Bagaimana Cara Mengetahui Pasangan Sedang Berbohong?

Mengetahui kebohongan pasangan - Setiap orang pasti tidak ingin dibohongi apalagi dibohongi orang orang terdekat seperti pacar, pasangan atau orang yang kita sayangi. Karena suksesnya sebuah hubungan jangka panjang tentu sedikit banyak dipengaruhi oleh kepercayaan, keterbukaan dan kejujuran masing masing pasangan. Namun faktanya banyak pasangan yang sangat sulit untuk berkata jujur dan terbuka dengan pasangannya, walaupun hanya kebohongan - kebohongan kecil namun jika hal itu dibiarkan maka tentu saja akan menjadi kebiasaan buruk yang bisa mengancam kesuksesan hubungan jangka panjang.

Bagaimana Cara Mengetahui Pasangan Sedang Berbohong?

Jika kemarin saya telah men-share bagaimana cara mengetahui seseorang berbohong menurut Psichology Today dan ada yang berkomentar di email saya bertanya tentang "Lalu bagaima cara mengetahui pasangan berbohong", nah kali ini saya akan berbagi sedikit juga tentang tips mengetahui pasangan berbohong. Tentu saja kebohongan orang lain dengan pasangan akan berbeda cara mengetahuinya karena terkait perasaan emosional dan akan berbeda juga cara mereka berbohong.

Tentu saja cara ini tidak menjadikanmu memiliki penilaian buruk terhadap pasanganmu karena sekali lagi hal ini tidak 100% tepat, karena ini hanya menurut penilaian para ahli yang saya kutip dari web Psikologi populer sehingga mungkin saja berguna bagi kamu untuk menjaga kewaspadaanmu dan bukan menjadi patokan untuk menilai kebohongan seseorang. Ok kita langsung saja, berikut beberapa tips mengetahui pasanganmu membohongimu:

Tidak Mau Kontak Mata
Mungkin kata kata bisa saja membohongi namun tetap saja kontak mata akan menunjukkan kebenarannya. Seorang yang berbohong umumnya tidak mau berkontak mata saat ia mengutarakan kebohongannya karena ia merasa takut kebohongannya terbongkar kecuali jika memang pasanganmu sudah lihai + profesional menjadi pembohong. Saat kamu menanyakan sesuatu dan secara refleks si dia menghindari kontak mata sama kamu maka bisa dipastikan dia sedang menyembunyikan sesuatu. Entah itu kebohongan atau menyimpan sebuah rahasia.

Gerak tubuh / bahasa tubuh akan menunjukkan kebohongan
Siapa saja yang berbohong termasuk pasanganmu akan memiliki ciri ciri gerak tubuh / bahasa tubuh yang berbeda saat ia jujur atau berbohong. Mulai dari kontak mata, caranya berbicara, raut wajah, gerakan tangan atau kaki dan posturnya saat berbicara. Sekali lagi sesorang yang berbohong pasti tidak akan merasa kenyamanan saat berbicara karena mereka takut rahasianya terbongkar kecuali dia merupakan pembohong profesional.

Kegugupan juga bisa menunjukkan pasanganmu sedang berbohong. Berbicara terbata-bata atau gugup menandakan jika di dalam dirinya sedang bergejolak. Entah itu karena tidak percaya diri atau karena berusaha menyembunyikan sesuatu. Hal tersebut terjadi karena di dalam pikirannya ia sedang berusaha mencari cara agar rahasianya tidak terungkap. Nah, coba kamu perhatikan. Jika si dia selama ini tidak pernah gugup dan tiba-tiba ia gugup saat kamu membicarakan sesuatu maka itu bisa jadi tanda si dia berbohong.

Cepat Mengalihkan Pembicaraan & inkonsistensi pembicaraan
Saat pasangan berbohong mereka tidak fokus dengan pembicaraan yang mereka pikirkan hanya bagaimana cara bicara bohongnya agar tidak terbongkar. Sehingga mereka tidak fokus dan tidak konsisten berbicaranya, kadang ngomong ini sebentar lagi ngomong itu dsb. Banyak yang tidak sadar jika kebohongan itu dapat membuatnya merasa tertekan, apalagi saat hal yang berusaha ia sembunyikan mulai dibicarakan. Hal tersebut sama sekali tidak bisa disembunyikan, tidak peduli seberapa keras usaha yang seseorang lakukan.

Inkonsistensi pembicaraan, tidak fokus dan sering mengalihkan pembicaraan pada babak saat ia berbohong bisa menjadi identifikasi atau salah satu cara yang paling sering dilakukan pasangan saat menyembunyikan kebohongannyaa. Bahkan ketika pasangan sudah terbiasa berbohong justru karena kelihainnya berbicara ia bisa memutarbalikkan fakta jadi seolah yang benar menjadi salah atau sebaliknya.

Refleks emosional
Nah refleks emosional ini akan terjadi ketika pasangan mulai tertekan dengan kebohongan yang dia buat. Ketika mereka tidak lagi bisa memberikan bukti yang otentik untuk membenarkan kebohongannya mereka akan mengeluarkan refleks emosional yaitu dengan kemarahan atau bisa juga juga dengan menangis. Bisa juga justru merayu pasangannya untuk menutupi kebohongan sekaligus agar kebohongan itu tidak lagi dibahas. Menggoda dan merayu dengan kata-kata atau bahasa tubuh adalah salah satu trik yang paling sering dilakukan untuk menyembunyikan kebohongannya. Tujuannya tak lain agar kamu tidak fokus untuk mencari tahu hal yang ia sembunyikan dari kamu.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara