sponsored ads

5 Tips Efektif Bangkit dari Kegagalan Dengan Cara Positif

Posted By : Posted on - 8:52:00 PM with No comments

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, karena kegagalan tidak selalu pada hal hal besar. Gagal membangun hubungan, gagal mempertahankan nilai yang baik, gagal mendapatkan pekerjaan merupakan beberapa contoh kegagalan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari. 

Namun ada hal yang menarik yang sebenarnya masuk dalam logika, saya mengutip dari salah satu pebisnis dunia pemilik Virgin group yang membawahi lebih dari 400 perusahaan ternama dunia. 

Dalam pernyataanya saya sedikit mengutip "Sebenarnya tidak ada seorangpun yang benar benar gagal dalam apapupun yang dikerjakannya, seburuk apapun kondisinya mereka belum benar benar gagal ketika masih mengusahakan apa yang mereka impikan. Kegagalan sejati hanya milik mereka yang berhenti berusaha & tidak melanjutkan apa yang sudah diusahakannya".

5 Tips Bangkit dari Kegagalan Dengan Cara Positif
tips Bangkit dari Kegagalan

Bagaimana orang orang sukses dan berpikir positif menyikapi suatu kegagalan? Mereka memiliki keyakinan bahwa kegagalan adalah cara belajar memahami sesuatu dan menjadikannya sebagai pengalaman & pelajaran berharga untuk tidak jatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. 

Sedang mereka orang orang pesimis dan tidak siap dengan kegagalan akan mengutuk keadaan sambil mencari-cari alasan penyebab kegagalan mereka. 

Bangkit dari Kegagalan

Bagi pebisnis sukses, cara mereka untuk bangkit dari kegagalan dan kembali menatap masa depan adalah salah satu hal kunci. Sikap seperti itu bisa dipelajari, bisa dibiasakan. Berikut adalah beberapa tips & cara menyikapi kegagalan dengan positif untuk bangkit seperti dikutip dari Entrepeneur.com:

Jangan menyembunyikan kegagalan

Menyembunyikan dan memendam perasaan akibat suatu kegagalan justru akan menjadi tekanan dan bisa membuat stres. Memang tidak mudah untuk menerima kenyataan bahwa kita telah mengalami kegagalan, tidak mudah pula untuk menerima bahwa banyak yang tahu kita mengalami kegagalan. 

Tetapi mencoba menerima kegagalan dengan hati terbuka justru akan memotivasi diri sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk perbaikan hidup yang lebih positif dan yang lebih baik.

Cari penyebab dan solusi bukan mencari kambing hitam

Setelah kita bisa membuka hati dan menerima kegagalan maka langkah selanjutnya untuk menyikapi kegagaan dengan cara yang positif adalah dengan mencari tahu segala penyebab dan solusi, bukan justru mencari kambing hitam. 

Walaupun banyak faktor "X" yang mungkin ikut mempengaruhi kegagalan tetapi faktor terbesar yang berpengaruh terhadap kegagalan kita adalah diri kita sendiri. Daripada membuang energi dan waktu untuk mencari kambing hitam atas kegagalan maka lebih baik gunakan waktu dan energi yang kita buang untuk mencari dan mengidentifikasi penyebab logis kegagalan kita selanjutnya kita bisa mengetahui cara dan solusi tepat untuk membuat langkah langkah perbaikan.

Menyusun dan membuat rencana yang lebih matang untuk memperbaiki kegagalan

Mengutip pernyataan Richard branson pemilik Virgin Group bahwa "tidak ada orang yang benar benar gagal ketika mereka masih mengupayakannya" maka pernyataan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda adalah benar adanya dengan tanda kutip "Bagi mereka yang terus mau belajar dari kesalahan dan terus mengusahakannya dengan gigih". 

Mereka yang bisa belajar dari kesalahan akan semakin kecil peluang untuk jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya dan akan lebih berpengalaman dari sebelumnya, sehingga membuat karakternya semakin kuat.

Jika mendapati kegagalan diibaratkan dengan masuk ke dalam kubangan lumpur, untuk bisa melanjutkan perjalanan kita harus mencari cara untuk tidak kembali jatuh sembari mencari cara untuk membersihkan diri mungkin dengan mandi dan membereskan noda-noda lumpur. 

Tak perlu menunggu dan mengharapkan seseorang untuk datang membawa air dan handuk yang bersih. Setiap mendapati kegagalan selalu cari penyebab, belajar, rencanakan lebih baik untuk menyelesaikannya, kemudian lakukan dengan baik.

Cara pandang Positif dan berpikir lebih optimis

Untuk mendapatkan hasil yang positif maka sudah sewajarnya kita berpikir dan berbuat lebih positif. Orang yang punya kemampuan untuk menerima kegagalan biasanya memandang kegagalan disebabkan oleh sesuatu langkah yang salah dan itu bisa dibenahi, bukan menyalahkan sesuatu di luar kendali mereka seperti rasa malas, pengetahuan dan lain-lain. 

Ketika mereka bisa berpikir secara positif maka hal itu akan mempengaruhi tindakan mereka juga dalam jalur yang positif dan ketika seseorang berpikir secara positif disertai dengan optimisme, bertindak dengan lebih positif maka hasilnya juga akan lebih positif. 

Pemikiran yang optimis dan tindakan yang positif bisa menggusur awan gelap kegagalan menjadi cahaya terang menuju keberhasilan.

Gigih dan pantang menyerah dalam perjuangannya untuk bangkit

Jika cara pandang dan optimisme berada di ranah mental, gigih berada di ranah tindakan. Bagaiman melakukan sesuatu dengan yakin dan pasti, dengan optimis. Orang-orang yang gigih dan pantang menyerah terlihat dari cara mereka bangkit ketika berkali-kali jatuh dalam lubang kegagalan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara