8 Tips & Cara Tepat Merawat Komputer Gaming

Merawat komputer gaming - Bagi anda penyuka game, komputer gaming mungkin adalah pilihan utama anda ketika membeli sebuah perangkat komputer. Walaupun lebih mahal daripada komputer biasa namun hal itu sepadan dengan hobi yang digemari. Beberapa alasan kenapa komputer gaming lebih mahal dan membedakan dari komputer biasa adalah komputer gaming karena digunakan untuk permainan game yang mayoritas memiliki kapasitas besar dan berat maka harus mempunyai spesifikasi lebih tinggi karena sangat mengutamakan kecepatan proses dan kemulusan gambar.  Kecepatan dan kemulusan (speed and smoothness) sebuah komputer gaming biasanya dipengaruhi oleh 6 komponen utama yaitu :

  • Spesifikasi dan Performa Motherboard
  • Spesifikasi dan Performa Prosesor
  • Spesifikasi dan Performa Grapic Card (VGA)
  • Spesifikasi dan Performa Memory RAM
  • Spesifikasi dan Performa Power Supply (PSU)
  • Spesifikasi dan Performa Harddisk(HHD)

Nah jadi sangat penting untuk merawat komputer gaming ini karena biasanya tanpa perawatan yang tepat komputer gaming mudah rusak. beberapa faktor seperti lonjakan listrik yang tiba-tiba dari sambaran petir, voltase yang tiba-tiba turun akibat pemadaman bergilir juga termasuk hal yang bisa menyebabkan PC gaming Anda cepat rusak. Hardware yang rentan untuk rusak saat listrik mati secara tiba-tiba ini adalah hardisk, RAM, dan juga power supply. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, hal yang harus Anda siapkan itu adalah Stabilizer (Stavolt) untuk mengstabilkan arus listrik Anda agar tidak terjadi lonjakan voltase yang tiba-tiba. Dan juga UPS, yang bisa berfungsi layaknya sebagai baterai untuk menyimpan daya agar saat terjadi pemadaman listrik, PC Anda tidak langsung mati-tiba.

8 Tips & Cara Tepat Merawat Komputer Gaming

Selain hal itu pendinginan untuk komputer game ini juga harus lebih ekstra karena digunakan untuk memori besar dan kapasitas yang lebih berat dibanding komputer biasa. Penambahan kipas, penggunaan aplikasi tertentu, water cooling adalah beberapa tips agar komputer game tetap dingin. Beberapa tips berikut mungkin berguna untuk membantu perawatan komputer gaming anda:

Cabut bateri ketika menggunakan laptop gaming
Banyak sekali laptop yang spesifikasinya mengarah ke gaming sekarang ini, sehingga kemampuannya dalam memainkan game berkapaistas besar semakin mumpuni. Ketika anda menggunakan laptop gaming dalam jangka lama cabtu baterai dan gunakan adapter untuk menghubungkan ke listrik. hal ini bisa membantu baterai bertahan lebih lama sekaligus membantu hardaware lain terlindungi dari mati mendadak karena kehabisan baterai.

Tempatkan komputer gaming dengan tepat
Ya komputer jenis apapun sangat rentan terhadap benturan seperti terjatuh. Hardware yang sangat rentan rusak jika terjatuh seperti ini adalah hardisk dan juga optical drive. Pasalnya, kedua komponen ini bersifat mekanik di mana di dalamnya ada komponen yang bergerak. Untuk yang menggunakan media penyimpanan terbaru seperti SSD tentunya tidak akan memiliki masalah. Akan tetapi, guncangan yang tidak normal atau cukup keras pada laptop atau PC seperti terjatuh dari tempat tinggi atau terbentur karena di lempar, tentunya akan beresiko kerusakan juga.

Jika hal tersebut terjadi pada PC atau laptop gaming Anda, maka tentunya Anda harus membongkarnya untuk mengeceknya secara langsung. Kalau memang perlu dilakukan penggantian, sebaiknya segera diganti. Jauhkan komputer dari tempat lembap atau basah, hindari juga minuman atau cairan lain yang bisa berpotensi tumpah dan membuat komputer konsleting.

Pemilihan casing yang sesuai
Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya casing CPU khususnya untuk komputer gaming. Padahal sebuah PC gaming juga sangat bergantung pada casing ini. Casing memiliki desain yang berbeda-beda, di mana desain tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Casing yang paling cocok untuk para gamer adalah casing yang memiliki saluran udara yang cukup baik. Setiap casing memang memiliki saluran udara ini, akan tetapi saluran udara pada masing-masing casing tentunya berbeda-beda, ada yang besar dan banyak, dan ada juga yang sangat sedikit dan kecil.

Casing dengan saluran udara yang tepat akan membuat sirkulasi udara didalam casing menjadi lebih lancar dan itu berarti membantu pendinginan juga. Sirkulasi udara yang terhambat akan menyebabkan mesin mudah panas dan berpeluang besra hardware mudah rusak. Untuk itu, agar usia dari komputer gaming yang Anda gunakan bisa lebih awet dan tahan lama, maka sebaiknya Anda perhatikan penggunaan casing yang Anda gunakan.

Jaga kebersihan PC
Seperti kita ketahui debu yang menempel dan mengotori mesin mudah membuat hardware didalamnya panas karena sirkulasi udara terhambat. Debu dan kotoran bisa masuk melalu ventilasi atau rongga di casing. Untuk mendeteksi banyaknya debu yang masuk pada komputer gaming Anda maka cara terbaik adalah dengan melihat kipas-kipas yang terpasang. Jika kipas yang tersebut sudah dipenuhi dengan tempelan debu, maka itu berarti hardware-hardware yang ada di dalam PC Anda juga sudah dipenuhi dengan debu yang tebal. Pastikan segera membersihkannya secara rutin. Selain bisa menyebabkan kerusakan terlalu banyak debu yang menempel pada hardware juga berpotensi mengganggu kinerja dari PC gaming anda.

Instalasi kabel yang baik
Setiap PC gaming biasanya dilengkapi dengan Power Supply yang kuat juga. Power Supply yang kuat biasanya memiliki banyak sekali kabel-kabel. Untuk Anda yang menggunakan power supply modular mungkin tidak akan bermasalah dengan instalasi kabel ini. Karena, Anda bisa dengan memudah untuk memasang dan melepaskan kabel-kabel yang tidak digunakan. Akan tetapi, yang menggunakan power supply non-modular pasti akan melihat instalasi kabel yang semrawut di dalam PCnya. Kabel yang semrawut yang bisa saja menyebabkan korslet (arus pendek). Untuk casing yang cukup besar, biasanya menyediakan space di bagian belakang casing untuk tepat menyimpan kabel yang kemudian dihubungkan ke masing-masing perangkat. Sehingga kabel-kabel pun tidak akan terlihat jika dari samping.

Pastikan Listrik untuk menjalankan komputer stabil
Seperti dijelaskan pada poin teratas bahwa listrik yang tidak stabil merupakan penyebab terbesar komputer mudah rusak tidak hanya untuk komputer gaming saja. Sambaran petir, voltase yang tidak stabil, sering mati mendadak dsb. Dan, hal tersebut tentunya akan berdampak pada perangkat elektronik yang terhubung dengan listrik rumah Anda, yang salah satunya adalah PC gaming Anda.

Pasang antivirus tepat
Hal terakhir yang bisa membuat laptop atau PC gaming Anda cepat rusak adalah software. Software ini memang tidak terlihat dan hanya berjalan di dalam PC atau laptop Anda. Akan tetapi, Anda jangan salah, karena sebuah software tentunya juga memiliki kemampuan untuk merusak hardware dari PC atau laptop gaming Anda, seperti contoh virus. Virus ini termasuk software juga, karena dia bisa menjalankan beberapa fungsi yang bisa membantu pengguna komputer dan juga bisa merusak. Fungsi dari virus komputer yang juga dianggap sebagai pengganggu ini adalah mampu menyembunyikan file, tanpa bisa diketahui oleh user lain dari komputer Anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara