sponsored ads

Tips Agar Smartphone Tidak Berat & Lemot Saat Digunakan

Posted By : Posted on - 6:37:00 PM with No comments

Perangkat smartphone sekarang ini hampir tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari hari. Seperti smartphone yang berbasis operasi android atau iOs yang makin menjamur bahkan smartphone dengan sistem android menurut beberapa survey menempatkan android peringkat teratas pada smartphone yang banyak digunakan di Indonesia. 

Keluaran keluaran terbaru selalu menghiasi media, web atau media cetak berbasis tekhnologi. Perangkat smartphone memiliki kecenderungan menjadi tua apalagi untuk smartphone yang jarang diupgrade.

Dan tidak hanya dengan cara fisik, penggunaan berkepanjangan dapat juga berpengaruh terhadap kinerja sistem perangkat smartphone yang pada akhirnya akan membuat smartphone serasa berat dan lemot saat digunakan. 

Tips Agar Smartphone Ringan & Tidak lemot Saat Digunakan

Anda mungkin bisa menggunakan tips-tips yang akan kita bahas berikut ini tentang cara agar smartphone anda terasa ringan, lancar, tidak berat dan tidak lemot tentunya. Berikut tips yang bisa anda coba:

Hapus / menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan

Kita terlalu banyak men-download aplikasi bahkan yang tidak benar benar kita perlukan sehingga banyak aplikasi atau program yang ada pada perangkat smartphone menjadi berat dan lemot. Tentu hal ini tidak masalah dan baik-baik saja ketika Anda memiliki banyak ruang penyimpanan atau anda memiliki ruang kapasitas memori yang cukup besar, tetapi bagaimana jika ruang kapasitas memori anda kecil dan terbatas.

Tidak cukup memiliki ruang atau kapasitas di semua perangkat termasuk smartphone membuat aplikasi yang berjalan semakin berat dan lemot. Belum lagi, software ini dapat berjalan di latar belakang yang tidak kita sadari, sehingga beberapa aplikasi tetap berjalan bahkan ketika kita tidak menggunakannya. 

Hapus aplikasi yang tidak terpakai atau tidak benar benar anda butuhkan dari smartphone anda, hal ini akan menyediakan ruang untuk smartphone yang lebih ringan dan lancar. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan manajer aplikasi dalam pengaturan smartphone Anda, atau menguninstallnya secara manual dari smartphone anda.

Menghapus data cache

Cache dalam ilmu komputer didefinisikan sebagai komponen yang menyimpan data-data komputasi yang baru dijalankan atau duplikasi data lain yang berguna untuk menjalankan perintah di masa mendatang dengan lebih cepat. Namun kapasitasnya terbatas. 

Jika dilihat dari fungsinya, cache dimaksudkan untuk membantu mempercepat perangkat ketika menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dipergunakan. Dengan menyimpan beberapa data secara lokal, sistem ini dapat mengurangi waktu loading dan menghindari kebutuhan untuk mengambil bit yang sama dari Internet setiap kali Anda memasukkan situs web atau aplikasi.

Masalahnya adalah bahwa menyimpan data cache yang terlalu banyak dapat menjadi cukup berat pada penyimpanan internal smartphone Anda. Mencoba untuk membersihkan itu dari waktu ke waktu, atau Anda dapat mencari aplikasi pembersih cache pada Google Play Store.

Bersihkan penyimpanan perangkat internal Anda jika tidak diperlukan

Terlalu banyak penyimpanan data seperti musik, video dan file lain di memori internal dapat membuat perangkat smartphone terasa berat dan lemot saat digunakan. Mengisi terlalu banyak penyimpanan internal Anda dapat mempengaruhi kinerja, jadi cobalah untuk menjaga memori telepon berkapasitas cukup untuk menjalankannya. 

Jika anda memang menggunakan semua data dan file tersebut maka simpan di memori eksternal bukan di memori telepon atau internal android.

Singkirkan widget yang tidak diperlukan!

Widget menjadi penyebab umum dan sumber daya yang besar dan memperlambat perangkat Anda. Jendela informasi ini terus-menerus mengambil data dan mencari update. Cobalah untuk membatasi penggunaan widget di perangkat smartphone yang tidak diperlukan.

Dump live wallpaper

Dan inilah fitur smartphone yang mengagumkan lain yang tidak tepat yang terbaik dalam menjaga smartphone Anda bersih dan halus. wallpaper hidup pasti menyenangkan, tetapi mereka mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai. Kecuali Anda bersedia mengorbankan sedikit bagi mereka animasi mewah, hanya pergi ambil gambar biasa.

Menjaga perangkat lunak smartphone Anda selalu up to date

Ingat pembaruan perangkat lunak tidak selalu tentang fitur baru. Bahkan, sering kali tujuan utama dari upgrade OTA adalah untuk mengatasi bug atau sampah dalam perangkat smartphone dan meningkatkan kinerja perangkat. Pastikan perangkat lunak smartphone Anda selalu pada versi terbaru yang tersedia.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara