Tips & Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

Banyak sekali manfaat menyusui bagi bayi terutama untuk bayi lahir - 6 bulan. Menurut kutipan dari sebuah buku berjudul Panduan untuk profesi kedokteran (Elsevier - Mosby) yang ditulis oleh ahli nutrisi bayi Ruth A. Lawrence, MD, seorang profesor pediatri dan OB-GYN di University of Rochester School of Medicine NY, berikut adalah beberapa manfaat penting untuk ibu dan bayi:


  1. Meminimalisir kejadian pneumonia, pilek, infeksi saluran pencernaan, diare, menurunkan kematian bayi secara mendadak dan penyebaran virus pada bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif dari ibunya, ini berarti dengan mendapatkan ASI bayi lebih sehat.
  2. Memiliki efek perlindungan jangka panjang pada ibu menyusui dari kondisi kronis, seperti diabetes tipe I, penyakit celiac, kanker payudara dan penyakit Crohn.
  3. Dengan rutin menyusui bayi juga menurunkan berat badan ibu. Sebuah kalori insinerator bahwa menyusui membakar hingga 500 kalori per hari. ASI mengandung 20 kalori per ons, memberi makan bayi Anda 20 ons per hari, itu berarti 400 kalori keluar dari tubuh Anda.
  4. Meningkatkan kekuatan tulang lebih kuat pada wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah dari osteoporosis postmenopause. Ketika seorang wanita hamil dan menyusui, tubuhnya menyerap kalsium lebih efisien.
  5. Membantu penyembuhan yang lebih cepat dan lebih baik setelah melahirkan. Menyusui akan membantu rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat-sekitar enam minggu setelah melahirkan, dibandingkan dengan 10 minggu jika Anda tidak menyusui.
  6. Memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara premenopause dan kanker ovarium, penyakit mematikan yang meningkat paling umum dialami oleh para ibu.
  7. ASI Anda memenuhi kebutuhan bayi Anda. Kolostrum "premilk" yang diproduksi setelah anda melahirkan memberikan antibodi sempurna untuk melindungi bayi yang baru lahir. Juga lebih tinggi protein dan rendah gula, sehingga bahkan sejumlah kecil dapat menahan rasa lapar bayi Anda.
  8. ASI memiliki respon antibodi yang lebih baik untuk vaksin daripada bayi yang diberi susu formula.
  9. Menyusui menyebabkan pelepasan prolaktin, yang membuat estrogen dan progesteron sehingga tidak memicu ovulasi.
  10. Meningkatkan kedekatan emosional yang lebih baik antara ibu dan bayinya. Menyusui membantu menumbuhkan kedekatan hubungan secara psikologi yang lebih baik.

Tapi apa yang terjadi ketika Anda tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi? Ketika ibu tidak memproduksi ASI yang cukup, sering menimbulkan kekhawatiran tentang apakah pasokan mereka dari ASI yang memadai. Kebanyakan ibu menghasilkan ASI yang cukup bagi anak mereka. Namun, pada waktu tertentu beberapa ibu tidak dapat menghasilkan jumlah yang memadai. Beberpa penyebab pasokan ASI yang rendah dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, konsumsi pil KB, perubahan hormonal tertentu dalam tubuh, kekurangan nutrisi, dsb. Nah berikut adalah beberapa cara agar produksi AsI lebih banyak dengan cara yang alami.

Tips Meningkatkan Produksi ASI

Kompres hangat
Dalam beberapa kasus, sirkulasi darah rendah di payudara adalah alasan utama di balik pasokan ASI yang tidak memadai. Jika ini adalah alasan, Anda dapat menggunakan kompres hangat pada payudara Anda sebelum menyusui untuk meningkatkan suplai darah.

Biji Adas
Biji adas juga membantu meningkatkan produksi ASI. ramuan ini bertindak sebagai galactogogue, suatu zat yang membantu tubuh memproduksi ASI lebih. Plus, biji adas membantu pencernaan dan membantu mencegah nyeri kolik pada bayi kecil. Tambahkan satu sendok makan biji adas untuk satu cangkir air panas. Tutup cangkir, biarkan curam selama 30 menit, kemudian saring solusinya. Minum teh dua kali sehari selama satu bulan.

Biji Jinten
Jintan juga diyakini untuk merangsang produksi susu. Plus, biji jintan meningkatkan pencernaan dan memberikan bantuan dari sembelit, keasaman lambung dan kembung. Biji jintan juga merupakan sumber zat besi yang memberikan kekuatan untuk ibu baru setelah melahirkan. Campurkan satu sendok teh jintan dengan satu sendok teh gula. Memiliki campuran ini dengan segelas susu hangat setiap hari sebelum tidur selama beberapa minggu.

Kayu manis
Menurut Ayurveda, kayu manis juga akan membantu untuk meningkatkan sekresi ASI. Ketika ibu menyusui makan kayu manis, membantu meningkatkan rasa ASI yang tampaknya banyak bayi seperti. Plus, membantu menunda terjadinya menstruasi setelah melahirkan dan mencegah konsepsi awal.

Oatmeal
Oatmeal adalah tambahan yang sehat untuk diet untuk ibu-ibu yang ingin meningkatkan produksi susu mereka. Pertama-tama, oatmeal merupakan sumber yang baik dari zat besi dan kekurangan zat besi adalah salah satu alasan utama di balik kurang produksi ASI. Kedua, oatmeal adalah makanan kenyamanan bagi banyak wanita. Ini berarti dapat membantu ibu baru rileks dan mengurangi stres. Makan semangkuk oatmeal dengan susu untuk sarapan setiap pagi adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan pasokan ASI.

Wortel dan Beetroot
Wortel dan bit mengandung jumlah yang baik dari beta-karoten, yang dikatakan sangat baik untuk meningkatkan pasokan ASI. Juga, beta-karoten yang bermanfaat bagi pertumbuhan keseluruhan bayi yang baru lahir. Plus, sayuran ini tinggi mineral dan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui. Masukkan dua wortel dan dua umbi bit dalam juicer untuk membuat jus segar. Tambahkan garam atau madu sesuai selera. Minum dua kali sehari selama beberapa minggu. Atau, Anda dapat membuat salad sehat atau sup wortel dan bit dan makan mereka sehari-hari untuk meningkatkan pasokan ASI.

Tips tambahan
  • Menjaga tubuh terhidrasi dengan minum air sepanjang hari.
  • Mengikuti diet bergizi dan mencoba untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda.
  • Memperbaiki posisi menempel sehingga Anda dan bayi merasa nyaman selama sesi menyusui.
  • Sering menyusui bayi Anda. Semakin Anda menyusui, semakin banyak susu akan dihasilkan.
  • Menyusui bayi Anda dari satu payudara sampai menjadi kosong, dan kemudian beralih ke yang berikutnya.
  • Gunakan payudara-pompa untuk memompa ASI selama sekitar 15 menit setiap dua sampai tiga jam untuk meningkatkan pasokan ASI.
  • Jangan merokok atau minum beralkohol selama masa menyusui.
  • Hindari stres, stres merupakan pemicu terbesar produksi ASI yang sedikit.
  • Cukupi kebutuhan tidur atau istirahat.
  • Ambil beberapa suplemen bermanfaat untuk produksi ASI (harus berkonsultasi dengan dokter terkait)
Sumber referensi:
1. http://www.top10homeremedies.com/how-to/increase-breast-milk-production.html/3
2. http://www.mamanatural.com/how-to-increase-breast-milk-supply/
3. http://www.fitpregnancy.com/baby/breastfeeding/20-breastfeeding-benefits-mom-baby

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara