Kulit Wajahmu Berminyak, Atasi Dengan 6 Tips Ini!

Posted By : Posted on - 2:20:00 AM with No comments

Mengatasi minyak berlebih pada kulit - Memiliki kulit wajah yang sangat berminyak tentu sangat menjengkelkan, kamu gak bisa memakai make up apalagi yang berbahan dasar minyak, wajah terlihat kusam dan tentu saja wajah berminyak berpeluang besar untuk tumbuhnya jerawat, komedo dan permasalahan kulit wajah lainnya. Memiliki wajah yang sangat berminyak diakibatkan oleh produksi sebum atau minyak alami kulit dari kelenjar sebaceous meningkat dan tidak terkontrol.

Secara alami kelenjar sebaceous akan menghasilkan minyak untuk melembapkan kulit ketika kamu kepanasan agar kulit tidak kering. Banyak faktor yang menyebabkan produksi minyak pada kelenjar sebaceous meningkat dan tidak terkontrol seperti faktor genetik, pola makan, stres dan perubahan hormonal apalagi masa masa pubertas. Mereka yang memiliki kondisi ini biasanya memiliki kulit mengkilap dan pori-pori besar.

Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Image source: Beautyhealthtips.in
Dan mungkin karena inilah kebanyakan kasus produksi minyak berlebih pada kulit banyak dialami oleh wanita karena wanita lebih rentan terhadap perubahan hormonal seperti saat pubertas, hamil, menyusui, menopous bahkan ketika menggunakan pil KB. Untungnya banyak bahan alami yang ada disekitar kita yang bisa kita gunakan untuk mengatasi kulit berminyak dengan aman, tanpa efek samping tidak seperti kebanyakan produk berbahan dasar kimia yang kemungkinan tidak cocok untuk segala jenis kulit, nah berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi wajah terlalu berminyak:

Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Masker putih telur untuk mengatasi kulit wajah berminyak
Putih telur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan bahkan untuk kesehatan kulit karena mengandung Vit A. Putih telur secara efektif dapat melembapkan kulit, mengangkat noda dan sel kulit mati dan membuat kulit wajah lebih kencang dan kenyal.

Cara pembuatan dan pemakaian:
  • Pisahkan satu butir telur dan ambil putih telurnya saja. Gunakan putih telur ini sebagai masker untuk wajah. Biarkan hingga kering dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Lakukan ini dua kali seminggu.
  • Opsi lain campur satu putih telur, tambahkan air perasan setengah lemon dan mencampurnya dengan rata hingga berbuih. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda, biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Ini akan mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih diwajah anda.

Mengatasi minyak berlebih pada wajah menggunakan lemon
Lemon memiliki asam sitrat yang mengandugn antibakteri sehingga memiliki sifat antiseptik yang dapat mencerahkan kulit wajah dan mengembalikan keseimbangan alami pH kulit.

Cara pembuatan dan pemakaian
  • Campurkan satu sendok teh jus lemon segar dengan satu-setengah sendok teh air suling. Oleskan pada kulit Anda menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air hangat. Jus lemon dapat mengeringkan kulit Anda, sehingga menerapkan beberapa pelembab bebas minyak sesudahnya. Lakukan ini sekali sehari.
  • Campurkan satu sendok makan jus lemon, satu-setengah sendok makan madu dan satu sendok makan susu. Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Jika dilakukan sekali sehari, obat ini akan memberikan hasil positif dalam waktu seminggu.

Tomat mampu mengatasi minyak berlebih
Tomat memiliki manfaat yang besar untuk kulit berminyak karena sifat pendinginan alami yang dikandungnya sehingga mampu membuat kulit lebih nyaman. Vitamin C tinggi dalam tomat sangat membantu untuk kulit berjerawat. Plus, asam yang juga terkandung dalam tomat membantu menyerap minyak pada wajah secara alami dan membantu menyingkirkan kelebihan minyak pada wajah.

Cara pembuatan dan pemakaian
  • Potong tomat menjadi dua dan gosokkan pada kulit Anda.
  • Pastikan meresap ke dalam kulit Anda selama minimal 15 menit.
  • Bilas kulit Anda dengan air dingin, tepuk menggunakan handuk halus dan menerapkan pelembab bebas minyak pada wajah anda.

Catatan: Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggabungkan tiga sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan madu.

Apel untuk masker wajah
Apel efektif membantu sebagai scrubbing yaitu membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit baru. Apel juga memiliki kandungan antiseptik, astringent, dan menenangkan kulit sehingga sangat baik untuk kulit berminyak. Asam malat dalam apel membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak dari permukaan kulit.

Parut setengah apel dan gunakan sebagai masker pada kulit wajah Anda. Biarkan kulit selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat.

Mentimun mengatasi kulit berminyak
Mentimun juga sangat bermanfaat untuk kulit berminyak karena sifat pendingin alami, astringent, dan sifat menenangkan kulit juga. Mentimun juga mengandung kandungan vitamin tinggi dan kandungan mineral, termasuk vitamin A dan E, magnesium, dan kalium, yang baik untuk kulit berminyak.

Cara pembuatan dan pemakaian
  • Potong mentimun segar menjadi irisan tebal, dan gosok mereka secara menyeluruh pada wajah Anda. Biarkan semalam dan bilas dengan air hangat di pagi hari. Lakukan setiap hari ini sebelum tidur.

Masker Susu
Susu yang digunakan sebagai pembersih dapat membuat kulit berminyak menjadi lebih lembut dan lentur. Susu memiliki alpha hydroxy acids yang lembut mengelupaskan kulit dan juga membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit.

Cara pembuatan dan pemakaian:
  • Campur minyak lavender dengan dua sendok makan susu.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda menggunakan bola kapas.
  • Memijat lembut kulit selama beberapa menit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kemudian pergi tidur.
  • Di pagi hari, basuh wajah dengan air dingin.
  • Lakukan ini setiap hari.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara