Cara Membunuh & Mengusir Tawon Di Rumah Anda

Tips mengusir tawon rumah - Apakah anda pernah disengat oleh lebah, rasanya sangat menyakitkan bukan? Sengatan lebah bisa menyebabkan iritasi, nyeri dan lebam walaupun biasanya tidak berakibat fatal namun demikian untuk seseorang yang memiliki reaksi sensitif terhadap sengatan tawon dapat berakibat fatal.

Tawon adalah serangga terbang yang mudah dikenali karena dikenal suka menyengat bila diganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah.

Tawon kadang-kadang dikelirukan sebagai lebah oleh orang awam. Padahal tawon dan lebah merupakan jenis yang berbeda walaupun dalam ordo yang sama, dan berikut beberapa perbedaannya:

Perbedaan tawon dan lebah


Tawon


Lebah


    Bertubuh relatif ramping

    Bertubuh gemuk

    Mulutnya memiliki rahang (mandibula) untuk menggigit

    Mulutnya tidak memiliki mandibula

    Berambut tipis atau nyaris tidak berambut

    Berambut tebal

    Larvanya umumnya memakan daging

    Larvanya umumnya memakan madu

    Semua kakinya berukuran sama

    Kaki belakangnya lebih besar & lebih pipih

Nah jadi tahu kan perbedaan tawon dan lebah! Beberapa jenis tawon sering terdapat dirumah rumah badannya cukup besar tapi ramping, biasanya berwarna hitam dan memiliki bisa menyakitkan. Beberapa menyebutnya tawon kemit, tawon ndas atau tawon gong. Nah jika anda merasa terganggu dengan hadirnya tawon tawon yang sering bersarang di rumah anda berikut beberapa tips & cara mengusir tawon rumah:

Mengusir tawon dengan merusak sarangnya
Tawon biasanya akan pergi jika rumah atau sarangnya kita buang / kita rusak, caranya:

  • Lindungi seluruh badan dengan penutup kepala, pakaian lengan panjang dan celana panjang yang cukup tebal, sarung tangan dan kaos kaki (intinya menutupi seluruh tubuh dari sengatan tawon)
  • Pakai galah panjang lalu rusak sarangnya agar tawon tidak kembali kesarang.

Menggunakan semprotan sabun atau insektisida
Menggunakan sabun dapat mengusir tawon dan membuatnya tidak kembali ke sarang caranya seperti pada poin diatas yaitu kenakan pakaian pelindung lalu semprot sarang menggunakan detergen, air sabun. Sarang yang tersemprot air sabun akan membuat tawon tidak kembali kesarang. Ketika sudah aman rusak sarang tawon.

Menggunakan insektisida juga dapat digunakan untuk membunuh tawon dan larva tawon. Caranya sama seperti diatas hanya ganti cairan semprot sabun dengan cairan insektisida. (Pastikan insektisida tidak tertelan, terhirup atau mengenai kulit karena beracun).

Menggunakan asap akan membuat tawon pergi
Siapkan ban bekas atau material lain yang menghasilkan asap pekat lalu jepit menggunakan galah panjang lalu bakar ban dan letakkan asap dibawah sarang, tawon akan berhamburan pergi. Ingat tetap pakai pakaian pelindung dan pastikan api tidak membakar bahan bahan disekitar sarang yang mudah terbakar.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara