8 Tips Agar Pikiran Selalu Tenang & Nyaman

Ketenangan pikiran - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa faktor tuntutan ekonomi, permasalahan hidup, rutinitas pekerjaan, hubungan seringkali menjadi faktor utama yang membuat kebanyakan orang mudah stres. Stres bisa disebabkan tidak hanya karena gangguan kesehatan mental namun juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan fisik. Kurangnya waktu untuk beristirahat, pola makan yang buruk ditengarai menjadi penyebab umum selain faktor psikis yang bisa menyebabkan tekanan pikiran. Seperti kita ketahui bahwa stres bisa memicu berbagai penyakit karena sistem kekbalan tubuh menurun.

 7 Tips Agar Pikiran Selalu Tenang & Nyaman
Source image: Entrepeneur.com
Saat pikiran sedang tertekan maka mood atau suasana hati seseorang akan mudah berubah, mudah marah, cepat tersinggung, mudah menyerah dan berbagai gangguan kesehatan mental lainnya. Karena faktor pentingnya keseimbangan antara kesehatan fisik dan psikis maka perlu diupayakan bagaimana menjaga kesehatan mental anda tetap sehat selain menjaga kesehatan fisik secara umum. Menjaga kesehatan mental bisa di lakukan dengan menjaga pikiran kita selalu rileks dan nyaman. Dan berikut beberapa tips yang mungkin berguna untuk menjaga pikiran kita tetap tenang, nyaman dan rileks:

Tips Pikiran Lebih Rileks

Berpikir positif
Birpikir positif dan optimis akan mencegah pikiran anda dari rasa was was, cemas, khawatir dan ketakutan yang berlebihan karena anda memikirkan segala sesuatu dengan positif walaupun dalam situasi buruk sekalipun. Berprasangka baik, berpikir sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, lebih memikirkan bagaimana mencari solusi atau memecahkan masalah daripada meratapi masalah, memiliki kesadaran bahwa segala hal tidak selalu bisa kita kontrol atau kita dapatkan adalah beberapa cara berpikir dengan positif. berpikir positif akan membuat pikiran anda lebih tenang dan rileks.

Keseimbangan
Ketenangan pikiran bisa didapat dalam menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani (pekerjaan, karier, ekonomi, kebutuhan) dan kebutuhan rohani (beribadah, berlibur, relaksasi).

Berlatih menenangkan pikiran
Seperti anda menjaga kebugaran dan kesehatan fisik seperti berolahraga secara teratur, maka untuk menjaga kesehatan mental agar pikiran lebih rileks dan nyaman juga diperlukan latihan yang teratur. Beberapa latihan yang bisa menjaga pikiran anda selalu tenang, nyaman dan rileks sebagai contoh meditasi, yoga, olah pernapasan, taichi dsb. Lakukan teknik ketenangan pikiran tersebut secara teratur dan pikiran anda akan lebih rileks.

Praktik selalu bersyukur
Dengan mensyukuri segala hal yang terjadi pada hidup kita merupakan cara ampuh untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Dengan bersyukur anda mampu bertahan dalam keterpurukan tanpa mengeluh, menyerah dan selalu berusaha mencari solusi atas permasalahan. Dan ketika anda selalu bersyukur ketika mendapatkan kebaikan hal itu akan meningkatkan kualitas hidup untuk menjadi lebih baik, meningkatkan keimanan anda dan mencegah anda untuk merasa "tidak pernah merasa puas" untuk mendapatkan sesuatu yang lebih.

Bersangka baik
Bersangka baik terhadap sesuatu menjadi langkah terbaik menjaga ketenangan pikiran. Segala sesuatu yang terjadi dan dialami ditanggapi dengan pikiran positif. Berprasangka baik baik kepada sesama kepada Tuhan akan menjauhkan anda dari pikiran cemas, khawatir, ketakutan yang berlebihan.

Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan
Mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah sesuai keyakinan masing - masing, berdoa dan bertawakal akan menjauhkan diri anda dari tekanan pikiran. Hati seseorang akan tentram dengan lebih mengingat Tuhan.

Memaafkan
Sangat sulit untuk melupakan dan memaafkan kesalahan seseorang terhadap diri kita dan hal itu justru hanya akan menguras energi dan pikiran kita dengan rasa untuk membalas dendam. Pikiran kita hanya akan terkuras tentang bagaimana membalas sakit hati, memikirkan bagaimana rasa sakit yang dilakukan orang lain dsb. Dengan memaafkan kesalahan membuat anda akan lebih tenang, damai dan merasakan kenyamanan.

Kesabaran
Sabar tidak berarti membiarkan segala sesuatu terjadi tanpa melakukan sesuatu hal karena menganggap itu sebuah takdir, tetapi bersabar lebih berarti menerima apapun hal baik atau buruk yang terjadi tanpa mudah mengeluh, mudah menyerah dan tetap selalu berusaha untuk merubah keadaan menjadi lebih baik. Berpikir lebih sabar dan optimis bahwa keadaan tidak selalu seperti apa yang kita pikirkan, segala sesuatu tidak akan membuahkan hasil tanpa proses dan usaha. Dengan berpikir dan bertindak lebih sabar hal ini akan membuahkan ketenangan pikiran.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara