Cara Menjaga Hubungan Harmonis Dengan Rekan Kerja

Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja - Hubungan yang harmonis ditempat kerja dipengaruhi oleh bagaimana anda menjaga hubungan dengan rekan - rekan kerja anda. Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja akan menciptakan suasana kerja lebih nyaman dan harmonis. Anda bekerja sebagai tim bukan kerja sendiri jadi pastikan untuk membangun hubungan dalam pekerjaan menjadi lebih solid, karena kesuksesan anda dalam karier pekerjaan tidak hanya dipengaruhi skill atau kemampuan anda saja, tetapi juga dipengaruhi oleh rekan kerja anda.

Cara Menjaga Hubungan Harmonis Dengan Rekan Kerja
Image source: Partneremployment.com
Menciptakan suasana kerja lebih kondusif dan nyaman adalah bagaimana anda memperlakukan orang orang yang bekerja didalamnya bukan hanya sebagai partner,atasan, bawahan tetapi juga sebagai keluarga. nah bagaimana membangun hubungan yang lebih harmonis dengan rekan - rekan kerja anda, berikut tipsnya:

Perlakukan rekan kerja sebagai sahabat
Tidak peduli rekan kerja anda merupakan bawahan ataau atasan buat mereka sebagai sahabat anda diluar kerja atau di dalam lingkungan kerja, yang terpenting adalah mampu menempatkan diri dan mengerti batasan - batasan anda di antara mereka sebagai bawahan atau atasan sesuai tuntutan pekerjaan. Hormati dan hargai mereka layaknya seorang sahabat.

Saling membantu
Saling membantu dalam pekerjaan akan menumbuhkan semangat dan motivasi anda dan rekan kerja untuk bekerja lebih baik. Selain itu saling membantu akan membuat pekerjaan berat terasa ringan.

Jangan merasa sok
Kebanyakan orang yang telah berpengalaman akan lebih "sok pintar", "sok tahu" dsb sehingga kebanyakan mereka akan meminta untuk dihormati dan dihargai. Rekan rekan kerja anda akan menghargai dan menghormati anda bukan karena anda lebih pintar, lebih pandai atau lebih senior. Mereka menghormati dan menghargai anda karena perlakuan anda kepada mereka.

Jaga Komunikasi
Ketika anda menerima kritikan yang membangun, cobalah bersikap terbuka karena ini demi kebaikan anda, bukan malah menjaga jarak. Begitu juga sebaliknya ketika anda menemukan kesalahan rekan kerja anda cobalah memberikan kritik dengan bahasa sopan dan santun. Saling mengingatkan dan memotivasi akan membuat hubungan yang lebih harmonis dengan rekan kerja anda. Salah satu cara untuk menghormati mereka adalah berkomunikasi dengan baik. Artinya, Anda harus bisa bersikap terbuka dengan rekan kerja. Tidak hanya untuk menerima kritik, tapi juga untuk mendengarkan pendapat.

Pujian dan Pengakuan
Tidak salah jika seorang atasan memberikan pujian kepada bawahannya yang berkinerja baik. Rekan kerja akan merasa dihormati jika sesekali Anda memberikan pujian saat mereka berhasil melakukan sesuatu, hal ini akan memberikan mereka motivasi untuk bekerja lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara