sponsored ads

Cara Screenshot Tersimpan Otomatis Di PC / Laptop

Posted By : Posted on - 12:10:00 PM with 7 comments

Screenshot otomatis pada OS 7 - Tidak seperti pada PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows 7, PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi windwos 10 secara otomatis dapat menyimpan screenshot yang kita ambil. Seperti kita ketahui pada windows 7 saat kita ingin mengambil gambar screenshot kita harus menekan tombol Print Screen kemudian mem-paste hasil tangkapan layar di editor gambar kemudian kita bisa mengeditnya terlebih dahulu atau langsung menyimpannya. Atau bisa saja menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di internet untuk menyimpan hasil secara otomatis menggunakan PC atau laptop dengan sistem operasi windows 7 ini.

Berbeda dengan windows 10 yang secara otomatis akan menyimpan hasil screenshot di folder yang kita inginkan. Namun hanya tersedia screenshot untuk ukuran penuh layar. Belum ada dukungan yang sama untuk screenshot pada area atau jendela tertentu saja. Namun tentu saja anda tetap bisa memotong atau mengedit screenshot tersebut bisa memanfaatkan aplikasi bawaan Snipping Tool atau menggunakan aplikasi editor gambar lainnya.

Mengambil tangkapan layar atau screenshot yang tersimpan secara otomatis untuk OS windows 10 ini tentunya menguntungkan buat kita, beberapa keuntungannya adalah kita dapat otomatis menyimpan screenshot dalam jumlah banyak, kita tidak perlu berpindah ke aplikasi lain saat menangkap layar saat akan menyimpannya (sebagai contoh saat bermain game) dsb. Nah berikut adalah beberapa cara menangkap tampilan layar atau screenshot dan secara otomatis menyimpannya disertai dengan gambar:

 1   Untuk pengguna Windows 10 versi komputer desktop (bukan laptop), dapat menekan tombol keyboard Windows + Prnt Scrn. Hanya untuk keyboard komputer desktop

keyboard komputer desktop

 2   Untuk pengguna laptop atau mobile computer, bisa menekan tombol keyboard Ctrl + Windows + Prnt Scrn atau Windows + Fn + Prnt Scrn. Terkait mana yang benar, tergantung tipe laptop sobat. Silahkan dicoba dari dua kombinasi tombol tersebut.

keyboard laptop atau mobile computer 1

keyboard laptop atau mobile computer 2

 3   Ketika tombol tersebut ditekan, layar akan redup sesaat kemudian kembali normal lagi. Prosesnya cepat, kurang dari satu detik. Untuk melihat hasil screenshot, silahkan menuju Pictures => Screenshots. Disanalah berbagai hasil screenshot bisa dilihat.

screenshaot saved windows 10

Format gambar adalah PNG sehingga hasil gambarnya lumayan tajam. Resolusi gambar sesuai dengan resolusi layar saat gambar screenshot dilakukan.

7 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara