Cara Mencegah Pemanasan Global Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Mencegah pemanasan global - Banyak sekali perbincangan hangat seputar pemanasan global atau global warming akhir akhir ini, dan menjadi perbincangan heboh negara negara didunia untuk mencegah percepatan pemanasan global. Pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat dan terus mengalami peningkatan berkisar 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Bahkan menurut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8.

Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas kalor lautan. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Bukankah kita sudah mulai mengalami hal ini?

mengurangi dampak pemanasan global

Kita perlu menyadari, mengerti dan melihat bahwa planet dan suasana yang kita sebut rumah bisa satu hari akan beranjak tua dan mengalami perubahan perubahan total. Pemanasan global telah meningkat secara bertahap luas dalam dekade terakhir. Bahkan, dalam 50 tahun terakhir, suhu global bumi telah meningkat sebesar 3%. Polusi yang disebabkan oleh pelepasan karbon dioksida ke udara menciptakan selimut di atas atmosfer. Pemanasan global dapat menyebabkan seluruh rantai peristiwa pecah ekosistem, pola cuaca, dan berbagai faktor lainnya. Kita semua memainkan bagian dalam masa depan kita. Kalau bukan kita dimulai dari diri kita, lingkungan rumah dan masyarakat luas lalu siapa lagi yang akan menjaga bumi yang kita cintai ini. nah berikut adalah beberapa cara sederhana mencegah pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari:

Ganti bohlam pijar dengan lampu neon kompak (CFL)
Bohlam lampu pijar yang ada dirumah kita mengkonsumsi energi 70% lebih banyak energi daripada lampu neon atau CFL, bahkan daya hidup lampu pijar lebih pendek 2 kali daripada lampu neon atau CFL.

Kurangi menggunakan kendaraan pribadi
Lebih banyak kendaraan yang digunakan maka akan lebih banyak energi yang digunakan dan tentu saja akan lebih banyak gas karbon dioksida yang dilepaskan ke udara yang semakin berpeluang memicu pemanasan global lebih cepat. Jika berpergian jarak dekat semisal ke kantor, kuliah ke supermarket akan lebih baik jalan kaki atau bersepeda selain membantu pencegahan pemanasan global aktifitas bersepeda atau jalan kaki lebih menyehatkan bukan. Polusi terbesar memancarkan asap disebabkan oleh minyak dan bensin. Memangkas konsumsi, adalah langkah besar untuk mengurangi limbah energi.

Reduce, Reuse, Recycle
Mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang merupakan salah satu cara mencegah pemanasan global dalam kehidupan sehari hari yang efektif. Mengurangi kebutuhan Anda untuk membeli produk baru atau menggunakan lebih sedikit, sehingga menghasilkan jumlah yang lebih kecil dari limbah. Bahkan jika Anda perlu membeli, pertimbangkan untuk membeli produk ramah lingkungan. Hal ini paling efektif dari tiga R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.

Reuse botol, wadah plastik, dan barang-barang lainnya dibeli di toko kelontong. Menggunakan kembali botol air, cangkir dan barang-barang lainnya ini akan mengurangi harus membeli barang-barang lain yang akan memenuhi fungsi yang sama. Cobalah untuk menggunakan produk sekali pakai ke bentuk lain. Hanya saja, jangan membuangnya.

Daur ulang kertas, botol, furnitur, dan barang-barang usang lainnya untuk menjaga tempat pembuangan sampah tetap bersih. Anda dapat mendaur ulang kertas, aluminium foil, kaleng, koran. Dengan daur ulang Anda dapat membantu dalam mengurangi pembuangan sampah.

Menggunakan energi terbarukan
Energi terbarukan adalah energi yang bisa digunakan berkelanjutan sebagai contoh energi surya, angin, air laut dsb. Energi tidak terbarukan adalah energi yang akan habis jika digunakan secara terus menerus seperti minyak bumi, batu bara dll. Nah lebih baik gunakan energi energi yang terbarukan dan bisa digunakan berkelanjutan.

Menggunakan peralatan yang hemat energi
Selalu membeli produk yang hemat energi karena mereka dapat membantu Anda menghemat jumlah uang sekaligus membantu penghematan energi dan mencegah pemanasan global. produk hemat energi dapat membantu Anda untuk menghemat energi, menghemat uang dan mengurangi jejak karbon Anda.

Kurangi Limbah anorganik
Tempat pembuangan sampah adalah kontributor utama metana dan gas rumah kaca. Ketika sampah yang dibakar, itu melepaskan gas beracun di atmosfer yang mengakibatkan pemanasan global. Menggunakan kembali dan daur ulang barang-barang tua dapat secara signifikan mengurangi jejak karbon Anda yang dibutuhkan jauh lebih sedikit energi untuk mendaur ulang barang-barang tua daripada untuk menghasilkan barang dari awal. Kurangi limbah limbah yang tidak bisa didaur ulang.

Hindari pemanas suhu
Pemanas suhu berkontribusi langsung terhadap pemanasan global. Bayangkan jika dalam satu hari saja 1 juta orang mandi menggunakan air hangat berapa suhu yang dihasilkan didunia ini. Hindari mencuci pakaian di air panas. Hanya mencuci mereka dalam air dingin atau hangat. Hindari sering mandi dan menggunakan sedikit air panas. Ini akan membantu dalam menghemat energi memerlukan untuk menghasilkan energi itu.

Hindari Produk Dengan Banyak Kemasan
Hanya tidak membeli produk dengan banyak kemasan merupakan cara sederhana yang bisa anda lakukan sehari hari untuk mencegah pemanasan global. Ketika Anda membeli produk tersebut Anda akan berakhir di membuang bahan limbah di sampah, yang kemudian akan membantu dalam mengisi lokasi pembuangan dan mencemari lingkungan. Juga, mencegah orang lain dari membeli produk tersebut.

Matikan listrik jika tidak digunakan
Cara sederhana seperti mematikan lampu disiang hari dan menggantinya dengan cahaya alami dari luar jendela anda, mencabut stop kontak komputer atau peralatan listrik lain yang tidak digunakan hal itu cukup membantu untuk mencegah pemanasan global.

Menanam Pohon
Penanaman pohon dapat membantu banyak dalam mengurangi pemanasan global daripada metode lainnya. Maka tidak mengherankan pemerintah menganjurkan para warga negara untuk menanam pohon dalam program 1 juta pohon. Mereka tidak hanya memberikan oksigen tetapi juga mengambil karbon dioksida, selama proses fotosintesis, karbon dioksida merupakan sumber utama pemanasan global.

Menggunakan Pilihan Bahan Bakar yang efektif dan efisien
Jika Anda tidak mampu membeli mobil listrik, membeli bensin terbersih mungkin seperti menggunakan pertamaks atau pertalite daripada menggunakan premium.

Penghematan Energi
Bila Anda mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar, maka akan lebih sedikit karbon dioksida dilepaskan ke atmosfer. Mengatur termostat Anda menggunakan ponsel pintar atau mengubah jenis lampu yang Anda gunakan adalah awal yang baik.

Go Green
Menggunakan peralatan energi alami tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga jumlah energi yang terbuang di rumah Anda. Silahkan lihat pada berbagai cara untuk go green.

Tune up Mobil Anda secara teratur
Pemeliharaan rutin kendaraan anda akan membantu fungsi mobil atau kendaraan Anda dengan benar dan akan mengurangi emisi gas buang atau karbon dioksida lebih sedikit.

Menghemat Air
Ini adalah tip sederhana, tapi begitu penting. Jika kita mandi menggunakan 50 liter air untuk mandi berapa juta liter air terbuang untuk mandi seluruh rakyat Indonesi yang berjumlah lebih dari 250 juta orang.

Naik Sepeda Anda
Tidak hanya bersepeda, sehat mengurangi jumlah CO2 yang dilepaskan ke udara. Berjalan adalah cara mudah lain untuk mengurangi pemanasan global.

Periksa Ban Anda
Ketika Anda mengemudi memastikan ban Anda benar meningkat. Jika tidak, maka kendaraan Anda mungkin mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar yang pada gilirannya melepaskan lebih banyak CO2 di atmosfer. Menjaga mesin Anda disetel dengan benar dan drive kurang agresif. Agresif mengemudi dan sering menerapkan rem menghambat mesin dan bahkan dapat menurunkan jarak tempuh mobil Anda.

Menjadi Bagian dari Komunitas Pemanasan Global
Menghubungkan dengan orang lain akan membantu Anda menjadi lebih sadar akan dampak dari pemanasanglobal. Perubahan Forum Nasional Iklim dan Forum Kemanusiaan Dunia adalah jalan yang bagus untuk mengetahui terbaru fakta, statistik, dan upaya dalam membuat perbedaan. Sekaligus menghubungkan lebih banyak orang untuk menyadari pentingnya penghematan energi dan bahaya pemanasan global akan lebih banyak orang yang berusaha melakukan pencegahan pemanasan global.

1 comment:

  1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Cara Mengatasi Pemanasan Global, semoga dpt saling melengkapi

    10 Cara Efektif Mengatasi Pemanasan Global

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara