Tips Memiliki Atasan Yang Lebih Muda Dari Usia Anda

Posted By : Posted on - 4:49:00 AM with No comments

Atasan lebih muda - Kebanyakan orang akan memiliki rasa yang tidak enak jika memiliki atasan atau pimpinan baru yang lebih muda atau berbeda jauh dari usianya. Rasa yang tidak mengenakkan karena mungkin merasa lebih berpengalaman, lebih mempunyai skill atau apapun yang terpikir dibenak kita. Namun apapun yang anda pikirkan itu adalah hak perusahaan untuk mengangkat siapapun menempati jabatan tertentu di bidang pekerjaan, tentunya perusahaan memiliki pertimbangan pertimbangan lain dalam mengangkat karyawan.

Kebanyakan dari kita bila mendengar kata "Bos" atau "Atasan", biasanya yang terbayang oleh kita adalah sosok tua yang berpengalaman. Tapi, di masa kini, kesan tersebut sudah tak lagi berlaku. Makin banyak bermunculan sosok pemimpin perusahaan yang berusia muda. Tentu menjadi suasana yang tidak mengenakkan ketika anda sudah bekerja selama 20 tahun dan kemudian mendapatkan atasan yang lebih muda dan dia baru 10 tahun bekerja atau mendapat atasan baru yang usianya jauh dibawah anda.

Tips Memiliki Atasan Yang Lebih Muda Dari Usia Anda
Image source: Theamericangenius.com
Bila Anda merasa seperti itu, akan sulit bagi Anda untuk bisa bekerja sama dengan atasan Anda. Dan itu tentu tak baik buat karier Anda. Untuk itu, bila Anda memiliki bos atau atasan yang lebih muda, berikut beberapa kiat agar bisa lebih nyaman saat bekerja dengan mereka:

Berpikiran lebih positif
Berpikirlah  lebihpositif tidak ada salahnya anda mendapat perintah dari seseorang yang usianya jauh dibawah anda, masih muda belia belum tentutidak memiliki skill ataukemampuan yang terbaik bukan? Buktinya dia diangkat menjadi atasan anda tentu mereka memilikiskill atau kemampuan diatas anda atau ada pertimbangan pertimbangan lain dari perusahaan dimana anda bekerja. Jangan berasumsi karena atasan Anda lebih muda dan memiliki pengalaman lebih sedikit dari Anda maka berarti dia adalah atasan yang buruk dan tak bertalenta. Berpikiranlah secara positif. Bila dia memiliki jabatan yang lebih tinggi dari Anda, pastilah ia memiliki kemampuan yang hebat. Coba bekerja sama dengannya tanpa melihat umur dan pengalaman sebagai batasan.

Tetap semangat dan termotivasi
Jangan memiliki perasaan perasaan negatif seperti rasa rendah hati, sakit hati atau perasaan negatif lain karena dipimpin oleh atasan yang usianya dibawah anda. Tidak perlu berkecil hati bila Anda lebih tua dari atasan Anda, teruslah berkarya dan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan posisi Anda. Buatlah hubungan yang harmonis dengan atasan anda dan tetap semangat berkarya, siapa tahu kerja keras anda akan "dibayar" dengan jabatan baru suatu saat nanti.

Komunikasi dan Beradaptasi
Atasan baru tentu memiliki pertimbangan pertimbangan lain seputar cara kerja atau metode lain dalam bekerja yang mungkin belum pernah diterapkan di lingkungan kerja anda, jadi bersiaplah untuk beradaptasi dan mengomunikasikan segala hal dengan atasan anda. Agar tidak terjadi miskomunikasi yang dapat menyebabkan masalah pada pekerjaan anda. Atasan yang lebih muda biasanya bekerja lebih sigap dan ingin semuanya berjalan dengan cepat. Anda harus pintar-pintar beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan pola pikir dan cara kerja atasan Anda. Pastikan atasan Anda tahu bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat untuk belajar hal-hal baru dan memiliki semangat kerja yang kuat.

Berikan informasi
Seperti dijelaskan pada poin diatas bahwa lingkungan kerja yang baru untuk atasan tentu membuat mereka belum mengetahui banyak hal tentang seluk beluk lingkungan kerja. Tidak bisa disangkal, pengalaman yang lebih banyak tentu membuat Anda memiliki wawasan yang luas. Jangan jadikan hal tersebut untuk merendahkan atasan Anda yang lebih muda, tapi gunakanlah untuk saling melengkapi. Beri informasi yang mungkin ia tidak tahu. “Atasan yang  lebih muda justru mau menerima masukan dan sangat menghargai yang tua. Mungkin karena mereka juga tahu pengalaman saya lebih banyak, selebihnya mereka sangat seru untuk jadi teman bertukar pikiran.” tambah Jeffry.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara