Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software

Menambah ukuran RAM - Random acces memori / memori akses acak atau yang lebih kita kenal dengan RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Bahasa mudahnya RAM menjalankan dan mengolah data program atau aplikasi yang tersimpan di di komputer, laptop atau perangkat lain yang menggunakannya selama mereka menyala tanpa berurutan tidak seperti media penyimpanan memori lain seperti ROM, disk dsb.

Oleh karena itu kapasitas RAM akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses dan pengolahan data pada perangkat yang menggunakannya. Semakin besar kapasitas atau ukuran RAM, maka program yang dijalankan bisa semakin banyak dengan lancar begitu juga sebaliknya. Maka tidak mengherankan jika beberapa komputer, laptop atau perangkat tertentu menggunakan kapasitas besar untuk menjalankannya sesuai dengan tujuan penggunaannya seperti contoh mudah yaitu komputer gaming.

Komputer gaming sesuai dengan tujuannya yaitu mengolah data dengan kapasitas besar untuk menghasilkan grafik permainan yang tajam dan menarik maka biasanya komputer gaming memiliki kapasitas RAM yang lebih besar daripada komputer yang digunakan secara umum. Nah bagi anda yang memiliki hobi membuka atau menggunakan aplikasi yang berkapasitas besar tetapi kmputer atau laptop hanya memiliki kapasitas yang cukup kecil, kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana menambah kapasitas memori RAM agar semakin besar. Metodenya adalah kita mengambil sedikit bagian Hard Disk (HDD) untuk dijadikan RAM virtual. Berikut tutorialnya disertai dengan gambar lengkap (klik pada gambar untuk memperbesar):


 1   Klik Start => Klik kanan Computer => Properties

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 1

 2   Kemudian klik Advanced system settings

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 2

 3   Pada tab Advanced, klik Settings

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 3

 4   Pada tab Advanced yang selanjutnya, klik Change

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 4

 5   Uncheck Automatically manage paging file size for all drivers. Pilih partisi HDD yang ingin dijadikan memori RAM virtual. Seperti pada gambar sebagai contoh, Local Disk E: memiliki 65462 MB, saya akan mengalokasikan 4000 MB (Initial size) dan 8000 MB (Maximum size).
Langkah terakhir, klik OK dan restart komputer.

Tips Menambah Ukuran RAM PC & Laptop Tanpa Software 5

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara