10 Tips Mengatasi Grogi & Kegugupan Saat Presentasi

Posted By : Posted on - 8:21:00 AM with No comments

Mengatasi gugup saat presentasi - Kebanyakan orang dengan kepercayaan diri tinggi tidak akan merasa gugup atau grogi ketika membawakan materi presentasi didepan banyak orang bahkan sama sekali tidakmengenal para audiens yang hadir. Namun bagi mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah belum membawakan materi saja sudah grogi, gugup gemetar dsb sebagai dampak dari kurangnya kepercayaan diri mereka. Berusaha menghindar adalah tipe pertama dari kegugupan yang biasanya sering terjadi pada kebanyakan orang. Orang seperti ini biasanya mulai gelisah dan berusaha menghindar ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa dirinya akan diminta maju untuk bicara dalam presentasi.

Tips Mengatasi Grogi & Kegugupan Saat Presentasi

Ketika mereka diharuskan untuk membawakan materi presentasi maka hasilnya pun tentu mengecewakan karena tentu saja orang yang grogi dan gugup dihadapan banyak orang tentu akan membuat banyak kesalahan. Kegugupan akan menyebabkan lupa persiapan persiapan yang sebelumnya dilakukan ketika akan membawakan materi presentasi. nah untuk mengatasi grogi dan kegugupan saat presentasi ini berikut saya share tips bagaimana mengatasinya dengan baik:

  1. Tegaslah dengan diri sendiri, untuk lebih rajin mempelajari materi dan melakukan latihan persiapan. Fokuslah pada tujuan saat mempersiapkan presentasi & Sediakan waktu khusus untuk persiapan, dan gunakan sebaik-baiknya.
  2. Lebih banyak dan lebih sering berlatih berbicara didepan orang banyak dimulai dari keluarga anda, teman teman anda, teman sekelas anda dan didepan masyarakat. Kebiasaan dan latihan yang rutin akan membuat kepercayaan diri anda meningkat dan anda tidak akan grogi dan gugup ketika berhadapan dengan banyak orang karena sudah menjadi kebiasaan.
  3. Pelajari lebih dalam teknik-teknik presentasi yang lebih mementingkan pada aspek komunikasi dan teknik-teknik penyampaian yang berguna dalam dunia kerja maupun lainnya yang bisa anda pelajaridari orang orang yang berpengalaman, video, internet atau media lain yang mengembangkan teknik komunikasi anda.
  4. Belajar memperluas pergaulan dan berkomunikasi dengan banyak tipe orang, karena akan membuatnya memiliki banyak pengalaman penting dalam berkomunikasi didepan banyak hadirin atau audiens.
  5. Sebelum anda membawakan presentasi pastikan anda terlebih dulu persiapan dan latihan. Berlatihlah dengan teman teman anda, anggap mereka sebagai audiens atau hadirin yang mengikuti presentasi anda.
  6. Menguasai materi dengan baik tentu akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anda ketika membawakan materi presentasi, karena dalam presentasi selalu ada interaksi anda dengan hadirin. Ketika anda benar benar menguasai materi presentasi anda tidak akan gugup dan grogi ketika hadirin menanyakan banyak hal tentang materi anda karena dengan mudah anda akan bisa menjawabnya dengan lugas.
  7. Bicara pelan (ritme pelan bukan volume) saat presentasi akan membantu anda kesempatan berpikir sebelum berbicara. Sehingga anda akan memiliki gambaran jelas apa yang akan dikatakan selanjutnya secara urut.
  8. Coba untuk mempersiapkan presentasi dengan lebih santai dan rileks, hal ini dapat dilakukan dengan memutar instrument-instrumen musik yang ringan. Tarik nafas mendalam dan hembuskan akan membantu ketegangan sebelum naik mimbar untuk presentasi, hal ini akan mampu mengurangi rasa gugup dan grogi. Belajarlah untuk mengatur nafas beberapa kali sebelum ke depan. Anda bisa melakukan dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar dan hembuskan selama mungkin.
  9. Lebih banyak tersenyum dan interaksi dengan audiens akan menimbulkan suasana yang lebih nyaman saat presentasi. Senyum tidak hanya akan membuat anda merasa baik tetapi bagi mereka juga para audiens anda.
  10. Awali dengan menyapa audiens anda, menanyakan kabar, memperkenalkan diri, menjelaskan materi anda, memberikan kesempatan sesi tanya jawab atau interaksi lain dengan audiens anda dan selalu akhiri dengan terima kasih kepada audiens anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara