sponsored ads

Cara Mencegah & Menghindari Gigitan Ular

Posted By : Posted on - 5:42:00 AM with 1 comment

Mendengar kata "gigitan ular" yang terbayang di benak kita pasti berbahaya dan fatal. Sebenarnya tidak semua gigitan ular mengandung bisa, bahkan menurut berbagai sumber di dunia ini dari semua jenis spesias ular hanya 15% dari jenis mereka yang mengandung bisa dan hanya 5% yang mengandung bisa yang sangat mematikan. 

Setelah kemarin saya share mengenai bagaimana cara menolong orang yang terkena gigitan ular berbisa, maka kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara mencegah atau menghindari gigitan ular.

Ular
Tips menghindari gigitan ular
Gigitan ular walaupun tidak berbisa bisa sangat menyakitkan, merobek jaringan kulit dan bisa menimbulkan rasa gatal atau infeksi. Sedang untuk gigitan ular berbisa harus segera mendapatkan perawatan medis karena bisa ular dari jenis tertentu sangat mematikan tergantung dari seberapa volume racun yang disuntikkan, berapa tinggi kadar dosis racun (bisa saraf atau bisa yang masuk ke jaringan darah) dsb. 

Nah berikut adalah beberapa tips mencegah atau menghindari gigitan ular berbisa bagi anda yang menyukai aktifitas outdoor, camping atau aktifitas lainnya:

  • Ular tidak diketahui berpotensi berbahaya, mereka hanya menyerang jika merasa terganggu, merasa terpojok atau merasa bahaya. Sehingga saat anda bertemu ular coba menjauh atau menghindar, jangan bermain / mengganggu, menghindari kontak dengan ular jenis apapun termasuk yang berukuran kecil, kelihatan jinak, atau kelihatan sudah mati.Baca juga tips mengusir ular di rumah.

  • Mengenal lebih jauh deskripsi ular apakah termasuk jenis berbisa / tidak di tempat di mana Anda tinggal.

  • Ketika berjalan malam dan membutuhkan penerangan maka gunakan obor di malam hari karena semua jenis ular berbisa umumnya bersifat nocturnal atau aktif di malam hari. Lebih banyak perhatian dan waspada ketika melewati hutan, dekat sungai atau perairan, dekat semak-semak, tanaman tinggi, dll

  • Ular biasanya tidak menggigit Anda tanpa memberikan tanda, kenali beberapa seperti:
  1. Cobra akan mengangkat bagian 1/3 vertikal depan tubuhnya, membuka kulit dibawah lehernya, mendesis, lalu menyerang.
  2. Ular berbisa lain biasanya jika terganggu dan siap menyerang akan membentuk spiral dari kepala sampai ekor (seperti bentuk keris), mengangkat sedikit kepalanya, dan membuat desisan yang kuat.
  • Jika Anda bertemu ular, mundur perlahan-lahan, tidak melakukan gerakan tiba-tiba, jika sudah pada jarak aman dari jangkuan ular lari atau diamkan sampai ular berlalu.

  • Jangan pernah mencoba untuk menilai apakah ular berbisa atau tidak. Sebagai orang awam kita harus memperlakukan setiap gigitan ular sebagai gigitan ular berbisa, karena beberapa bisa ular (seperti Krait, dubois dan beberapa jenis ular laut) tidak menunjukkan efek langsung bahkan dalam kasus gigitan serius, tetapi dapat membunuh dalam hitungan menit, sehingga sangat bijak ketika menemui seseorang tergigit ular langsung ke rumah sakit. Baca juga cara membedakan ular berbisa dan tidak berbisa.

  • Tidak semua gigitan dari ular berbisa menyebabkan kematian; banyak ular berbisa (dan sebanyak 85% dari ular tidak  berbisa) memberikan hanya gigitan kering untuk manusia. Bahkan dalam kasus gigitan penuh, dengan tepat pertolongan pertama, perawatan dan pengobatan korban gigitan ular berbisa dapat sepenuhnya pulih. Sangat sedikit gigitan ular berbisa yang mematikan. Sama seperti setiap gigitan nyamuk tidak menyebabkan malaria, sehingga setiap gigitan ular tidak menyebabkan kematian.

  • Ingat gigitan ular berbisa hanya dapat disembuhkan dengan serum anti racun dari para pkar medis, jadi jangan mencoba mengobati sendiri tanpa pengawasan atau menunda membawanya ke rumah sakit, karena bisa berakibat fatal.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara