Tips & Cara Mengenalkan Gadget Secara Bijak pada Anak

Mengenalkan gadget pada anak - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan tekhnologi sangat berimbas dengan kemajuan segala bidang dalam kehidupan manusia. Banyak hal akan semakin dimudahkan dalam penggunaan teknologi teknolgi terbaru yang membantu setiap aspek kehidupan manusia. Teknologi ibarat 2 sisi mata pedang, ketika digunakan dengan bijak hal ini akan sangat memudahkan dan membantu setiap aspek kehidupan tetapi ketika tidak digunakan dengan tepat justru hal ini bisa menjerumuskan kita.

Sebagai contoh saja penggunaan internet. Ketika digunakan dengan tepat akan memberikan wawasan dan kemudahan bagi para penggunanya dengan sumber sumber informasi yang berharga, tetapi ketika tidak digunakan dengan bijak bisa membuat moral kita semakin memburuk seperti mudahnya mendownload atau mengunduh video dewasa yang belum layak bagi para pengguna, game online yang membuat anak malas belajar, media sosial yang bisa membuat hubungan meregang ketika tidak digunakan dengan tepat dsb.

Image source: Internetmatters.org
Kesadaran untuk menggunakan teknologi teknologi ini secara tepat perlu diberikan sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran anak sehingga mereka mengetahui batasan batasan yang jelas dimana mereka bisa menggunakan media ini dengan tepat. Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.


Berbagai dampak kurang baik juga akan timbul bila menggunakan gadget dengan tidak bijak. Terutama pada anak, penggunaan gadget yang berlebihan akan dapat menyebabkan kecanduan yang dapat menurunkan prestasi belajar dan berdampak pada perilaku sosial. Berikut adalah beberapa tips yang membantu anda untuk mengenalkan dan menumbuhkan kesadaran anak untuk menggunakan gadget secara bijak:

Pengawasan
Ya pengawasan dan kontrol penggunaan gadget pada anak harus diperhatikan. Awasi penggunaan gadget pada anak anda. Kontrol juga dibutuhkan jangan menyimpan atau menyediakan aplikasi atau layanan orang dewasa yang digunakan pada gadget. Ada beberapa aplikasi di internet yang membantu mengawasi, mengontrol dan merekam jejak histori pemakian gadget, ntah itu menggunakan internet blocking (memblok internet untuk kata kunci yang mengandung kekerasan, dewasa dan hal hal umum yang dilarang), penggunaan duration control (aplikasi yang akan berhenti ketika waktu telah diset), dan aplikasi lain yang membantu pengawasan dan kontrol yang bisa dengan mudah anda download dan banyak tersedia di internet.

Pastikan gadget juga harus dilakukan pengawasan untuk content/isi gadget yang dimainkan. Tak sedikit game di gadget yang mengajarkan kekerasan bahkan pembunuhan dengan menampilkan yang tak layak di lihat oleh anak. Atau jangan menampilkan, menyimpan atau menempatkan aplikasi yang berpengaruh kepada psikologi anak seperti kekerasan, perjudian, konten dewasa, atau segala hal yang tidak layak digunakan anak. Dan, ini seringkali memicu perilaku agresivitas pada anak, karena anak cenderung berperilaku meniru.

Frekuensi
Perlu bagi orang tua untuk memberikan arahan berapa frekuensi anak boleh menggunakan gadget, atau seberapa sering gadget tersebut di gunakan, apakah seminggu sekali atau dua kali, juga waktu penggunaannya dalam seminggu apakah di hari Sabtu atau Minggu. Bila kesepakatan telah dibuat, maka orang tua diharapkan untuk konsisten menegakkan aturan yang sudah dibuat, sehingga anak dapat belajar tentang disiplin dari penegakan aturan yang dilakukan.

Durasi
Selain frekuensi atau jumlah penggunaan gadget orang tua juga harus memberikan durasi yang bijak. Durasi pemakaian gadget yang bijak akan membantu menumbuhkan kesadaran anak untuk mengetahui batas waktu yang telah ditentukan. Apakah satu jam untuk tiap kali pemakaian, dan seterusnya. Kesepakatan durasi ini perlu dilakukan agar anak tahu batas waktu. Seringkali anak memanfaatkan akhir pekan dengan bermain game sepanjang hari, bahkan tak jarang sampai lupa mandi. Dengan aturan durasi ini diharapkan anak dapat mengendalikan keinginan untuk terus bermain gadget.

Contoh dari orang tua
Tak kalah pentingnya adalah perilaku orang tua itu sendiri dalam menggunakan gadget. Tak jarang orang tua juga terlalu berlebihan dalam memakai gadgetnya sehingga seringkali anak merasa terabaikan dengan adanya gadget. Ingat anak akan memiliki perilaku meniru dari apapun yang dilihatnya, dan keluarga merupakan orang orang paling berpengaruh terhadap perilaku meniru anak ini. Tanamkan kebiasaan kebiasaan baik dan hal ini akan berpengaruh langsung terhadap perilaku anak.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara