9 Tips Bermanfaat Buat Kamu Yang Kuliah Sambil Kerja

Posted By : Posted on - 11:04:00 PM with 2 comments

Kuliah sambil kerja? Hidup mandiri tidak hanya bisa lakukan ketika anda sudah lulus dari pendidikan dan mendapatkan pekerjaan favorit. Namun hidup mandiri bisa anda biasakan dan anda latih semenjak dini. Kerja sambil kuliah merupakan contoh melatih hidup mandiri, selain anda mendapatkan gaji untuk membantu biaya pendidikan anda tetapi kerja sambil kuliah juga bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman kerja sehingga memudahkan anda mencari dan mendapatkan lowongan pekerjaan setelah anda lulus kuliah nanti.

9 Tips Bermanfaat Buat Kamu Yang Kuliah Sambil Kerja

Namun kerja sambil kuliah merupakan tantangan besar karena anda dituntut untuk bisa membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan pendidikan (kuliah) anda. Nah kali ini tim Jobs Info Pedia akan berbagi sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi anda yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja agar keduanya bisa berjalan dengan baik:

Bersikap lebih Realistis
Setiap pilihan tentu memiliki konsekuensi berbeda, termasuk ketika anda sudah memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Sebaik apapun anda memanage waktu dan tenaga toh salah satu pasti terkena imbas dengan pilihan tersebut. Kendala yang paling utama yang akan Anda hadapi saat memilih untuk menjalani dua profesi sekaligus tentunya akan membuat Anda harus mengorbankan salah satu diantaranya. Bersikaplah realistis dan berpikir positif. Jika Anda memang tidak bisa mendapatkan nilai yang bagus saat kuliah maka hadapilah kenyataan tersebut karena itu adalah konsekuensi yang harus Anda hadapi dan tetap pada tujuan Anda yaitu mencapai kesuksesan.

Atur Jadwal dengan lebih baik
Waktu adalah kendala paling besar dalam menjalani perkuliahan sambil bekerja. Saran kami adalah atur jadwal kerja Anda dengan waktu perkuliahan, selain itu sebaiknya Anda juga mulai mempersiapkan diri dengan tuga-tugas dadakan dan juga keadaan-keadaan tertentu yang mengharuskan Anda lebih lama bekerja. Seperti memanfaatkan waktu istirahat untuk mengerjakan tugas, manfaatkanlah waktu sekecil apapun untuk membagi tugas kuliah dan tugas pekerjaan.

Gunakan waktu istirahat dengan sebaik mungkin
Ketika anda menghadapi 2 kegiatan sekaligus maka hal itu tentu membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih ekstra. Gunakan waktu istirahat anda dengan baik jangan sampai kesehatan anda terganggu dan pada akhirnya mengganggu kuliah atau pekerjaan anda.

Siapkan Diri untuk menghadapi Stres
Saat Anda memutuskan untuk kuliah sambil mencari nafkah maka Anda akan bersahabat dekat dengan stres. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri Anda akan hal itu, tanamkan pada diri Anda jika Anda bisa melewati ini semua. Keinginan yang kuat adalah cara ampuh untuk mengatasi masalah stres Anda, ingat keputusan ada di tangan Anda.

Hadapi Konsekuensi Anda
Untuk mencapai kesuksesan memang dibutuhkan pengorbanan yang cukup besar. Ketika anda memiliki impian tersebut, berusaha keras untuk mendapatkannya maka ketika anda sudah membuat keputusan maka hadapi juga setiap konsekuensinya. Saran kami sebaiknya Anda hadapi konsekuensinya karena itu semua adalah pilihan Anda. Motivasi diri Anda!

Terapkan skala prioritas
Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah menerapkan skala prioritas. Apakah Anda mengedepankan pekerjaan terlebih dahulu atau kuliah? Semua memiliki kondisi berbeda sehingga prioritas berbeda. Namun, biasanya untuk Anda yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga Anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau Sabtu Minggu. Sementara untuk Anda yang kuliah dengan jam reguler apalagi di universitas negeri, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya menyesuaikan dengan jadwal kuliah Anda agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan ke dua belah pihak tahu anda kuliah sambil bekerja
Ketika Anda bekerja sambil kuliah pastikan pihak kantor mengetahui hal tersebut. Buatlah semuanya secara transparan. Mengapa harus demikian? Karena apabila ada urusan di kampus yang penting seperti UTS, UAS, atau bahkan sidang skripsi sekalipun Anda akan mendapatkan dispensasi dari kantor. Begitu juga pihak kampus juga harus tahu anda juga bekerja disamping kuliah, sehingga keduanya bisa berjalan lebih lancar.

Belajar manajemen waktu yang baik
Ketika Anda memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, pastikan Anda memiliki pengaturan atau manajemen waktu yang baik. Perlu diketahui, menjalankan keduanya secara bersamaan tidaklah mudah, tapi juga tidak sesulit yang Anda kira kalau Anda menerapkan manajemen waktu yang baik. Cukup dimulai dengan langkah awal yang simpel saja, yaitu membuat jadwal kuliah dan pekerjaan Anda tidak bentrok satu sama lain. Jangan lupa untuk selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor, dan sisihkan waktu lebih dalam sehari untuk mengurus tugas-tugas di kampus.

Kalau bisa cari pekerjaan yang fleksibel
Ini bukan suatu keharusan, tetapi benar-benar bisa memberikan Anda keuntungan dalam segi manajemen waktu. Dengan bekerja secara remote, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Asalkan pekerjaan yang Anda lakukan hasilnya memuaskan, maka Anda bisa memiliki waktu lebih untuk melakukan aktifitas lain tidak hanya sekadar kuliah dan bekerja.

2 comments:

  1. Anda sangat pandai membuat artikel seperti ini, sederhana tetapi sangat bermanfaat jika kita memahaminya. Jangan lupa berkunjung ke blog saya juga..

    ReplyDelete
  2. Permisi gan, izin share artikel saya tentang kesehatan. Karena saya tahu website Anda ini sangat bermutu.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara