Tips & Cara Lengkap Melakukan Presentasi Yang Baik

Membawakan presentasi - Presentasi seperti dikutip dari beberapa sumber menyebut bahwa presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi antara presentator (seorang atau lebih yang menyampaikan presentasi) untuk menyampaikan sebuah konsep, data, pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi, atau tujuan tertentu kepada para hadirin ataupun orang lain.

Tips & Cara Lengkap Melakukan Presentasi Yang Baik
Source Image: Tech.co
Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Walaupun lebih umum ditujukan untuk kegiatan bisnis, beberapa bidang tertentu juga sering membutuhkan aktifitas presentasi seperti:

  • Presentasi dalam dunia pendidikan, instansi pemerintah maupun lembaga
  • Presentasi marketing atau penjualan
  • Presentasi untuk mendemokan suatu produk, himbauan, penyuluhan ataupun ajakan
  • Presentasi untuk kegiatan politik
  • Presentasi untuk manajemen dan strategi bisnis
  • dsb

Dalam membawakan sebuah materi presentasi tentu diperlukan keahlian berbicara atau keahlian menyampaikan pesan di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting agar apa yang dipresentasikan tepat sasaran dan mencapai tujuan seperti apa yang presentator harapkan. Nah berikut adalah beberapa tahap lengkap membawakan presentasi dengan baik dan tentu saja untuk menarik minat para audiens:

Persiapan Awal Sebelum Membawakan Materi Presentasi

Para presentator handal dan sukses selalu memiliki persiapan yang matang sebelum mmebawakan materi presentasi. Persiapan merupakan hal yang diperlukan untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan terkait dengan aktifitas presentasi agar berjalan lancar dan meminimalisir kesalahan dalam membawakan materi presentasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan presentasi ini adalah sebagai berikut:

Berlatih mempersiapkan diri
Persiapan diri sangat penting dilakukan sebelum membawakan materi presentasi. Mempersiapkan diri untuk menghadapi ketegangan yang bisa menimbulkan rasa gugup atau grogi, mengenali para audien yang hadir dalam presentasi, berlatih mempersiapkan dan menguasai alat alat peraga atau alat lain yang dibutuhkan untuk kegiatan presentasi seperti komputer, laptop, proyektor dsb.

Berlatih membawakan materi presentasi
Berlatih membawakan materi presentasi sebelum kegiatan presentasi sebenarnya adalah langkah yang tepat untuk melatih menguasai materi, memahami dan mengerti apa yang akan anda sampaikan dan meminimalisir kesalahan dalam membawakan materi presentasi. Berlatihlah dengan teman-teman anda, latih kemampuan bicara dan body language (bahasa tubuh) dsb.

Berlatih menguasai dan mengembangkan materi yang ingin anda bahas
Ini sangat penting ketika anda benar benar menguasai materi presentasi yang anda sampaikan. Dalam presentasi tentunya selalu ada interaksi antara pembawa presentasi dengan para hadirin dan dengan demikian selalu ada pertanyaan yang diajukan oleh para hadirin, ketika anda sudah benar benar berlatih menguasai dan mengembangkan materi dengan lebih luas anda akan dapat menjawab setiap pertanyaan dari para audiens.

Memulai Membawakan Presentasi

Nah setelah anda mempersiapkan segalanya di awal sebelum membuka presentasi maka langkah selanjutnya adalah memulai presentasi, setiap orang pasti memiliki urutan daftar yang harus dilakukan saat presentasi berbeda setiap individu. nah berikut adalah beberapa langkah mengawali atau memulai presentasi:

Membuka presentasi
Tidak etis kan mengawali presentasi langsung ke pokok presentasi tanpa pembukaan atau basa-basi terlebih dahulu. Pada tahap ini membuka pembicaraan dengan menanyakan kabar audiens anda seperti contoh "Selamat pagi, saya sangat senang hari ini bisa berada disini dan mendepatkan kesempatan untuk hadir di depan para hadirin sekalian....." selanjutnya perkenalkan diri anda, apa tujuan anda melakukan presentasi ini dll.

Menuju pokok bahasan materi
Setelah membuka presentasi mulai dari menanyakan kabar, memperkenalkan diri dan basa-basi lain selanjutnya jelaskan materi pokok presentasi anda. Pada pokok materi ini sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak membuat para audiens merasa cepat bosan, mungkin bisa diselingi dengan sedikit humor atau cerita lain yang masih tetap terkait dengan isi pokok materi presentasi anda. Pada bagian ini berikan mereka data yang akurat agar apa tujuan atau pesan anda dalam presentasi inimudah diterima dan dimengerti para audiens anda.

Ajak audiens antusias dengan presentasi anda
Libatkan para hadirin untuk menanggapi materi presentasi anda dengan memberikan mereka pertanyaan pertanyaan yang menarik yang akan memancing antusiasme para hadirin anda atau memberikan kesempatan bagi mereka untuk menanyakan materi presentasi dari anda yang mungkin belum mereka mengerti. Mengajak keterlibatan para hadirin dalam presentasi akan membuat suasana presentasi nyaman dan tidak kaku.

Tutup presentasi
Setelah semua prosesi presentasi anda selesai dan tujuan presentasi anda tertangkap dengan baik oleh audiens anda, jangan lupa untuk menutup presentasi dengan kata kata yang baik dan jangan lupakan untuk berterima kasih kepada audiens anda.

Tips Untuk Presentasi yang menarik & sukses

  • Gunakan bahasa & tata bahasa yang baik, sopan dan mudah dimengerti oleh audiens anda.
  • Lebih banyak tersenyum, senyum tidak hanya membuat anda dan hadirin merasa baik namun juga mendekatkan dan membuat suasana presentasi menjadi lebih nyaman.
  • Anggap hadirin bukan sebagai orang lain, ajak keterlibatan mereka. Eye contact / kontak mata dengan hadirin akan menunjukkan kepercayaan diri anda.
  • Menjiwai materi presentasi dengan semangat, energi dan penuh semangat.
  • Menguasai peralatan atau peraga presentasi dengan baik.
  • Kuasai dan kembangkan materi presentasi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara