Tips Mengetahui Ciri-Ciri Orang Dengan IQ Tinggi

Posted By : Posted on - 11:02:00 AM with 2 comments

Ciri ciri IQ tinggi - Intelligence quotient (IQ) atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan kecerdasan intelektual selalu menjadi perbincangan hangat bagi para peneliti bahkan bagi orang awam sekalipun. Mulai dari bagaimana tipe orang ber IQ tinggi atau rendah, bagaimana perilaku mereka, bagaimana itu bisa terjadi dsb. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan biasnya dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Tips Mengetahui Ciri-Ciri Orang Dengan IQ Tinggi

Lalu apa sih sebenarnya IQ atau kecerdasan intelektual itu?  IQ merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis. Beberapa orang dengan IQ tertinggi adalah sebagai berikut:

Orang Dengan IQ tertinggi
  1. William James Sidis (American Mathematics & Academics) IQ 250-300
  2. Terence Tao (Australian Mathematician) IQ 225-230
  3. Crhistopher Hirata (American AstroPhysics) IQ 225
  4. Kim Ung Yong (South Korean Scientist) IQ 210
  5. Garry Kasparov (Russian Chess Grandmaster) IQ 194
  6. Marilyn Vos Savant (American Writer) IQ 190
  7. Leonardo da Vinci (Italian painting, sculpting, music, mathematics, engineering, geology, cartography, and writer) IQ 180-190
  8. Judit Polgar (Hungarian Women chess Grandmaster) IQ 170
  9. Albert Einstein (Germany Scientist) IQ 160-190
  10. Stephen Hawking (England theoritical Physicist) IQ 160

Sebenarnya tidak hanya IQ yang diperhitungkan, masih ada EQ (Emotional quotient) / kecerdasan emosional dan SQ (spiritual Quotient) / kecerdasan spiritual. Sehingga sangat penting dan masing masing memiliki keterkaitan.

  • Kecerdasan intelektual / Inteligence Quotient (IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.
  • Kecerdasan emosional / Emotional quotient (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.
  • Kecerdasan spiritual / Spiritual quotient (SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. SQ merupakan fasilitas yang membantu seseorang untuk mengatasi persoalan dan berdamai dengan persoalannya itu. Ciri utama dari SQ ini ditunjukkan dengan kesadaran seseorang untuk menggunakan pengalamannya sebagai bentuk penerapan nilai dan makna.

Ciri-ciri Orang dengan Level IQ Tinggi
Dikutip dari beberapa situs web ada beberapa ciri ciri yang paling umum menandakan orang orang dengan IQ tinggi dan beberapa ciri tersebut adalah:

Lebih banyak tersenyum
Orang orang dengan IQ tinggi selalu lebih banyak tersenyum karena otaknya terus-menerus memikirkan ide-ide cemerlang sehingga memacu perasaan untuk terus tersenyum. Tapi ini gak selalu jadi indikasi, karena yang sering senyum bisa saja orang gila, hehehe...

Cepat merasakan kejenuhan atau kebosanan
Cepat memahami sesuatu, cerdas, cepat mengerti sesuatu pembelajaran, cepat berpikir, dan akhirnya cepat bosan. Orang orang dengan IQ tinggi biasanya membutuhkan hal hal baru yang belum mereka ketahui mungkin karena cepat mengerti segala hal inilah yang membuat mereka cepat merasa jenuh atau bosan.

Tidak Populer
Orang orang dari daftar diatas adalah orang orang dengan IQ tinggi, tetapi sebelumnya mereka sangat tertutup dan tidak populer. Kepopulerannya didapat dari media media yang menyebarkan secara luas. Pikiran mereka lebih dewasa dibanding umurnya bahkan ketika mereka masih anak anak. Jadi wajar saja kalau mereka lebih senang bergaul dengan yang dewasa pikirannya juga.

Mengalami gangguan tidur dan Tidur Larut Malam
Begadang dan sulit tidur merupakan beberapa hal yang menurut dunia medis dapat menyebabkan gangguan kesehatan! Namun menurut sejumlah peneliti menyebut bahwa otak orang-orang ber-IQ tinggi ini sangat aktif, bahkan karena kerja otak yang seolah "tak berhenti" ini membuat mereka sulit untuk "mematikan" otak mereka sementara. Sehingga mereka sering mengalami kesulitan tidur dimalam hari.

Sering dianggap orang Aneh
Faktanya dengan memiliki IQ tinggi, seseorang akan memiliki daya kreatifitas yang tinggi dan memikirkan yang tidak orang lain pikirkan sehingga mereka sering dianggap oleh orang orang disekitarnya sebagai orang aneh. Orang dengan IQ tinggi juga sering terlihat berbicara dengan dirinya sendiri.

Memiliki kepercayaan diri tinggi
Mereka yang memiliki IQ tinggi sering memiliki kepercayaan diri tinggi bahkan over, terlalu percaya diri atau terlampau yakin dengan kemampuan sendiri (over confidence), terlalu rasional, terlampau berpikir logik, berkepribadian kolerik (choleric) murni, tipe pemimpin alami (natural leader), motivator, perangkap tugas (muti-tasker), ofensiv atau bersifat menyerang, konfrontativ, serta cendrung menguasai, mengendalikan, dan menjajah.

Sering memotong pembicaraan
Cenderung untuk memotong pembicaraan orang lain karena merasa sudah mengerti, sudah lebih tahu walaupun belum selesai dijelaskan.

Memiliki Kemauan Keras
Kembali ke nomor 6! Percaya diri adalah awal dari kemauan keras. Tidak mudah dipengaruhi, bersifat konsisten, tapi bisa mempengaruhi orang lain.

Memakai Bahasa Baku atau berbicara dengan menyampur bahasa asing Kalau Berbicara
Mungkin karena kemampuan intelektual yang tinggi mereka lebih sering menggunakan bahasa tersebut karena lebih mudah dipahami. Sehingga bagi yang mendengarnya terlihat campur aduk padahal dalam bahasa baku, hanya saja mereka mencampurnya dengan beberapa bahasa asing sebagai contoh terkadang saat berbicara kadang mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, Jerman atau bahasa lain yang mereka ketahui sehingga jarang dipahami oleh orang lain.

Nah apakah kriteria diatas masuk kriteria dengan karakter anda atau sebaliknya, sekali lagi kriteria diatas bukan sebagai pembanding jika sama dengan kriteria diatas adalah orang dengan IQ tinggi atau sebaliknya namun artikel diatas membahas dari kebiasaan kebiasaan dari orang orang dengan IQ tinggi diatas. Jadi bisa saja itu berlaku bagi anda tetapi bisa juga tidak.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara