sponsored ads

6 Tips & Cara Alami Mengusir Tikus Curut Di Rumah

Posted By : Posted on - 5:21:00 PM with No comments

Celurut adalah hewan pemakan serangga bertubuh kecil yang berpenampilan mirip mencit/tikus kecil dan tergolong dalam familia Soricidae. Salah satu anggotanya adalah celurut rumah (Suncus murinus L.) yang biasa dijumpai berlari di sudut dinding mencari mangsa. 

Di habitat alaminya celurut memakan serangga serangga dan hewan kecil yang terdapat dialam seperti lebah, kecoa, lipan, kumbang, kupu-kupu, larva ngengat, jangkrik, cacing tanah, belalang, tawon ichneumonid, kaki seribu, siput, dan laba-laba.

Dan ketika tidak mendapatkan cukup makanan di habitat alaminya mereka akan mencari makanan ke manapun mereka bisa mendapatkan makanan termasuk ke dalam rumah anda. Ketika mereka memasuki rumah anda mereka akan memakan hewan dan serangga kecil hingga sisa sisa makanan dirumah anda.

Tikus curut

Hewan ini kerap kali dianggap sebagai tikus karena ukuran, warna rambut, serta moncongnya, sehingga dinamakan pula tikus kesturi. Sebutan lainnya adalah cecurut, (tikus) curut, cencurut, dan munggis. Pada kenyataannya, celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus, bahkan berbeda ordo, celurut termasuk ordo Soricomorpha, bukan Rodentia (hewan pengerat). 

Karena habitat hidupnya yang tumpang tindih dengan tikus, celurut juga menjadi hewan vektor penyakit yang serupa dengan tikus dan mencit. Mereka bertanggung jawab terhadap penyebaran virus, bakteri dan bibit penyakit termasuk pes.

Tips Efektif Mencegah Curut Masuk Rumah

Memang sudah banyak bahan kimia yang beredar dipasaran untuk membunuh celurut ini, tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan cara cara alami yang tentu saja aman bagi peliharaan dirumah termasuk anggota keluarga anda dirumah. Nah berikut adalah beberapa tips alami mengusir celurut dirumah anda.

Pastikan ruangan anda bersih

Seperti diketahui bahwa celurut atau curut menyukai tempat tempat kotor, gelap dan lembab maka tidak mengherankan jika banyak dari mereka yang sering dijumpai dibawah lemari, dikolong tempat tidur dibawah meja makan dan sebagainya. Pastikan untuk menjaga kebersihan ruangan rumah anda dari tumpukan kayu, batu atau perabotan lain yang mungkin bisa digunakan curut atau celurut untuk bersembunyi.

Tidak memberinya makanan berarti cara ampuh untuk mencegah celurut masuk kerumah

Seperti kita ketahui bahwa hewan hewan liar seperti kucing liar, katak, ular bahkan curut akan memasuki rumah anda ketika mereka mengetahui cukup tersedia pasokan makanan yang tersedia dirumah anda. 

Jadi untuk mencegah hewan hewan tersebut masuk kedalam rumah cukup pastikan tidak ada makanan yang menarik perhatian mereka masuk kedalam rumah anda seperti menyimpan makanan dalam keadaan tertutup, tidak ada sisa sisa makanan di ruang dapur anda, tidak tersedia serangga seperti kecoa, laba laba diruangan rumah dan sebagainya. Jauhkan sampah luar ruangan dan wadah sampah tertutup rapat.

Pastikan ruangan rumah anda bersih dan kering

Pastikan tempat tempat diruangan anda tetap bersih dan kering dari sumber air. Hindari menciptakan lingkungan yang lembab, yang sangat menarik untuk curut atau celurut masuk ke rumah anda. Hewan ini bisa mengalami dehidrasi dengan cepat dan mudah, sehingga mereka tidak bisa jauh dari sumber air. Lingkungan yang lembab juga cenderung untuk menarik hama serangga, diversifikasi dan meningkatkan tersedia persediaan makanan tikus.

Memelihara predator musuh celurut

Jika anda menyukai kucing atau anjing maka hal itu sangat baik untukmenjauhkan tikus curut dari rumah anda karena hewan peliharaan tersebut merupakan musuh alami celurut. Hewan predator alami celurut lainnya adalah ular, elang, burung hantu dsb.

Menggunakan kebisingan, atau menggunakan suara infra dan ultrasonik

Seperti diketahui bahwa curut atau celurut tidak menyukai tempat tempat bising. Bahkan anda dapat menggunakan aplikasi smartphone atau laptop yang banyak tersedia diinternet untuk menghasilkan suara infrasonik atau ultrasonik untuk mengusir hewan hewan seperti nyamuk, serangga, tikus dan hewan hewan pengganggu lain dirumah anda.

Menggunakan shrews repellent

Shrews repellent berarti pengusir tikus curut yang banyak tersedia di toko toko biasanya toko peternakan. Bahan ini memiliki bau seperti bau urine. Tikus, celurut seperti spesies yang paling mangsa, diburu oleh banyak hewan. Mereka cenderung menghindari daerah di mana predator hang out, patroli secara teratur dan menandai dengan bau urin seperti pada shrews repellent ini dapat menjauhkan rumah anda dari tikus celurut. Ikuti petunjuk kemasan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara