanya maut yang memisahkan.

Membina Hubungan Pernikahan yang Bahagia

Ada waktunya kejenuhan terjadi dalam hubungan pernikahan, sering terjadi masalah, sering berbeda pendapat bahkan pertengkaran, namun hal ini bukanlah bisa menjadi salah satu alasan yang menyebabkan hubungan pernikahan tidak berjalan bahagia. Nah berikut adalah beberpa tips mempertahankan hubungan pernikahan yang awet dan bahagia:

Pernikahan bahagia
Tips & Cara mempertahankan pernikahan yang awet dan bahagia

Tidak ada salahnya mengalah & Menjadi pendengar yang baik

Ada kalanya saat terjadi pertengkaran masing masing pihak tidak ada yang mau mengalah, merasa diri yang paling benar dan akhirnya membuat masalah yang sebenarnya sepele semakin membesar. Mengalah dan menjadi pendengar yang baik mampu mententramkan suasana dan meredam emosi pasangan. 

Pertengkaran bisa dihindari jika kita mau mengalah bahkan kalau kita merasa benar sekalipun. Kita perlu mendengar tanpa berpikiran buruk. Hargailah pendapat pasangan Anda, sekalipun Anda tidak setuju. Nah setelah suasana adem dan kondusif barulah bicarakan apa yang menjadikan permasalahan pertengkaran dan berikan pendapat anda dan dengarkan juga apa keluhan pasangan anda. 

Biasakan bersabar dan bersikap lembut

Pernikahan bahagia memerlukan pengorbanan dan kesabaran. Dua pikiran berbeda yang berpasangan menjadi satu. Ketika batu diadu dengan batu maka keduanya akan hancur, begitu juga api diadu dengan api maka api akan semakin membesar. 

Begitu juga dalam setiap pertengkaran atau perdebatan, ketika anda tidak bisa bersabar menghadapinya justru masalah baru akan muncul. Hadapi setiap masalah dalam keluarga anda dengan sikap sabar dan kelembutan. Dalam setiap hubungan pernikahan, pertengkaran pasti terjadi dan tidak dapat dielakkan, tapi hasil akhirnya bergantung sikap kita. Kita harus benar-benar sabar dan masalah pasti bisa selesai.

Saling menerima kelebihan dan kekurangan pasangan

Disaat anda dulu anda berpacaran mungkin anda akan melihat lebih banyak sisi baik dari pasangan anda daripada kekurangannya. Namun setelah menikah cukup lama menikah secara bertahap anda akan melihat lebih banyak kekurangan pasangan anda daripada kelebihannya. 

Nah dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan dalam menerima kelebihan dan kekurangan dari pasangan anda. Pernikahan yang awet akan terjalin ketika anda berdua mampu menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan anda.

Ketika anda merasa bangga dan menerima segala kelebihan yang  dimiliki pasangan, maka seharusnya anda juga harus bisa menerima setiap kekurangan yang dimilikki pasangan.

Segera selesaikan masalah dan jangan ragu untuk memaafkan

Jika sedang dalam keadaan stres, dihimpit masalah atau perdebatan sengit Anda bisa dengan mudah ­mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti pasangan. Jika ini terjadi, kita harus saling memaafkan. Perkawinan bisa bahagia jika kita sering memaafkan. 

Jangan ragu untuk segera memaafkan ketika pasangan anda melakukan kesalahan begitu juga jangan segan untuk meminta maaf ketika anda melakukan kesalahan. Begitu juga jangan pernah menunggu masalah menjadi besar, segera selesaikan waktu itu juga biarpun itu masalah yang kecil dan sepele.

Memberi tanpa harus menuntut imbalan

Berikan secara ikhlas perhatian, kasih sayang, rasa cinta dan jangan pernah menuntut pasangan untuk menjadi pribadi seperti yang anda impikan. Setiap orang memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda beda, hormatilah karakter pasangan anda tanpa harus menuntut menjadi seseorang lain seperti yang anda impikan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara